Besi Hollow, Efektif Menopang Bangunan Dan Berbobot Ringan

Dalam konstruksi bangunan, penopang merupakan unsur penting untuk membangun bangunan. Besi yang sering digunakan untuk menjadi penopang adalah besi hollow.

Besi hollow memiliki bentuk kotak dengan bagian tengahnya berlubang dan berongga. Dengan bentuknya yang berlubang sudah pasti lebih ringan dibandingkan besi solid dengan ukuran sama. Namun, meskipun ringan bukan berarti besi hollow tidak dapat digunakan sebagai penopang dalam konstruksi. Besi hollow menjadi salah satu material pilihan untuk berbagai elemen konstruksi, mulai rangka dinding/plafon hingga struktur utama rumah sederhana. Yuk, simak ilustrasinya!  

Konstruksi Rangka Gypsum

Papan gypsum (gypsum board) adalah salah satu material pembentuk dinding partisi dan plafon. Untuk memasang material yang juga disebut drywall/sheetrock ini membutuhkan konstruksi rangka. Pada konstruksi rangka itulah lembaran gypsum akan disekrupkan hingga terbentuk permukaan yang diinginkan.

Besi hollow menjadi salah satu material terbaik untuk diaplikasikan sebagai konstruksi rangka gypsum—sebut saja hollow gypsum. Material ini selain ringan juga relatif lebih kuat dan tahan lama karena antikarat dan aman dari serangan rayap. Pemasangannya mengikuti modul tertentu disesuaikan dimensi gypsum. Penyekrupan dilakukan dengan rivet/viser.  

Pagar Minimalis Yang Elegan

Maraknya rancangan minimalis membuat besi hollow semakin populer. Tidak sedikit orang yang memilih hollow sebagai material pagar. Bentuk lurus dan penampang kotak besi hollow berpotensi menegaskan kesan simpel yang menjadi karakter minimalis. Tampilannya yang relatif sederhana tidak menghilangkan kesan elegan dari fasade bangunan. Dengan finishing warna hitam besi kotak ini akan menonjolkan kesan kokoh dan kuat.

Baca Juga: Penggunaan Wire Mesh Dalam Dunia Konstruksi

Pemasangan besi kotak ini juga relatif mudah dan cepat. Pilihan dimensi hollow dapat disesuaikan baik untuk konstruksi rangka maupun jeruji pagar. Penggunaan hollow juga dapat dikombinasikan dengan material lain, seperti papan kayu, besi plat, fiber, dan lainnya untuk membuat penutupan pada bidang-bidang yang diinginkan. KPS Steel selaku distributor besi Jakarta menawarkan beragam jenis besi hollow yang dapat dipesan sesuai keinginan.  

Dari Kanopi Sederhana Hingga Konstruksi Rumah

Besi hollow juga banyak digunakan dalam pembuatan carport, terutama pada rumah-rumah berdesain minimalis. Aplikasi besi hollow sebagai tiang dan rangka carport dapat dikombinasikan dengan material penutup seperti fiber, polikarbonat, dan kaca. Adakalanya besi hollow dipadukan dengan baja profil (untuk tiangnya).

Belakangan, bahkan dijumpai inovasi untuk membangun rumah sederhana menggunakan besi hollow untuk struktur utama bangunan. Material besi hollow dikombinasikan dengan besi plat untuk baseplat kolom; baja ringan untuk rangka atap; dan sebagainya. Pemasangan struktur utama rumah sederhana ini dapat dilakukan dalam waktu relatif cepat.

Secara keseluruhan, pemilihan dimensi dan spesifikasi besi hollow harus disesuaikan dengan pengaplikasiannya. Misalnya, untuk pilihan besi hollow hitam harus dimaksimalkan dengan pelapisan bahan antikarat. Dengan demikian kekuatannya sebagai penopang akan maksimal.

Baca Juga: Besi Beton, Penguat Dalam Konstruksi Beton

Distributor besi Jakarta KPS Steel menyediakan berbagai jenis besi hollow dengan beragam ukuran, menawarkan harga besi hollow dengan harga miring. Silakan cek harga besi hollow di sini atau hubungi kami untuk mendapat harga terbaik.

Bagikan Artikel :
Menu