Penggunaan Besi Pada Kolam Renang

penggunaan-besi-pada-kolam-renang-kps-steel

Bermain air di kolam renang dapat membantu kita dalam melepaskan beban pikiran yang ada.

Fungsi lain yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai sarana olahraga. Kita dapat melakukan banyak olahraga seperti lari pagi, sepeda gembira atau yang lain. Namun olahraga renang mempunyai keistimewaan tersendiri. Karena olahraga renang dilakukan dalam air, maka kita tidak akan berkeringat. Juga, seaktif apa pun kita bergerak dalam air, suhu kita tetap dingin. Saat melakukan aktivitas berenang, terjadi penarikan otot yang maksimal sehingga banyak lemak yang luntur dan otot mudah terbentuk.

Baca Juga: Kenali Sejarah Dan Kegunaan Baja Peleburan Besi

Perlukah Kolam Sendiri?

Membuat kolam renang tentu harus mempertimbangkan kondisi. Yang paling mendasar adalah keadaan lahan. Jika mempunyai lahan untuk membuat kolam dan memiliki biaya yang cukup, kenapa tidak? Kolam renang akan sangat berguna. Apalagi jika ada anggota keluarga atau Anda sendiri yang bercita-cita menjadi atlet renang. Latihan akan maksimal jika di rumah memiliki kolam renang sendiri.

Survei Keadaan Tanah

Bangunan kolam sedikit berbeda dengan bangunan rumah. Bangunan kolam adalah bangunan ke dalam sehingga keadaan tanah sangat berpengaruh pada kelangsungan hingga biaya yang diperlukan untuk memperbaiki. Bila tanah mempunyai sifat yang mudah bergerak atau bergeser, kolam akan lebih mudah mengalami kebocoran. Jadi pastikan tanah adalah tanah yang stagnan dan tidak mudah bergeser. Namun untuk Anda yang tinggal di daerah dengan kontur tanah rawan bergeser, alokasikan dana cadangan untuk perbaikan sewaktu-waktu bila kolam mengalami kerusakan.

Besi Yang Dibutuhkan Untuk Kolam Renang

Tidak jauh berbeda dengan bangunan rumah, kolam renang juga akan membutuhkan beberapa material yang akan digunakan. Kebutuhan besi sangat penting untuk dihitung terlebih dahulu karena nantinya akan berpengaruh pada kebutuhan material yang lain seperti keramik.

  1. Volume Kolam

Isi atau volume kolam adalah yang dihitung pertama kali karena terkait dengan penyediaan lahan. Pada contoh ini, volume kolam adalah 31m3 dengan rincian panjang 7 m, lebar 3 m, kedalaman/tinggi 1,5 m.

  1. Tulangan Yang Diperlukan

Besi tulangan untuk kolam renang adalah dengan diameter atau panjang garis tengah 10 hingga 12 mm. Panjang yang dibutuhkan untuk setiap m3 adalah 12 meter.

31,5 x 12 = 378.

Maka jumlah besi yang dibutuhkan adalah 378/12, yaitu 31,25.

Hasil tersebut tinggal dikalikan dengan harga besi. Misalnya setiap batang besinya seharga 50.000, 31,25 x 50.000 = 1.562.500.

Jumlah tersebut adalah kebutuhan besi paling mendasar untuk kolam renang yang memiliki ukuran (panjang x lebar) 7 x 3 meter. Besi tersebut di luar kebutuhan dak.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Antara Besi Sekrup Dek Dan Konstruksi

Itulah hitungan sederhana dan mendasar kebutuhan besi untuk kolam renang. Untuk segala kebutuhan besi bangunan pembuatan kolam dan bangunan lainnya, KPS steel Jakarta siap menyediakan apa yang Anda butuhkan.

Bagikan Artikel :
Menu