Mengenal Berbagai Jenis Besi Konstruksi Beserta Kegunaannya

mengenal-berbagai-jenis-besi-konstruksi-dan-kegunaannya-kps-steel-jakarta-indonesia

Daftar jenis besi konstruksi dan berbagai kegunaannya.

Untuk proses pembuatan sebuah rumah, besi merupakan salah satu bahan material yang paling banyak dibutuhkan. Sebab, besi inilah yang akan mendukung kekuatan dan kekokohan sebuah rumah. Jenis besi konstruksi yang digunakan harus berkualitas agar tidak mudah lapuk dan mengalami korosi.

Baca juga: Mengganti Besi Tulangan Dengan Wiremesh

Agar lebih familier dengan berbagai jenis besi untuk konstruksi, berikut ini adalah beberapa jenis besi dan kegunaannya:

  1. Besi Beton

Jika Anda pernah melihat tulang-tulang pada pondasi sebuah bangunan, besi yang digunakan inilah yang dinamakan besi beton. Besi ini mempunyai 2 jenis yaitu besi polos dan besi ulir. Manfaat besi ini yaitu menguatkan pondasi bangunan karena besi ini akan saling melengkapi dengan beton bangunan hingga menjadi kokoh.

  1. Besi Konstruksi H-beam

Besi jenis ini adalah jenis yang paling terkenal dan banyak digunakan untuk konstruksi bangunan. Bentuknya seperti balok dan cenderung berbentuk seperti huruf H. Besi konstruksi ini paling banyak digunakan pada proyek pembuatan jembatan serta gedung-gedung besar.

  1. Besi Siku

Mempunyai bentuk dengan kemiringan 90 derajat, besi ini terdiri dari berbagai ukuran mulai 2 hingga 5 cm tergantung keperluan. Besi ini sering digunakan untuk pembuatan rak besi, menara air, konstruksi tangga dan konstruksi penting lainnya.

  1. Besi Hollow

Merupakan besi kotak berongga yang mempunyai lubang di bagian tengahnya. Bahan pembuatan besi ini adalah baja yang dicampur dengan galvanis. Selanjutnya ditutup dengan aluminium atau seng. Penggunaan besi ini lebih banyak untuk pagar,kanopi, pintu gerbang atau bisa juga digunakan untuk railing.

  1. Besi Plat

Besi yang satu ini lebih banyak digunakan sebagai bahan baku mesin kendaraan bermotor, kapal dan keperluan untuk industri lainnya. Selain itu besi ini banyak digunakan untuk pembuatan alat rumah tangga dan kebutuhan konstruksi. Kelebihan besi ini adalah tahan terhadap korosi sehingga wajar banyak yang menyukai besi ini untuk bahan konstruksi.

  1. Wiremesh

Dari tampilannya besi ini berbentuk layaknya anyaman kawat yang bentuknya berupa kotak-kotak. Banyak digunakan untuk pembuatan pagar karena besi ini memiliki bahan yang berkualitas. Tidak hanya untuk bahan pagar saja, besi ini pun banyak digunakan sebagai penguat dok beton dan juga plat lantai untuk sebuah bangunan.

  1. Besi Konstruksi CNP dan UNP

saat melihat dan mendengar namanya pasti banyak yang mengira jika dua besi ini sama. Namun, pada dasarnya keduanya berbeda. Untuk jenis CNP bentuknya menyerupai huruf C dan digunakan untuk rangka atap.

Sedangkan jenis UNP bentuknya menyerupai huruf U dan digunakan sebagai balok penutup atau penopang dinding. Dalam setiap konstruksi bangunan kedua jenis besi ini akan selalu ada.

Baca juga: Besi Hollow, Efektif Menopang Bangunan Berbobot Ringan.

Demikian tentang beberapa jenis besi konstruksi dan kegunaannya. Dengan mengetahui jenis dan fungsi besi konstruksi akan memudahkan bagi Anda untuk menentukan besi manakah yang dapat Anda gunakan untuk menopang konstruksi. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai besi-besi berkualitas, Anda bisa mengunjungi website KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu