Besi Galvanis, Dikenal Berdaya Tahan Tinggi dan Anti Karat

Besi Galvanis memiliki beragam keunggulan, salah satunya yaitu bersifat anti karat. Dalam pembangunan sebuah bangunan baik itu rumah, kantor, ataupun bangunan lainnya tentunya dibutuhkan beberapa material yang mampu menyokong kekuatan dari bangunan tersebut.

Salah satu material tersebut adalah besi yang dijadikan sebagai kerangka pada bangunan. Terdapat berbagai jenis dan ukuran dari material tersebut yang memang disesuaikan pada kebutuhan masing-masing komponen pada bangunan, salah satunya adalah besi galvanis.

Besi Galvanis merupakan jenis  material bangunan yang telah mengalami pelapisan oleh zat kimia tertentu. Pelapisan tersebut berupa galvanisasi yang merupakan proses pelapisan menggunakan seng yang melindungi besi dan baja.

Lalu, apa saja keunggulan dari besi tersebut? Bagaimana fungsi dari material yang satu ini? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Keunggulan Besi Galvanis

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh besi yang telah mengalami proses galvanisasi ini, sebagai berikut :

1. Tahan karat

Proses galvanisasi yang diaplikasikan pada jenis besi ini memberikan keunggulan yang memang banyak diminati oleh banyak orang yaitu tahan terhadap terjadinya korosi. Pelapisan besi dengan seng tersebut mampu mempertahankan kualitas besi untuk jauh dari perkaratan.

2. Kuat

Besi jenis ini merupakan salah satu besi yang memiliki beban tinggi. Akan tetapi, besi ini juga memiliki kekuatan dan ketahan yang tinggi pula. Sehingga besi ini merupakan golongan besi yang tahan banting. 

3. Awet

Adanya proses galvanisasi pada besi ini juga memberikan keawetan dalam penggunaannya. Ketahanan terhadap terjadinya korosi menjadikan besi ini tidak mudah rapuh ketika terjadinya hujan, kemarau, maupun pergantian dari kedua musim tersebut. Selain itu, besi ini juga mudah dalam hal perawatannya.

4. Haga terjangkau

Dengan keunggulan prima, besi ini memiliki keunggulan lain berupa harga yang terjangkau dan ekonomis. Proses galvanisasi yang diaplikasikan pada besi ini tidak membutuhkan harga yang tinggi dikarenakan penggunaan tenaga non manual.

Baca Juga: Intip Perbedaan Model Besi Berdasarkan Bentuk Rangka

Fungsi Besi Galvanis

Musim hujan yang dimiliki oleh Indonesia disertai dengan perubahan atau pergantian cuaca yang tidak menentu mengakibatkan sebagaian besar masyarakat membutuhkan material anti karat untuk pembuatan beberapa bagian rumah seperti pagar, tangga scaffolding, dan railling tangga outdoor.

Selain itu, pipa galvanis juga umum dimanfaatkan sebagai pipa air. Hal ini digunakan pada pipa air di bawah tanah. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah besi ini hanya cocok untuk dijadikan sebagai pipa saluran air dengan suhu rendah dan sedang.

Hal ini berkaitan dengan adanya lapisan seng yang ada pada besi tersebut. Apabila pemanfaatan diaplikasikan pada pipa air dengan suhu tinggi maka lapisan seng tersebut akan terkelupas dan menjadi sumbatan di dalamnya.

Tidak hanya itu, sumbatan tersebut juga akan memberikan kontaminasi pada aliran air. Dan apabila air tersebut digunakan untuk proses memasak maka akan memberikan dampak buruk pada kesehatan penggunanya.

Sehingga memang dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam penggunaan besi yang satu ini dengan tujuan mendapatkan manfaat dari keunggulannya dan menghindari dampak buruknya.

Dengan adanya bentuk fisik yang mengilap, besi ini sering dijadikan sebagai komponen dalam dekorasi. Terutama pada bangunan atau rumah dengan gaya industrial dan vintage.

Umumnya, besi ini dijadikan sebagai komponen dekorasi bingkai foto, handle pintu dan pagar, kaki meja dn kursi, serta rak buku. Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai besi galvanis yang kuat dan tahan karat.

Dengan adanya beberapa fungsi dari besi tersebut memberikan keuntungan bagi Anda untuk memenuhi material pelengkap bangunan yang Anda miliki. Terutama untuk dekorasi rumah yang akan menambah kesan mewah dan elegant pada bangunan tersebut.

Baca Juga: Simak Manfaat Besi untuk Dekorasi Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi hollow galvanis dan beragam besi baja ringan lainnya.

Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu