Mengapa Baja Dibutuhkan Pada Konstruksi Bangunan?

mengapa-baja-dibutuhkan-dalam-konstruksi-bangunan-kps-steel

Baja seringkali dikenal sebagai material yang berfungsi untuk menopang bangunan dan rumah.

Kombinasi kekuatan, daya tahan, keindahan, presisi, dan kelenturan material baja memberikan para arsitek parameter yang lebih luas untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide segar untuk konstruksi bangunan. Namun tidak banyak kalangan yang mengetahui kegunaan baja dalam konstruksi bangunan dengan baik. Hal tersebut membuat tidak banyak orang yang mengetahui bahwa baja sangat dibutuhkan. 

Baca Juga: Proses Bessemer Dalam Modernisasi Industri Baja

Untuk mengetahui mengapa baja sangatlah penting untuk konstruksi bangunan, simak rangkuman dari KPS Steel, distributor besi Jakarta dibawah ini!

1. Estetika Yang Memenuhi fungsi

Ramping baja menciptakan fleksibilitas dan kelenturan yang menginspirasi arsitek untuk mengejar dan mencapai tujuan mereka dalam mengeksplorasi bentuk dan tekstur bangunan yang berbeda. Kualitas estetika ini dilengkapi dengan karakteristik fungsional baja yang mencakup kemampuan spanning yang luar biasa, stabilitas dimensi dari waktu ke waktu, kemampuan meredam suara, daur ulang tanpa akhir dan kecepatan serta presisi di mana ia diproduksi dan dirakit di tempat dengan tenaga kerja yang tidak banyak.

2. Proses Pembangunan Yang Lebih Cepat

Seluruh rangka baja dapat dibangun hanya dalam hitungan hari hingga minggu, tergantung dari lokasi konstruksi dan skala proyek. Berat baja yang juga relatif lebih ringan dibandingkan dengan bahan pembingkaian lainnya, memungkinkan baja menciptakan pondasi yang lebih kecil dan lebih sederhana. 

3. Menambahkan Resistensi Terhadap Api 

Desain yang canggih dari material baja memungkinkan tersedianya spesifikasi yang tepat dari persyaratan proteksi kebakaran pada bangunan dengan rangka baja, dimana karena bahannya yang tahan terhadap api membuatn material baja menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam upaya proteksi kebakaran yang diperlukan pada bangunan.

4. Dapat Didaur Ulang

Ketika bangunan berbingkai baja dihancurkan, komponen-komponen baja sebelumnya dapat digunakan kembali atau diedarkan ke dalam sistem daur ulang pada industri baja untuk dilebur dan dibuat sehingga dapat digunakan kembali. Baja yang didaur ulang tidak akan menyisakan limbah yang terbuang. Karena sekitar 30% baja yang digunakan merupakan hasil dari daur ulang dengan begitu baja telah menghemat penggunaan sumber daya alam.

5. Material Baja Dapat Menghemat Energi

Tidak hanya dapat didaur ulang, baja juga hemat energi. Hal ini terjadi karena panas memancar dengan cepat dari atap baja, menciptakan lingkungan rumah yang lebih sejuk di daerah dengan iklim yang panas. Dalam iklim dingin, dinding panel baja ganda dapat diisolasi dengan baik untuk menahannya menyerap panas dengan baik.

Itulah lima alasan mengapa Anda perlu menggunakan material baja dalam konstruksi bangunan dan rumah. Kendati demikian, masih banyak fungsi dan kegunaan baja yang tidak dapat dirangkum dalam artikel ini. 

Baca Juga: Pemanfaatan Limbah Padat Industri Besi Dan Baja

Jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai fungsi dan jenis-jenis baja yang ada, Anda dapat mengetahuinya di sini!

 

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu