Ketahui Cara Mengelas Besi Galvanis Agar Tetap Awet dan Apik

cara-mengelas-besi-galvanis-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Tidak banyak orang yang mengetahui cara mengelas besi galvanis dengan benar. Sehingga seringkali terjadi kerusakan atau bolong pada besi galvanis setelah dilakukan pengelasan karena caranya keliru.

Besi galvanis merupakan material yang sering digunakan untuk berbagai keperluan. Sebenarnya material ini tidak terlalu tebal, tetapi kekuatannya tidak kalah kuat dibanding material lain.

Dalam beberapa kasus Anda pasti butuh menyambungkan dua atau lebih besi galvanis. Tentunya untuk menyambungkan dua tau lebih besi galvanis tersebut harus dilakukan dengan cara mengelas yang benar.

Ketebalannya yang cukup kecil sering menjadi penyebab kesulitan untuk mengelas material ini. Oleh karena itu melalui artikel ini, kami akan memberikan cara yang bisa Anda gunakan untuk mengelas besi galvanis.

Cara Las Galvanis dengan Mudah

Cara mengelas besi memang tidak bisa dibilang mudah. Oleh karena itu hasil pengelasan yang baik hanya bisa dilakukan oleh para profesional. Begitu juga dengan pengelasan besi galvanis.

Untuk bisa mendapatkan hasil pengelasan besi galvanis yang baik, perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut ini adalah cara agar Anda bisa mengelas besi galvanis dengan tepat.

1. Perhatikan Ampere

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengelas besi adalah ampere las. Sebab ampere akan menentukan suhu di alat las. Semakin besar ampere, maka semakin panas alat las.

Cara mengelas besigalvanis adalah dengan menggunakan ampere yang kecil. Sehingga suhu di alat las tidak terlalu tinggi. Sebab suhu yang terlalu tinggi akan membuat besi galvanis bolong.

Bukan hanya membuat bolong, namun suhu terlalu tinggi akan merusak besi galvanis. Sehingga bukannya membuat dua atau lebih besi galvanis tersambung, justru hal ini membuat besi galvanis menjadi bolong

Arus atau ampere yang cocok untuk mengelas besi galvanis adalah sekitar 40 hingga 60 ampere. Sehingga pastikan Anda mengatur ampere berada di kisaran tersebut ketika ingin mengelas besi galvanis.

2. Menggunakan Diameter Elektroda Kecil

Cara mengelas besi galvanis yang selanjutnya adalah menggunakan diameter elektroda berukuran kecil. Sayangnya masih banyak orang yang tidak paham dengan hal ini dan sembarangan memilih diameter elektroda.

Bagi Anda yang belum tahu, diameter elektroda merupakan parameter pengelasan. Semakin kecil diameter dari elektroda atau kawat las yang digunakan, maka akan semakin kecil juga arusnya.

Oleh karena itu untuk mengelas besi galvanis yang tipis, cukup menggunakan diameter elektroda berukuran kecil. Anda bisa menggunakan diameter elektroda berukuran 1,2 mm hingga 2,6 mm.

Sebab ukuran tersebut cocok untuk menjaga arus tidak terlalu berlebihan dan membuat besi galvanis rusak. Jika diameter elektroda lebih besar, maka potensi kerusakan saat mengelas juga menjadi semakin besar.

3. Berikan Jeda Saat Mengelas

Salah satu kekeliruan di dalam cara mengelas besi galvanisadalah melakukannya secara terus menerus. Padahal hal ini justru membuat besi selalu panas sehingga rentan rusak atau bolong.

Anda perlu memberikan jeda atau istirahat ketika mengelas besi galvanis. Cukup berikan jeda dalam beberapa detik agar besi galvanis memiliki waktu untuk pendinginan terlebih dahulu.

Sehingga langkahnya yaitu lakukan pengelasan, lalu berikan jeda baru las kembali. Memang cara ini terkesan menambah waktu, namun Anda tetap harus melakukannya untuk menghindari kerusakan atau bolong pada besi galvanis.

Karena itulah kemampuan mengelas bukan hanya tentang tenaga saja. Namun juga diperlukan kesabaran dan teknik agar hasil pengelasan bisa sesuai harapan dan tidak merusak material.

4. Menggunakan Teknik Intermittent

Salah satu teknik cara mengelas besi galvanis adalah teknik intermittent. Teknik ini dilakukan dengan cara pengelasan pertama sepanjang 10 cm lalu berikan jarak 15 cm pada langkah selanjutnya.

Lakukan pola tersebut secara terus menerus hingga akhirnya proses pengelasan selesai. Tentunya penggunaan teknik ini bukanlah tanpa alasan. Sebab teknik ini akan mengurangi potensi terjadinya deformasi pada besi galvanis.

Bahkan beberapa ahli las menjadikan teknik ini sebagai hal wajib di dalam cara mengelas besi. Karena dengan menggunakan teknik intermittent, potensi masalah pada material dapat dikurangi bahkan dihilangkan.

5. Lakukan Pengelasan Secara Cepat

Cara mengelas besi galvanis adalah lakukan secara cepat. Hal ini dimaksudnya agar besi galvanis tidak terlalu lama terpapar suhu panas. Sebab semakin lama terkena panas akan berpotensi merusak besi.

Oleh karena itu sebaiknya Anda berlatih terlebih dahulu sebelum melakukan pengelasan sebenarnya. Anda bisa mencoba untuk mengelas material lain terlebih dahulu sebelum mengelas besi galvanis.

Cara lainnya adalah mencoba untuk mengelas besi galvanis yang tidak terpakai. Ketika sudah lancar, Anda bisa mengaplikasikan cara mengelas besi galvanis pada material yang sesungguhnya akan digunakan.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tentu Anda membutuhkan besi galvanis berkualitas. Anda bisa mendapatkan besi galvanis berkualitas di KPS Steel yang telah menjadi kepercayaan orang banyak.

Selain besi galvanis, KPS Steel juga memiliki banyak produk konstruksi lainnya. Mulai dari plat, besi kanal hingga atap. Tentunya seluruh material tersebut memiliki jaminan kualitas.

Material yang berkualitas dan teknik pengelasan secara tepat akan membuat material tahan lama. Oleh karena itu pastikan Anda memahami cara mengelas besi galvanis yang tepat.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow galvanis dan pipa galvanis. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu