Pondasi Dan Ukuran Besi Untuk Rumah 2 Lantai Yang Tepat

pondasi dan ukuran besi untuk rumah 2 lantai yang tepat

Pondasi merupakan bagian yang sangat penting dalam konstruksi, tidak terkecuali saat Anda ingin membangun rumah 2 lantai.

Jika pembangunannya tepat, maka rumah akan lebih kuat dan kokoh. Sayangnya banyak orang yang menyepelekan masalah pondasi tersebut terutama dari segi tulangan pondasi dimana mereka lebih tertarik menggunakan ukuran besi tulangan di bawah standar. Padahal terdapat ukuran besi untuk rumah 2 lantai yang ideal dan tepat.

Baca Juga: Lindungi Bangunan Anda dengan Atap Holodeck

Salah satu alasannya karena harganya murah. Padahal perlu Anda ketahui, pembuatan pondasi ukuran besi untuk rumah 2 lantai dengan besi tulangan di bawah standar itu sangat beresiko. Agar tidak salah pilih, berikut ini kita akan ulas pembuatan pondasi besi untuk rumah 2 lantai yang tepat.

Perbedaan Pondasi Untuk Rumah 2 Lantai Dan Rumah 1 Lantai

Berdasarkan pondasinya, ukuran besi untuk rumah 2 lantai dan rumah 1 lantai tentunya memiliki perbedaan tersendiri. Salah satunya terkait beban bangunan dimana rumah 2 lantai akan memiliki beban yang lebih berat. Sedangkan rumah 1 lantai pada umumnya hanya menggunakan pondasi batu belah yang dipasang sepanjang dinding.

Pondasi batu belah saja tidak cukup digunakan pada rumah 2 lantai. Rumah 2 lantai akan lebih baik jika menggunakan kombinasi pondasi batu belah dan pondasi footplat. Fungsi pondasi footplat ini untuk memperkuat dan menahan beban bangunan lantai 2.

Ukuran Besi Untuk Rumah 2 Lantai Yang Tepat Untuk Pondasi

Ukuran besi rumah 2 lantai yang ideal biasanya dengan bentang kolom standar jarak antara 3 sampai 4 meter. Dengan catatan kondisi tanahnya harus normal atau keras. Maka untuk ukuran yang paling baik adalah diameter 12 mm. Besi dengan diameter 12 mm ini cukup kuat sebagai pondasi besi tulangan footplat.

Membangun rumah 2 lantai memang harus benar benar dengan pemilihan bahan bahan yang berkualitas agar bangunan ini bisa berdiri dengan kokoh dan kuat. Jika pemilihan bahan seperti besi hanya dilakukan secara asal maka pastinya hal ini akan sangat berisiko sekali terhadap bangunan tersebut.

Tips Membuat Pondasi Dengan Ukuran Besi Untuk Rumah 2 Lantai Yang Cocok

Untuk rumah 2 lantai sendiri, dalam pembuatan pondasi dengan besi tulangan ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dengan baik agar tidak salah membangun pondasi. Tips-tips tersebut diantaranya.

  1. Buatlah pondasi dengan baik terutama pada bagian tulangan pondasi footplat. Pondasi ini harus dibuat dengan kuat dan rapi. Perhatikan dengan baik ikatan kawat saat merangkai tulangan pondasi.
  2. Gunakan besi yang standar SNI. Disini Anda tidak boleh tergoda dengan harga murah dan kualitas besinya kurang bagus. Karena nanti kualitas besi juga berpengaruh terhadap kekuatan rumah yang ingin dibangun apalagi ini 2 lantai yang memerlukan ketahanan lebih besar.
  3. Usahakan untuk tidak membeli pondasi yang sudah jadi di toko bangunan karena biasanya dimensi besi terlalu kecil dan dibuat dari besi bekas.
  4. Beri arahan yang benar kepada pekerja dalam pembuatan pondasi dengan ukuran besi untuk rumah 2 lantai harus dilakukan dengan teliti karena peranan pondasi begitu penting.

Dalam memilih ukuran besi untuk rumah 2 lantai yang akan digunakan untuk pondasi dan bagian lainnya harus sesuai. Hal ini supaya kontruksi bangunan akan lebih kokoh sebagaimana seharusnya. Jangan sampai besi untuk pembangunan rumah 2 lantai kurang kokoh karena nantinya akan membuat bangunan kurang bagus.

Baca Juga: Cara Memilih Besi Beton Untuk Rumah 2 Lantai Yang Tepat

Untuk menemukan material terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan material-material besi berkualitas. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu