Cara Menentukan Ukuran Pipa Galvanis untuk Konstruksi

Cara Menentukan Ukuran Pipa Galvanis untuk Konstruksi

Pipa galvanis memiliki banyak manfaat, sehingga banyak digunakan untuk konstruksi.

Pipa galvanis atau dikenal juga pipa GIP adalah salah satu produk bahan baku yang memiliki beragam manfaat. Jenis pipa ini lebih tahan terhadap korosi, sehingga membuat pipa lebih awet dan memiliki usia pemakaian yang lebih lama dibanding pipa jenis lain. Selain itu, ada beragam ukuran pipa galvanis yang bisa Anda pilih untuk keperluan konstruksi Anda.

Baca Juga: Anti Karat, Galvanis Cocok Membangun Saluran Air

Pipa ini terbuat dari baja berkarbon rendah dan terlapisi lapisan zink (Zn), dan dibuat dengan proses khusus melalui pencelupan pada cairan timah dan alumunium panas. Sehingga membuat struktur pipa baja karbon rendah ini menjadi jauh lebih kuat, tidak mudah terpengaruh kondisi dan korosi, serta berusia pakai lebih panjang.

Segala kelebihan pipa galvanis ini juga efektif digunakan dalam konstruksi bangunan. Baik hunian berskala kecil, perkantoran, hingga gedung berskala besar. Beragam ukuran pipa galvanis akan lumrah ditemui dan dibutuhkan dalam tiap konstruksi tersebut. Lalu bagaimana kita dapat menentukan ukuran yang tepat dari pipa galvanis yang akan kita gunakan untuk konstruksi. Mari kita ulas bersama.

Ketangguhan Pipa Galvanis

Galvanized iron pipe atau GIP memiliki banyak keunggulan. Beberapa diantaranya antara lain :

  1. Harga Pipa Galvanis lebih terjangkau. Variasi harga dari pipa galvanis hanya bergantung pada ketebalan dan ukuran pipa galvanis itu sendiri.
  2. Anti karat. Tentu dikarenakan proses pelapisan dan kandungan Zink dalam pipa galvanis yang membuatnya mampu bertahan dari serangan karat.
  3. Kuat. Pipa ini terbuat dari besi, bahkan bisa dikatakan baja berkarbon rendah. Tentu saja membuat pipa ini tidak mudah rusak saat proses pengangkutan dan instalasi.
  4. Memiliki usia pemakaian yang panjang. Di daerah perkotaan yang banyak terpapar polusi, pipa galvanis dapat berusia hingga 25 tahun.

Ketangguhan pipa galvanis ini membuatnya banyak digunakan untuk mengalirkan banyak hal. Mulai dari digunakan sebagai saluran air, gas, dll. Namun perlu diingat sebaiknya jangan menggunakan pipa galvanis untuk mengalirkan air panas. Dikhawatirkan akan menggerus kandungan zink dari pipa galvanis dan mencemari air panas tersebut.

Variasi ukuran pipa galvanis dan aplikasinya

Galvanized iron memiliki beragam variasi, tidak hanya berbentu pipa. Ada variasi Galvanized iron berbentu H, U, C, dan persegi panjang. Hal itu membuat galvanized iron dapat diaplikasikan dengan relatif mudah untuk semua keperluan.

Selain variasi bentuk, galvanized iron juga memiliki beragam bentuk variasi ukuran dan ketebalan. Biasanya galvanized iron dijual dengan ukuran baku 6 meter. Namun dengan variasi ukuran dan ketebalan yang berbeda. Mulai dari 1/2” – 10”.

Terdapat juga variasi ketebalan dinding pipa dari galvanized iron. Berdasarkan ketebalan pelapisan ini pipa galvanis terbagi tiga, yakni tipe Medium A, Medium B, dan Nonmedium. Perbedaan ketebalannya bervariasi mulai dari pelapisan paling tipis 1mm.

Pada konstruksi penentuan ukuran pipa galvanis yang digunakan bergantung pada peruntukan dan tempat instalasi. Apabila instalasi digunakan sebagai saluran air atau gas pada konstruksi gedung hunian berskala besar atau perkantoran, tentu saja sebaiknya menggunakan pipa galvanis dengan ketebalan yang tinggi dan ukuran yang lebih besar. Untuk memperlancar sirkulasi air dan gas yang dibutuhkan gedung tersebut. Namun apabila digunakan sebagai saluran pada konstruksi hunian kecil, tidak perlu menggunakan pipa gip berukuran besar.

Apabila instalasi diguanakan sebagai profiling dari konstruksi, seperti pada tangga, pagar, railing, atau plafon. Baiknya menggunakan varian galvanized iron yang tepat. Seperti varian persegi pada instalasi tangga, varian pipa dengan diameter kecil atau varian frame pada pemasangan pagar, varian U dan C pada pemasangan plafon. Varian-varian ini disesuaikan dengan kebutuhan profil yang anda inginkan.

Demikian ulasan kami mengenai pipa galvanis beserta varias ukuran dan pengaplikasiannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Menyambung Pipa Galvanis Yang Mudah Tanpa Metode Las

Untuk menemukan bahan pipa terbaik, KPS Steel sebagai distributor besi menyediakan pipa galvanis berkualitas, Anda dapat melihat-lihat produknya di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu