Cara Memilih Besi Beton Untuk Rumah 2 Lantai Yang Tepat

cara memilih besi beton untuk rumah 2 lantai yang tepat

Cara Memilih Besi Beton yang Tepat

Seperti yang kita ketahui, besi beton sudah lama menjadi andalan dalam berbagai proyek konstruksi. Untuk jenisnya, ada banyak pilihan besi beton yang tersedia dalam berbagai dimensi ataupun ukuran sehingga sangat mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk besi beton untuk rumah 2 lantai.

Baca Juga: Seluk Beluk H Beam, Balok Baja Yang Kokoh Untuk Bangunan Anda

Penggunaan besi beton untuk bangunan bertingkat memang bisa memberikan pengaruh yang bagus untuk kekuatan dan kualitas bangunan. Lebih tepatnya dalam hal ini bangunan akan menjadi lebih kuat dan lebih kokoh jika dibandingkan dengan jenis besi biasa. Memang lebih baik menggunakan besi beton jika memang ingin membangun rumah dengan model 2 lantai.

Spesifikasi Besi Beton Untuk Rumah 2 Lantai

Dalam bahasa Inggris, besi beton sering disebut dengan steel bar. Material ini memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah konstruksi bangunan. Besi beton bekerja saling melengkapi dengan beton karena beton hanya kuat terhadap tekanan dan lemah terhadap tarikan. Disini peran besi beton lebih kuat terhadap tarikan.

Dari kombinasi besi beton dan beton tersebut akhirnya terciptalah struktur beton bertulang. Dalam konstruksi, jenis besi beton yang paling sering digunakan adalah baja karbon berlapis serat kaca, serat karbon, stainless steel, dan serat basalt. Untuk proses pembuatannya, besi beton harus terhindar dari kandungan lipatan, serpihan, dan awer retakan pada proses cenai.

Cara Memilih Besi Beton Untuk Rumah 2 Lantai

Adanya standar tersendiri untuk sebuah besi beton yaitu SNI, sehingga semua produk yang dihasilkan sudah pasti memiliki kualitas yang baik. Tidak heran jika saat ini ada banyak besi beton yang bagus dijual di pasaran. Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih besi beton untuk rumah 2 lantai yang tepat, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Pilih & daftar merek besi beton yang sudah sesuai standar SNI
  2. Besi beton berjenis ; Krakatau Steel, MS, HSHI, HJ, MSI
  3. Pilih jenis warna – Saat akan membeli besi beton, pilihlah warna yang Anda inginkan.
  4. Besi beton kelas BjTP 30 & BjTD 30 warna biru
  5. Besi beton bjTP 24 warna hitam
  6. Kelas besi beton BjTD 50 warna hijau
  7. Besi beton BjTD 35 warna merah
  8. Jenis besi beton BjTD 40 warna kuning
  9. Pertimbangkan detail dan kebutuhan
  10. Pastikan terlebih dahulu jenis beton yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Karena saat ini Anda membutuhkan besi beton untuk rumah 2 lantai maka ukurannya, desainnya harus benar-benar diperhatikan sehingga sesuai keperluan.
  11. Pilihlah merek besi beton yang berkualitas dan sudah banyak dipercaya orang-orang dalam berbagai proyek konstruksi.
  12. Pahami dengan baik dari segi harga masing-masing merek besi beton. Setelah itu carilah perbandingan di tempat yang lainnya sehingga Anda tidak akan mudah tertipu.
  13. Perhatikan ukuran diameter dan panjang besi beton agar kekuatan serta tegangan yang dihasilkan membuat rumah lebih kokoh seperti yang diinginkan.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu untuk diperhatikan dalam memilih besi beton rumah 2 lantai. Tentu saja kualitas besi beton akan sangat menentukan kualitas dari sebuah bangunan. Dengan kata lain bahwa nantinya bangunan akan lebih kokoh saat menggunakan sistem bangunan 2 lantai tersebut.

Baca Juga: Percantik Bangunan Dengan Atap Avantguard

Untuk menemukan besi beton terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan material besi beton berkualitas sesuai SNI. Anda dapat melihat-lihat produknya di sini. 

Bagikan Artikel :
Menu