Anti Karat, Galvanis Cocok Membangun Saluran Air

anti karat, galvanis cocok membangun saluran air

Pernah mendengar mengenai pipa galvanis?

Yap, pipa dengan jenis ini umumnya dikenal dengan beberapa spesialisnya, salah satunya dalam hal proyek penyaluran air bersih. Bagi Anda yang saat ini masih mencari-cari pipa terbaik untuk segala kebutuhan yang berurusan dengan cairan dan menginginkan bahan pipa yang tahan banting, yuk simak penjelasan mengenai keunggulan pipa galvanis berikut ini.

Baca Juga: Perindah Rumah Anda dengan Varian Warna Atap Avantguard

Keunggulan Pipa Galvanis untuk Membuat Saluran Air

Seperti yang diketahui pipa galvanis merupakan salah satu jenis pipa yang berbahan dasar besi, yang kemudian dibuatkan lapisan di bagian luarnya dengan material seng. Hingga saat ini memang banyak yang memilih pipa galvanis sebagai material untuk proyek penyaluran air. Berikut ini adalah beberapa alasan utamanya.

1. Memiliki Lapisan Seng

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bentuk pipa galvanis memang agak berbeda dengan pipa pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh sarung bagian luarnya yang terbuat dari seng. Inilah yang kemudian melindungi bagian dalam pipa yang terbuat dari besi, dari pengaruh karat dan keropos.

Ketika pipa galvanis digunakan sebagai bahan penyalur air, ia tak akan mudah mengalami reaksi berkarat, walaupun direndam air dalam waktu yang lama. Inilah yang memberikan jaminan kebersihan pada air yang dialirkan, karena tak terjadi kontaminasi pada bagian besinya.

2. Memiliki Layer Pelindung

Biasanya besi jenis lain akan mudah mengalami korosi, karena begitu bahannya terkontaminasi oleh air, dan purubahan suhu, maka proses karat dan keropos akan dimulai. Namun proses ini tak terjadi pada pipa galvanis.

Jenis ini memiliki sistem lapisan pelindung, yang menyebabkannya lebih aman dan lama berkarat. Pada bagian luar pipa, terdapat material seng yang menyelimuti. Sehingga kalaupun terjadi pengeroposan dan karat, tak akan langsung mengenai bagian dalam pipa.

Kerusakan akan terjadi lebih dahulu pada layer bagian luar tersebut, tanpa mengganggu kondisi besi yang ada. Hal yang sama berlaku untuk perkara aus maupun kerusakan karena goresan ya, bagian seng akan melindungi sehingga pipa tak akan mengalami kerusakan langsung.

3. Tahan Lama

Alasan yang ketiga memilih jenis pipa ini untuk keperluan pembangunan saluran air adalah karena rentang waktu pemakaiannya yang lama. Mungkin sebagian akan berpendapat bahwa harga pipa galvanis relatif berada di atas jenis pipa lainnya.

Namun hal ini sebenarnya tak masalah, sebab penggunaannya pun tahan sekali. Sehingga Anda tak perlu mengeluarkan budget untuk membeli pipa dalam interval yang sering, sebab pipa galvanis sudah terbukti tahan lama.

Ini berlaku untuk pemakaian di bidang industri maupun proyek di rumahan umum. Ini juga berarti Anda bisa menekan biaya yang dialokasikan untuk pemasangan pipanya, karena hanya akan dilakukan beberapa kali saja, dalam rentang waktu sangat lama.

4. Ekonomis

Alasan pelengkap untuk memilih pipa galvanis untuk urusan proyek saluran air adalah karena ke-ekonomisannya. Yang pertama, jenis pipa ini sudah sangat umum ditemukan, baik itu di pasar Indonesia maupun luar negeri, karena memang penggunaannnya yang sudah massif. Oleh sebab itu Anda tak perlu khawatir kehabisan stok dan membuat proyek macet di tengah jalan.

Yang kedua, satu pipa bisa digunakan untuk banyak keperluan, mulai dari proyek di rumah, lalu kebutuhan industri, bisa juga digunakan di pabrik, hingga untuk perusahaan-perusahaan besar. Dan yang ketiga, pipa jenis ini bisa didaur ulang, sehingga bukan hanya menguntungkan Anda secara harga dan guna, namun juga pastinya untuk kebaikan lingkungan.

Baca Juga: Lindungi Bangunan dari Sinar Matahari dengan Holodeck

Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih pipa galvanis untuk urusan penyaluran air?

Untuk menemukan pipa galvanis terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan pipa galvanis berkualitas. Anda dapat menemukannya disini.

Bagikan Artikel :
Menu