Besi Beton, Penguat Dalam Konstruksi Beton

Untuk mengetahui jenis dan distributor besi konstruksi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai besi konstruksi dan beton.

Perlu Anda ketahui, di era modern konstruksi beton banyak berkontribusi menghadirkan beragam bangunan dengan ketahanan khusus. Berbagai jenis bangunan seperti gedung bertingkat, konstruksi jalan dan jembatan, bendungan, dan sebagainya, semuanya membutuhkan besi beton untuk pembangunan.

Bahan komposit kombinasi agregat dan perekat yang sudah digunakan sejak zaman Yunani dan Romawi ini memiliki kuat tekan lebih tinggi dari kuat tariknya. Dalam perkembangannya, beton ditambahi tulangan untuk meningkatkan kuat tarik.

Komposit beton dan tulangan tersebut dikenal sebagai beton bertulang. Besi adalah salah satu material yang digunakan sebagai tulangan. Yuk, kenali lebih jauh material besi tulangan tersebut!

Besi Tulangan Pada Konstruksi Beton

Besi yang digunakan untuk penulangan beton disebut besi beton (reinforcement steel bar atau ‘rebar’). Fungsi utama besi beton adalah menambah kekuatan tarik sehingga beton mampu menahan gaya tarik. Alhasil, bertambahlah kemampuan beton dalam memikul beban atau gaya yang bekerja padanya.

Besi beton apa saja yang dijual di pasaran? Distributor Besi Jakarta KPS Steel menyediakan besi beton polos dan besi beton ulir untuk bahan baku beton. Namun, sebelum memilih di antara keduanya, Anda perlu mengetahui karakteristik masing-masing untuk mendapatkan fungsi maksimal dari besi konstruksi yang akan Anda gunakan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Baja dan Kegunaannya – Bagian 2

Besi Polos

Besi beton polos (plain bar)  memiliki penampang bulat dengan permukaan licin/mulus. Di Indonesia, besi polos diproduksi dengan panjang standar 12 meter; dan diameter standarnya mulai 36 mm s/d 50 mm. Kekuatan minimal besi polos terhadap tekanan minimal 240 Mpa.

Besi polos relatif mudah dibentuk untuk berbagai keperluan tulangan beton, seperti sloof, kolom, ring balk, plat/dak beton, dan sebagainya. Dalam konstruksi beton, besi polos banyak dipilih karena relatif mudah ditemukan di pasaran. Harga besi polos juga relatif lebih murah dibandingkan jenis besi konstruksi lainnya.

Besi Ulir

Besi beton ulir atau dikenal sebagai besi ulir (deformed bar).  Seperti namanya, besi ini memiliki tekstur berupa ulir pada permukaannya. Bentuk uliran besi semacam sirip-sirip pipih berukuran sama yang memutar dengan kemiringan 45 derajat.

Bentuk ulir berpotensi menciptakan daya lekat (ikatan) yang lebih kuat terhadap beton karena ulir akan menahan gerakan tulangan terhadap beton. Ketahanan tekan besi ulir minimal 400 Mpa (1,67 kali besi polos).

Artinya, dibandingkan besi polos, besi ulir memberikan efek penguatan lebih besar pada konstruksi beton. Besi ulir yang lebih sulit dibengkokkan maupun dipasang ini memiliki panjang standar 12 meter dengan diameter mulai 6 mm s/d 50 mm. Dengan kualitas lebih baik, harga besi ulir juga relatif lebih mahal dibandingkan besi polos.

Baca Juga: Mari Cari Tahu Jenis-Jenis Besi Baja dan Kegunaannya!

Untuk kebutuhan konstruksi Anda, di KPS Steel Jakarta kami jual besi polos; dan juga jual besi ulir dengan harga spesial. Anda bisa segera hubungi tim kami disini untuk mendapatkan produk besi beton dengan kualitas terbaik dan harga besi konstruksi paling miring.

Bagikan Artikel :
Menu