Pastikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Besi Beton

pastikan-4-hal-ini-sebelum-membeli-besi-beton-kps-steel

Sebelum Anda membeli suatu barang, harga dan kualitas harus lah berbanding lurus. Sama halnya saat Anda hendak membeli besi beton yang beragam di pasaran.

Tentunya Anda tidak asing dengan istilah besi beton, bukan? Seperti yang diketahui besi beton adalah material besi/baja yang salah satu penggunaannya untuk menjadi tulangan pada konstruksi beton bertulang.

Seperti halnya material lain, besi beton diproduksi dengan beragam mutu. Bagi orang yang sudah lama berkecimpung dalam bidang konstruksi menentukan besi beton berkualitas mungkin bukan persoalan rumit. Bagaimana dengan mereka yang belum berpengalaman? Nah, melalui artikel ini kami dari distributor besi Jakarta KPS Steel hendak berbagi tips agar Anda dapat membeli besi beton berkualitas, yaitu dengan memastikan 4 hal berikut!

Baca Juga: Tingkatkan Kecepatan Konstruksi Dengan Penggunaan Struktur Baja

1. Pastikan Kebutuhan Besi Beton

Pastikan Anda memilih besi beton sesuai dengan kebutuhan proyek. Catatlah dengan baik,  jenis, diameter, dan panjang besi beton yang diperlukan. Apakah Anda perlu besi polos (plain bar), besi ulir/sirip (deformed bar), atau keduanya?

Kedua jenis besi ini per-batangnya memiliki panjang 12 meter, tetapi diameternya sedikit bervariasi. Variasi diameter besi polos adalah (dalam mm) 4, 6, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 15, 16, 19, 22, 23, 24, 25, 28, 31, dan 32; sedangkan variasi diameter besi ulir meliputi 10,13, 19, 22, 25, 29, 32, 35, 38, dan 41.

Jadi, agar diperoleh bangunan yang kokoh, pastikan konstruksi beton bertulang, termasuk kebutuhan besi beton, telah dirancang dengan tepat oleh ahlinya.

2. Pastikan Memilih Merek Yang Tepercaya Dan Ber-SNI

Banyak produsen besi/baja melemparkan produk besi beton (polos maupun ulir) ke pasaran dengan beragam merek. Diantara sekian banyak merek, pastikan Anda memilih merek tepercaya yang memproduksi besi beton sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), seperti KPS Steel distributor besi Jakarta.

Jika masih ragu, pastikan Anda menemukan nomor dan logo SNI tercetak pada permukaan besi beton. Cetakan permanen yang tidak gampang hilang tersebut ada kalanya juga memuat informasi lain seperti nama (inisial) produsen, nomor seri, dan sebagainya.

3. Pastikan Besi Beton Dalam Kondisi Yang Baik

Pastikan besi beton dalam kondisi baik. Anda perlu memastikan permukaan besi beton polos dalam kondisi rata/halus; sedangkan besi beton ulir memiliki sirip yang teratur dengan bentuk dan ukuran sama. Besi beton juga tidak mengandung serpihan, lipatan, retakan, gelombang, cacat/luka yang dalam, dan/atau berkarat. Jika ada karat, sebaiknya hanya karat ringan yang dapat hilang saat digosok secara manual (tidak meninggalkan cacat). Jika pemesanan dilakukan secara daring, pastikan Anda mendapat jaminan.

4. Pastikan Anda Tidak Tergiur Dengan Harga Murah

Ingatlah pepatah Jawa “ana rega ana rupa” yang dalam konteks jual-beli berarti harga barang cenderung berbanding lurus dengan kualitasnya. Jadi, pastikan Anda tidak tergiur besi yang dijual dengan harga murah meriah! Hindari membeli besi beton ‘banci’—besi dengan ukuran, spesifikasi, dan kualitas tidak sesuai SNI—yang harganya jauh lebih murah. Jangan korbankan keamanan karena kualitas konstruksi yang buruk hanya demi keuntungan sesaat.   

Baca Juga: Base Plate Elemen Penting Pada Struktur Baja

Namun, Anda tidak perlu khawatir! Dengan menghubungi KPS Steel, distributor besi Jakarta, Anda akan mendapatkan besi beton berkualitas baik sesuai standar SNI. Untuk mengecek produk besi/baja lain Anda juga dapat mengunjungi kami di sini.

Bagikan Artikel :
Menu