Pilihlah Kualitas Besi Beton SNI Untuk Rumah Paling Bagus!

jangan salah pilih, pilihlah kualitas besi beton sni untuk rumah yang paling bagus

Istilah besi beton sepertinya bukanlah sesuatu yang asing lagi terdengar di telinga kita.

Besi beton adalah besi yang banyak digunakan untuk penulangan konstruksi beton. Istilah ini mungkin lebih dikenal dengan beton bertulang. Bagi Anda yang tengah merencanakan pembangunan rumah, pastikan memilih kualitas besi beton SNI untuk rumah yang paling bagus.

Baca Juga: Pondasi Dan Ukuran Besi Untuk Rumah 2 Lantai Yang Tepat

Pada dasarnya untuk besi beton tulangan itu sendiri terdiri dari dua bentuk yaitu besi ulir dan besi polos. Besi ulir adalah besi yang berbentuk seperti permukaan sirip melintang dan rusuk memanjang yang memiliki pola tertentu. Sedangkan besi polos merupakan besi yang mempunyai penampang bundar, permukaannya tidak bersirip dan cukup licin.

Bagaimana Cara Memilih Kualitas Besi Beton SNI Untuk Rumah Yang Paling Bagus?

Agar tidak salah pilih dan mendapatkan material terbaik, pastikan Anda memilih kualitas besi beton untuk rumah yang bagus dengan cara seperti berikut:

1. Perhatikan Jenis Besi Beton

Jenis besi beton ada dua yaitu besi polos dan besi ulir yang masing-masingnya memiliki kelebihan tersendiri. Jika Anda bisa memilih sesuai dengan fungsinya, tentu kedua jenis besi beton tersebut bisa bermanfaat secara maksimal. Untuk itu pahami terlebih dahulu karakteristik jenis-jenis besi beton sebelum membelinya.

Besi ulir sifatnya sulit dibentuk sehingga tidak mudah dibengkokan karena tegangannya begitu tinggi. Sedangkan beton polos lebih mudah untuk dibentuk. Beton yang berkualitas mempunyai tingkat kekerasan yang sangat baik. Untuk mengetahuinya Anda bisa mengukur dengan alat hardness tester.

2. Cek Kondisi Besi Beton

Untuk mendapatkan besi beton SNI dan berkualitas, Anda harus melakukan pengecekan kondisinya. Caranya cukup mudah, perhatikan kondisi besi beton apakah berkarat atau tidak. Besi yang berkarat tentunya akan lebih mudah rusak dan berbahaya juga untuk kesehatan.

3. Sesuaikan Ukuran Besi Beton

Pemilihan besi beton tujuan utamanya untuk mendapatkan bangunan yang lebih kuat dan tahan lama. Oleh karena itu sangat penting agar Anda bisa menyesuaikan ukuran besi dengan beban berat yang akan ditopang. Agar mampu menjamin kekuatan struktur bangunan, pilihlah besi beton dengan diameter penuh dan sesuai ukuran standar.

Besi beton memiliki ukuran standar 12 meter. Untuk diameternya cukup bervariasi, mulai dari 6 mm sampai 25 mm. Dengan angka yang real, paling tidak bisa ditoleransi sekitar 0,2 mm.

4. Pilih Merek Besi Beton

Kualitas terbaik bisa dilihat dari merek-merek unggulan, hal ini juga berlaku untuk besi beton. Untuk mendapatkan kualitas besi beton yang berkualitas, pilihlah merek-merek yang sudah berstandar SNI. Anda bisa dengan mudah melihat merek besi beton di bagian permukaan besinya.

5. Harga Besi Beton

Kualitas barang yang berbanding lurus dengan harga sepertinya sudah menjadi rahasia umum. Jika Anda ingin mendapatkan kualitas besi beton SNI untuk rumah yang bagus, tentu harganya lebih mahal dibanding kualitas yang lebih rendah. Apalagi besi beton yang sudah termasuk merek-merek SNI akan lebih mahal daripada merek lain yang belum masuk kategori SNI.

Baca Juga: Ragam Besi Assental dan Kegunaannya

Dalam memilih kualitas besi beton untuk rumah memang perlu untuk memperhatikan banyak hal. Dengan begitu tentu saja bangunan rumah yang Anda dirikan akan lebih bagus dan lebih kokoh. Jangan sampai kualitas besi beton yang digunakan tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga kurang bagus digunakan sebagai bahan bangunan. Pahami dan pastikan besi beton seperti apa yang diunggulkan. Untuk menemukan besi beton terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan material besi beton SNI berkualitas. Anda dapat melihat-lihat produknya di sini. 

Bagikan Artikel :
Menu