Memeriksa Struktur Rumah Sebelum Menambahkan Tingkatan

memeriksa-struktur-rumah-sebelum-menambahkan-tingkatan-kps-steel-jakarta-indonesia

Pemeriksaan struktur rumah merupakan hal penting yang sering dilupakan.

Di tengah menipisnya lahan untuk membangun rumah, dibutuhkan banyak inovasi sehingga kebutuhan rumah berukuran luas tetap terpenuhi. Salah satu inovasinya adalah membangun rumah bertingkat. Namun, dalam proses pembuatannya yang kerap dilalaikan adalah tentang kekuatan struktur rumah. Pentingnya mengecek struktur rumah sebelum menambah tingkatan berfungsi untuk mengetahui kekuatan rumah.

Baca juga: Railing Hollow Sempurnakan Gaya Minimalis.

Apa saja yang perlu diperiksa saat ingin menambah tingkatan rumah? Berikut ini rangkumannya:

1. Fondasi

Fondasi adalah kekuatan utama sebuah rumah. Kuatnya fondasi ini juga yang akan menentukan kekuatan rumah untuk beberapa tahun ke depan. Fondasi untuk rumah bertingkat harus memiliki kekuatan 2 kali lipat dari rumah biasa. Umumnya kedalaman fondasi yang digunakan adalah 90 cm atau lebih. Bahan pembuatan fondasi pun tidak boleh luput dari perhatian. Sebisa mungkin gunakan semen dan pasir yang berkualitas agar kekuatannya juga dapat berkualitas dan bertahan lama.

2. Kekuatan Kolom

Dalam pembuatan rumah bertingkat kolom yang dibuat harus lebih kuat strukturnya, sebab kolom ini akan menahan beban yang tinggi. Tidak hanya mengecek kekuatan kolom, tulangan besi yang digunakan haruslah besi yang berkualitas tinggi dan tidak mudah mengalami korosi. Minimal terdapat kolom praktis dan tulangan besi berjumlah 4 yang biasanya digunakan dengan ukuran 12 mm. Sedangkan kolom utama biasanya menggunakan 6 tulangan besi berukuran 12 mm.

3. Pengecekan Ring Balok

Hampir sama dengan pengecekan kolom pada struktur bangunan rumah bertingkat, pengecekan ring balok juga demikian. Agar kekuatan konstruksi rumah lebih kuat dan dapat menahan beban rumah tingkat, maka minimal dalam ring balok harus terdapat 4 tulangan besi yang berukuran 10 mm dengan ketebalan 15 x 15 cm.

4. Rangka Bangunan

Untuk desain rumah biasa, rangka adalah hal krusial yang harus diperhatikan. Apalagi untuk rumah bertingkat. Tentu kekuatan rangka yang akan digunakan harus harus lebih kuat. Dalam proses pembuatannya, desain rumah turut menjadi faktor penentu kekuatan konstruksi. Semakin rumit desain, maka rangka yang digunakan juga harus lebih kuat.

Untuk desain rumah tingkat, bisa juga menggunakan rangka sederhana, dengan catatan, bahan yang digunakan untuk rangka tersebut haruslah berkualitas. Misalnya saja pada penggunaan besi dan baja.

5. Penggunaan Besi dan Baja

Dalam setiap proses pembangunan rumah apa pun, pengecekan kualitas besi dan pipa yang akan digunakan sangatlah penting. Sebab besi dan baja inilah yang akan menjadi bagian dari konstruksi rumah. Untuk rumah bertingkat pastinya besi dan baja yang digunakan akan lebih banyak.

Menggunakan besi dengan kualitas tinggi akan berpengaruh juga pada kekuatan rumah. Semakin tinggi kualitas, maka kekuatan rumah pun akan bertahan lama.

Baca juga: Mengapa Baja Diperlukan Pada Konstruksi Bangunan?

Rumah bertingkat, dewasa ini memang lebih menarik dan dijadikan banyak pilihan diantara sempitnya lahan. Proses pembuatannya yang lebih lama dan membutuhkan banyak pemeriksaan tidak menjadikan permasalahan. Pentingnya mengecek struktur rumah sebelum menambahkan tingkatan akan membuat bangunan bertahan lama. Untuk konsultasi mengenai kekuatan struktur bangunan, Anda dapat menghubungi tim terpercaya yang handal di KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu