Intip 4 Manfaat Besi Beton sebagai Fondasi Rumah

intip-manfaat-besi-beton-bagi-fondasi-rumah

Memilih bahan pondasi rumah bukanlah perkara enteng.

Pondasi merupakan dasar terpenting dari sebuah bangunan, karena itu akan sangat berpengaruh pada ketahanan dan keamanannya. Di antara material yang digunakan, besi beton merupakan salah satu yang paling sering dibicarakan. Kendati demikiran, ternyata masih banyak yang belum memahami apa saja manfaat beton sebagai pondasi.Apakah Anda termasuk di antaranya?

Baca Juga: Kreasi Rumah Dengan Material Besi, Wajib Coba

Manfaat Beton sebagai Pondasi Rumah

Beton memiliki fungsi yang beragam bagi sebuah bangunan, salah satunya sebagai material pondasi. Dengan karakter material yang kuat dan ringan, beton dianggap mumpuni sebagai bahan baku pembuatan dasar bangunan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pemakaian beton.

1. Pondasi bagi gedung bertingkat

Saat ini bangunan bertingkat bukan hanya didominasi oleh perkantoran maupun industri saja, melainkan sudah memasuki kluster perumahan. Karenanya bangunan dengan lantai ganda bukanlah hal yang asing lagi. 

Struktur bangunan bertingkat berbeda dengan bangunan berlantai tunggal. Karena beban yang ditopangpun akan mengikuti, sesuai jumlah tingkatannya. Pada pondasi lantai kedua dan seterusnya, besi beton memegang peran penting, sebab memilik kemampuan yang baik dalam menahan beban.

Hal ini didukung juga dengan rangkanya yang ringan, sehingga tidak berdampak pada peningkatan bobot bangunan. Karena itulah bagi Anda yang tengah mengerjakan proyek bangunan bertingkat, beton kerap direkomendasikan sebagai bahan pondasi utama.

2. Sebagai rangka tangga

bBton juga kerap berfungsi sebagai rangka bagi tangga rumah. Sama seperti penjelasan sebelumnya, beton memiliki khas struktur yang ringan namun kokoh. Biasanya beton dijadikan sebagai komposisi utama dari pembuatan tangga ataupun sekat pada tiap lantai sebuah rumah.

Beton dibutuhkan karena dapat menyesuaikan keinginan dari model-model tangga, mulai dari yang lebar, langsing, hingga yang berpenampang sempit. Sehingga walaupun tangganya terlihat kecil, namun dipastikan keselamatan Anda sudah terjamin.

Beton juga dapat dibentuk mengikuti desain tangga. Mulai dari yang bentuknya plat, lempengan, hingga batangan padat dan berongga.

3. Memiliki daya ikat yang baik

Dalam sebuah konstruksi bangunan, daya ikat dari pondasinya akan menentukan seberapa aman bangunan tersebut. Ikatan yang rapuh beresiko membuat bangunan gampang rubuh jugakeropos. Besi beton kerap dipilih karena memiliki fungsi yang sempurna dalam hal daya ikat. 

Biasanya penggunaan beton dipadukan dengan besi tulangan, sebab keduanya sudah terbukti dapat menghasilkan perpaduan pondasi yang baik dan juga tahan lama. Dengan material yang padat, besi beton mampu menyatu kuat pada besi tulangan, sehingga rangka bangunan tidak akan cepat rusak.

4. Mendongkrak daya lekat

Sama seperti daya ikat, daya lekat pada material bangunan akan berpengaruh secara signifikan. Daya lekat inilah yang memungkinkan bangunan untuk tetap berdiri teguh, walaupun terjadi gempa. Lekatan yang kuat akan menghindarkan bangunan dari keretakan ketika material yang satu dan lainnya terpisah akibat adanya gesekan yang besar.

Beton memiliki fungsi yang strategis dalam hal mendongkrak daya lekat sebuah pondasi rumah. Sebab ia bisa menahan dan menyesuaikan getaran yang datang dari rangka bangunan. Hal ini berlaku untuk rumah dengan satu lantai, ataupun bertingkat.

Itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat fungsi beton bagi sebuah bangunan. Penggunaan besi beton sebagai podasi memang telah diakui. Terlebih lagi beton sangat mudah untuk ditemukan, dengan ragam bentuk dan spesifikasi yang bisa mengikuti kebutuhan bangunan, serta diedarkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Baca Juga: Besi Bekas di Rumah Bisa Bermanfaat, Begini Tips nya

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai pipa, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu