Mengenali Pipa Besi Galvanis Dan Kegunaannya

Dalam dunia konstruksi terdapat beberapa jenis pipa besi yang digunakan dalam untuk keperluan tertentu. Salah satu pipa besi tersebut adalah pipa besi galvanis.

Pipa besi galvanis sendiri sudah cukup lama digunakan. Salah satu alasan sering digunakan adalah karena memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Mari kita pahami lebih lanjut tentang pipa besi galvanis.

Asal Usul Pipa Besi Galvanis

Pipa besi galvanis seperti yang tertera dalam namanya, adalah pipa besi yang dibuat melalui mencampurkan besi dengan seng sebagai zat kimia untuk dijadikan sebagai bahan pelapis besi. Proses ini disebut dengan hot dip galvanized.

Baca Juga: Yuk, Kenali Besi Profil Sebagai Material Infrastruktural!

Tujuannya adalah supaya besi yang telah dicampur dengan seng menjadi lebih tahan terhadap proses korosi. Besi akan memiliki daya tahan lebih terhadap karat dan korosi. Hal ini juga akan membuat besi lebih awet dan tahan lama bahkan di tempat yang lembab dan basah sekalipun.

Kegunaan Pipa Besi Galvanis

Karena pipa besi galvanis memiliki ketahanan terhadap karat dan korosi, maka besi jenis ini sangat cocok untuk digunakan dalam material bangunan terutama yang berada di luar (outdoor). Pipa besi galvanis dapat digunakan untuk antara lain

Sistem saluran

Pipa besi galvanis cocok digunakan untuk sistem saluran karena memilki ketahanan terhadap karat dan korosi. Selain itu karena awet pipa besi ini menjadi lebih hemat dalam hal perawatan. Sangat cocok untuk sistem saluran yang di mana airnya merupakan air dingin.

Pagar chain link

Di masa sekarang ini pagar chain link sudah banyak digunakan di berbagai tempat. Mulai dari tempat seperti lapangan olahraga outdoor. Untuk pagar chaink link ini bahan yang paling sering digunakan adalah pipa besi galvanis. Beberapa alasannya adalah karena awet dan tahan terhadap lembab dan air sehingga banyak digunakan untuk tempat publik

Pemasangan tiang listrik

Pipa besi galvanis ternyata juga sering digunakan sebagai bahan material untuk tiang listrik. Selain tahan karat dan korosi ternyata pipa besi galvanis memiliki keuntungan lain yaitu dapat meminimalisir gangguan pada aliran listrik, baik sebagai penghantar listrik dan juga gangguan secara mekanis.

Konstruksi rumah

Karena dasarnya pipa besi galvanis adalah pipa yang memiliki daya yang tahan lama maka tidak heran pipa besi ini juga dapat digunakan untuk material bangunan di rumah. Material ini sering digunakan dalam rumah seperti untuk bahan pembangunan tangga dan juga pagar.

Baca Juga: Harga Besi Hollow dan Kenali Kegunaannya

Apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikan pipa besi galvanis dalam bahan konstruksi bangunan Anda? Sebagai distributor besi Jakarta KPS Steel mempunyai beragam jenis besi dan salah satunya termasuk pipa besi galvanis. Kami menjual pipa besi galvanis dengan harga bersaing sekaligus memiliki kualitas yang baik untuk Anda gunakan.

Silakan hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Anda dapat mengandalkan kami sebagai rekanan terbaik!

Bagikan Artikel :
Menu