Seluk Beluk H Beam, Balok Baja Yang Kokoh Untuk Bangunan Anda

seluk beluk h beam, balok baja yang kokoh untuk bangunan anda

Balok baja saat ini bisa disebut sebagai salah satu bahan terbaik, yang bisa digunakan sebagai material konstruksi bangunan.

Salah satu yang paling familiar penggunaannya adalah H Beam, yang dinilai lebih efisien dan juga lebih awet, jika dibandingkan bahan jenis lainnya.

Dalam artikel kali ini, kami secara khusus akan membahas beberapa keunggulan dari balok baja satu ini.

Baca Juga: Ketahui Jenis-jenis Besi Wiremesh

Keunggulan penggunaan H Beam

Bagi Anda yang saat ini masih bingung menentukan jenis balok baja yang tepat untuk digunakan, bisa jadi penjelasan mengenai beberapa keunggulan ini bisa memberikan pencerahan.

1. Didesain untuk menyangga konstruksi berat

Desain baja yang satu ini masuk dalam kategori yang disebut dengan istilah Wide Flange (WF), yang mengindikasikan bahwa baja ini memang sengaja dibentuk untuk menyangga konstruksi berat. Oleh karena itulah penggunaan baja ini sangat lumrah ditemukan dalam proses pembangunan gedung, lalu jembatan, gedung berlantai, hingga tiang-tiang pancang yang tinggi.

Jaminan kekuatan penyangga ini menjadikan bangunan yang ditopang memiliki tingkat keamanan yang sangat baik. Sebab memang ia tak akan termakan rayap, dan tahan di berbagai jenis cuaca. Karena itu sampai saat ini banyak yang memilih baja sebagai material utama untuk berbagai jenis bangunan.

Selain ramah dengan beban berat, baja ini juga bisa digunakan sebagai solusi untuk mendirikan bangunan di permukaan yang tidak rata. Hal ini karena baja memang memiliki struktur yang lebih kokoh, stabil, dan cenderung lebih ringan. Sehingga bisa menopang beban bangunan dengan baik, walaupun permukaan yang ditempati tidak stabil.

2. Ramah desain interior

Keunggulan yang kedua dari balok baja ini adalah sifatnya yang ramah desain. Karena strukturnya yang kokoh, dalam satu konstuksi bangunan, tak perlu banyak menggunakan tiang-tiang pancang. Hal ini membuat desain rumah menjadi lebih tertata dan sederhana, oleh sebab itu lebih bisa dikondisikan dengan interior yang diinginkan.

Bayangkan saja jika bahan penyangga bangunan yang Anda gunakan tidak kuat, yang menyebabkan harus menambahkan banyak material di dalam rumah. Ujung-ujungnya rumah jadi tak bisa didesain dengan maksimal, karena terlalu pusing dengan banyaknya struktur penyangga yang harus digunakan.

3. Memiliki panjang yang maksimal

Selain jenis H beam, ada juga blok baja yang berjenis I beam. Keduanya sama-sama kerap digunakan untuk kebutuhan konstruksi bangunan. Namun yang membuat jenis ini lebih unggul adalah panjang bloknya, yang bisa dikondisikan hingga mencapai maksimal 100 meter lebih.

Oleh sebab itu jenis balok H ini memang cocok digunakan untuk konstruksi bangunan berlantai sekalipun, karena ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bangunan.

4. Bahan yang ringan

Percaya atau tidak, penggunaan baja lebih ringan jika dibandingkan dengan penggunaan material kayu. Hal ini ditunjukkan dengan sedikitnya beban yang ditanggung oleh bangunan, yang menggunakan baja sebagai pondasinya. Hal ini memberikan beberapa keuntungan pada Anda, yang pertama adalah pengurangan jumlah material penyangga yang diperlukan, karena itu budget yang dibutuhkan akan bisa ditekan.

Selanjutnya pengurangan biaya juga bisa didapatkan dari pemangkasan anggaran untuk pengangkatan dan pemasangan oleh tukang.

Menggunakan bahan baja juga bisa membuat estimasi waktu pembangunan jadi lebih singkat. Hal ini disebabkan karena proses instalasinya bisa lebih mudah. Begitu juga dengan penyesuaian ukuran lebar dan panjang yang dibutuhkan, bisa lebih gampang diatur dan dibentuk. Waktu tak akan habis terlalu lama untuk mengurus bahan mentah, dan akan fokus pada proses pembangunannya.

Baca Juga: Ragam Besi Assental dan Kegunaannya

Itulah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan penggunaan balok baja H beam. Bagi Anda yang sedang mencari material bangunan yang murah, serbaguna dan pastinya gampang didapatkan dengan kualitas baik, yang satu ini bisa jadi jalan keluarnya. Untuk menemukan balok baja H beam terbaik, KPS Steel sebagai distributor besi menyediakan H beam berkualitas. Anda bisa menemukannya di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu