Furniture Besi: Tren Arsitektur 2020

furniture besi tren arsitektur 2020

Desain rumah menjadi hal paling esensial dalam mendirikan sebuah hunian

Tren arsitektur di tahun 2020 ini semakin banyak variasinya. Desain rumah dengan gaya industrial menjadi tren yang diprediksi tahun ini. Desain interior dengan gaya industrial akan banyak memanfaatkan furniture besi.

Baca Juga: Berbagai Macam Kreasi Dari Besi Hollow

Furniture ini akan menampilkan ruangan dengan kesan lebih maskulin namun tetap terlihat menarik. Mengadopsi gaya tersebut mungkin bisa dijadikan alternatif pilihan yang tepat untuk memberikan suasana baru di rumah Anda.

Mengenal Lebih Jauh Furniture Berbahan Besi

Desain interior dengan furniture material besi akan menampilkan karakter yang berbeda. Karena gaya industrial ini lebih cenderung menggunakan sentuhan warna-warna monokromatik. Biasanya material furniture yang digunakan menggunakan bahan besi sebagai elemen utama. 

Selain memiliki karakter kuat dan lebih tahan lama, harganya cenderung lebih murah dibandingkan furniture dari bahan kayu. Terlebih lagi, bahan material besi bisa di desain dengan lebih tipis. Jadi tidak heran jika material besi sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan furniture dengan desain konteporer atau modern.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa dalam memilih jenis material besi harus hati-hati karena ada beberapa jenis bahan besi yang digunakan sebagai bahan furniture. Sebaiknya, kenali lebih jauh terlebih dahulu, sebelum Anda menentukan pilihan mengenai furniture dari besi yang akan digunakan. 

 

Jenis-Jenis Material Besi Untuk Pembuatan Furniture

Ada beberapa jenis material besi yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan furniture dan masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Tentunya dari setiap material besi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

  • Stainless steel

Furniture dari bahan stainless steel memiliki karakter lebih padat dan kuat. Stainless steel memiliki ketahanan hingga bertahun-tahun dan lebih tahan terhadap segala cuaca, tahan karat dan juga korosi.  

Jika dilihat dari segi harga, furniture dari bahan stainless steel sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis furniture dari besi lainnya. Untuk perawatannya bisa dilakukan secara berkala dengan memoles furniture finishing yang berupa coating bubuk. 

  • Besi tempa

Wrough iron atau besi tempa merupakan salah satu jenis besi yang paling mudah dibedakan dari material lainnya. Besi jenis ini memiliki karakter yang sangat khas, karakternya kokoh dan padat. Bahkan bisa dikatakan furniture besi tempa merupakan jenis material besi yang paling kuat dibandingkan dengan aluminium dan stainless steel.

Jenis material besi tempa bisa bertahan  hingga dua dekade atau berabad-abad. Namun dibalik tingkat kekokohannya, material besi ini lebih mudah berkarat. Sehingga pengguna harus pandai merawatnya secara berkala dengan memberikan finishing furniture. Karena sifatnya sangat padat dan lebih berat, biasanya material ini diaplikasikan dengan menggunakan cushion tambahan.

  • Aluminium

Jika dibandingkan furniture dengan bahan stainless steel, bahan aluminium lebih ringan dan lebih mudah dibentuk. Furniture dari bahan aluminium harganya lebih terjangkau, tahan karat meskipun jarang dilakukan perawatan. Karena beberapa kelebihan tersebut, besi aluminium menjadi pilihan yang tepat untuk pembuatan furniture dengan desain modern.

Akan tetapi, dalam penggunaan furniture ini harus lebih hati-hati karena bahannya tidak sekuat dengan besi tempa ataupun stainless steel. Furniture dari bahan aluminium cenderung memiliki ruang kosong pada bagian framenya sehingga bebannya lebih ringan. 

Furniture dari bahan aluminium juga tidak tahan terhadap cuaca, sehingga warnanya mudah pudar. Sehingga harus dilakukan perawatan menggunakan finishing furniture yang berupa bubuk polysester. Perawatan tersebut bertujuan untuk menjaga ketahanan warna dari furniture tersebut. 

Baca Juga: Sentuhan Rumah Bergaya Industrial dengan Railing Wiremesh

Memilih besi untuk furniture rumah tidak bisa sembarangan, maka dari itu KPS Steel menyediakan material-material besi maupun baja dengan kualitas terbaik. Anda bisa menemukan berbagai material besi disini. 

Bagikan Artikel :
Menu