Manfaat Besi Untuk Bangunan dan Konstruksi

manfaat besi untuk bangunan dan konstruksi

Besi memang menjadi salah satu komponen penting dalam mendirikan bangunan.

Terlebih lagi dalam konstruksi untuk bangunan-bangunan tinggi seperti apartemen, rumah sakit, mall dan lain sebagainya. Besi memiliki peranan yang sangat penting untuk menopang komposisi beton dan konstruksi lainnya. Tentu saja dalam hal ini manfaat besi untuk bangunan sangat beragam sesuai dengan jenis besi.

Baca Juga: Cara Mudah Agar Besi Tidak Berkarat

Mengingat pentingnya peranan besi dalam pembangunan tentu saja jenis-jenis besi ada beberapa fungsi dan kegunaannya. Dalam hal ini memang penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis besi yang akan digunakan dalam proses konstruksi bangunan agar semuanya sesuai dengan fungsi dan kegunaan dari besi tersebut.

Tentunya masing-masing jenis besi memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Tidak heran jika dalam membuat sebuah bangunan akan membutuhkan beberapa jenis besi. Tentu saja masing-masing besi tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Dalam sebuah bangunan akan membutuhkan banyak besi yang akan digunakan sehingga membuat bangunan tersebut akan kokoh berdiri.

Berikut Ini Jenis dan Manfaat Besi Untuk Bangunan

Fungsi dan manfaat besi untuk bangunan memang sangat penting sekali. Disini tentu saja ada beberapa jenis besi yang secara umum banyak digunakan untuk keperluan sebuah bangunan. Apa saja jenis besi tersebut dan apa manfaatnya? Simak berikut ini!

1. Besi Beton

Salah satu jenis besi yang umum digunakan dalam bangunan adalah besi beton. Jenis besi yang satu ini manfaatnya tentu saja untuk konstruksi bangunan dan biasa digunakan untuk tulang-tulang di bagian pondasi sebuah bangunan yang menggunakan sistem konstruksi beton. Besi beton manfaatnya adalah untuk memperkuat pondasi beton sebuah bangunan.

2. Siku

Jenis besi lainnya yang umum digunakan adalah sebuah bangunan adalah besi siku. Manfaat besi jenis ini adalah untuk konstruksi tangga pada sebuah bangunan.

3. H-beam

Besi yang satu ini memiliki manfaat untuk membangun konstruksi jembatan dan proyek gedung-gedung besar. Besi jenis ini memiliki bentuk balok dan fungsinya memang benar-benar dibutuhkan dalam sebuah konstruksi.

4. Wide Flange

Manfaat besi yang satu ini adalah membuat konstruksi bangunan menjadi lebih kuat, kokoh dan bisa berdiri dengan efisien. Material jenis besi yang satu memang banyak digunakan dalam membuat konstruksi bangunan karena sangat kokoh.

5. Besi CNP dan UNP

Sekilas mungkin jenis besi yang satu terlihat mirip dari segi nama namun tentu saja bentuknya berbeda. Untuk Besi CNP memiliki bentuk hurup C dan besi UNP memiliki bentuk hurup U. Manfaat menggunakan besi untuk bangunan yang satu ini memang penting dalam konstruksi bangunan.

Secara umum fungsi dan manfaat menggunakan besi untuk bangunan memang penting dalam membuat konstruksi menjadi kokoh, sebagai penyangga dan bagian-bagian lain dalam sebuah bangunan. Tidak heran jika masing-masing jenis besi tentu saja menjadi bagian-bagian penting dalam sebuah bangunan atau konstruksi lainnya.

Baca Juga: Kekuatannya Tinggi, Ketahui Kegunaan Besi Wide Flange

Mengingat begitu pentingnya fungsi dan manfaat besi untuk bangunan tentu saja dalam hal ini keberadaan besi tidak bisa dipisahkan dari bangunan. Semua jenis besi yang telah disebutkan diatas tentu saja memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing sehingga tentu saja dalam sebuah pembangunan akan menggunakan jenis besi sesuai dengan konstruksi bangunan tersebut. Hal ini pada dasarnya menyesuaikan agar bangunan bisa menjadi kokoh. Bagi Anda yang sedang mencari material bangunan yang murah, serbaguna dan pastinya gampang didapatkan dengan kualitas baik, yang satu ini bisa jadi jalan keluarnya. Untuk menemukan material besi terbaik, KPS Steel sebagai distributor besi menyediakan besi-besi berkualitas. Anda bisa menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :
Menu