Cara Menyambung Pipa Galvanis Yang Mudah Tanpa Metode Las

cara menyambung pipa galvanis yang mudah tanpa metode las

Pipa galvanis adalah pipa yang pada umumnya digunakan untuk menunjang sistem pengaliran air bersih.

Meskipun sudah umum digunakan, masih banyak orang-orang yang ternyata belum mengetahui bagaimana cara menyambung pipa galvanis yang benar dan tepat. Sebenarnya penyambungan pipa ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan jasa plumber, namun tidak ada salahnya jika Anda juga mulai mempelajarinya sehingga bisa dipraktekkan langsung di rumah tanpa bantuan orang lain.

Baca Juga: Kegunaan Dan Jenis-Jenis Plat Besi Yang Perlu Kamu Tahu

Pada dasarnya proses dan teknik untuk menyambung pipa galvanis ini ada beberapa cara termudah yang bisa dilakukan dan bahkan tanpa harus menggunakan teknik las. Hal ini benar benar memberikan kemudahan jika memang ingin dilakukan sendiri dan tanpa menggunakan bantuan jasa dalam melakukan sambungan pipa galvanis tersebut.

Pengertian Pipa Galvanis Dan Kelebihannya

Pipa galvanis merupakan pipa besi yang memiliki peranan penting dalam konstruksi. Pipa besi jenis ini mempunyai ketahanan terhadap karat yang cukup tinggi karena memiliki pelapis seng. Diameter pipa galvanis memiliki ukuran yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa kelebihan pipa galvanis untuk konstruksi diantaranya :

  • Anti karat. Pipa galvanis dilapisi seng yang membuatnya lebih tahan terhadap karat dibandingkan dengan besi yang lain.
  • Harga terjangkau. Dibandingkan dengan pipa besi yang lainnya, pipa galvais harganya lebih terjangkau karena proses pembuatannya tidak dilakukan dengan tenaga manual.
  • Lebih kuat. Pipa galvanis termasuk jenis pipa besi yang kuat, tahan banting, dan anti pecah karena memang material utamanya besi.
  • Lebih tahan lama. Seng yang menjadi pelapis pipa galvanis menjadikannya lebih tahan lama. Bahkan di daerah perkotaan, pipa jenis ini memiliki ketahanan yang mencapai 25 tahun. Sedangkan jika digunakan di daerah pedesaan pipa galvanis mampu bertahan sampai 50 tahun.

Cara Menyambung Pipa Galvanis Tanpa Harus Di Las

Meskipun saat ini Anda bisa memakai layanan jasa teknik las untuk menyambung pipa besi, cara menyambung pipa galvanis ternyata masih bisa dilakukan tanpa metode las. Cara-cara tersebut yaitu :

1. Metode Threaded

Metode ini dilakukan untuk menciptakan uliran di kedua bagian ujung pipa yang akan disambungkan. Biasanya metode threaded banyak diaplikasikan pada instalasi saluran air minum. Kekurangan metode ini adalah mengurangi ketebalan pipa di bagian ujungnya sehingga lebih rawan mengalami kebocoran jika digunakan dalam jangka panjang.

2. Metode Flange

Metode flange adalah cara menyambung pipa glavanis yang bisa dilakukan untuk jangka waktu tertentu dan sifatnya sementara. Flange sendiri merupakan alat bantu yang dapat mengencangkan sambungan pipa galvanis secara sementara dan tentunya tidak permanen. Sebagai media pengencangnya, flange biasanya memanfaatkan baut sehingga nantinya sambungan bisa dilepaskan dengan mudah.

3. Metode Spigot

Cara menyambung pipa galvanis tanpa metode las yang terakhir yaitu metode spigot. Cara ini terbilang sangat sederhana karena Anda hanya perlu memasukkan bagian ujung pipa yang satu ke ujung pipa yang lainnya. Karena proses penyambungannya seperti ini, diameter kedua pipa galvanis haruslah berbeda. Dalam melakukannya pastikan Anda lebih berhati-hati dan memastikan sambungannya sudah kuat sehingga tidak terjadi kebocoran di bagian sambungan.

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam Kegunaan Pipa Furniture

Nah, itulah beberapa cara menyambung pipa galvanis tanpa harus di las yang bisa Anda lakukan. Pada dasarnya proses penyambungan pipa ini sangat mudah untuk dilakukan. Yang penting paham dengan teknik dan metode yang harus dilakukan dalam menyambung pipa galvanis tersebut. Untuk menemukan bahan pipa terbaik, KPS Steel sebagai distributor besi menyediakan pipa galvanis berkualitas, Anda dapat melihat-lihat produknya di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu