Kelebihan Rumah Baja Ringan Sederhana & Cara Hitung Biayanya

keuntungan konstruksi baja ringan rumah-rumah-baja-ringan-sederhana

Hingga hari ini masih banyak orang yang belum familiar dengan rumah baja ringan sederhana. Sebab konstruksi baja ringan masih sangat identik hanya diperuntukkan membuat bagian atap rumah.

Padahal material baja ringan juga sangat cocok dijadikan sebagai rangka rumah. Penggunaan baja ringan untuk pembuatan rangka rumah juga memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan bagi Anda.

Agar memperjelas berbagai kelebihan tersebut, kami telah menyiapkan penjelasannya untuk Anda. Silahkan simak penjabaran kami berikut ini agar Anda bisa mengetahui kelebihan yang didapatkan dari penggunaan baja ringan.

Kelebihan Rumah Baja Ringan Sederhana

Membangun rumah impian adalah keinginan setiap orang. Tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan rumah idaman dan aman bagi seluruh anggota keluarga.

Salah satu hal terpenting yang harus menjadi perhatian adalah pemilihan material untuk pembuatan rangka rumah. Berikut ini adalah beberapa kelebihan jika Anda menggunakan baja ringan untuk menjadi rangka rumah.

1. Lebih Hemat

Perlu diakui bahwa membangun rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sebab Anda harus membeli berbagai material bangunan serta membayar jasa tukang untuk membuat rumah sebaik mungkin.

Penggunaan baja ringan mampu membantu Anda menekan kebutuhan biaya pembangunan rumah. Sebab diketahui bahwa pemasangan baja ringan sangat efisien sehingga bisa mengurangi biaya untuk membayar tukang.

2. Mempercepat Proses Pembangunan

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa proses pemasangan baja ringan sangatlah efisien. Tentu hal ini akan membuat proses pembangunan rumah baja ringan sederhana menjadi lebih cepat, sehingga tidak membutuhkan waktu lama agar Anda dan keluarga bisa menempati rumah idaman.

Hal ini juga menjawab kebutuhan Anda mengenai tempat tinggal karena tidak perlu lama menunggu.

3. Tahan Lama

Baja ringan diketahui memiliki kekuatan yang begitu tinggi. Bahkan baja ringan ukuran 1 mm diketahui memiliki kekuatan tegangan yang sama dengan baja konvensional berukuran 3 mm.

Hal ini membuat baja ringan memiliki daya tahan yang tinggi. Material ini memiliki kekuatan untuk menahan karat dan rayap. Diyakini bahwa baja ringan mampu bertahan selama puluhan hingga ratusan tahun.

Baca Juga: Keuntungan Konstruksi Baja Ringan untuk Rumah

Cara Menghitung Biaya Konstruksi Rumah Baja Ringan Sederhana

Salah satu hal paling penting dalam pembangunan rumah adalah biaya. Sebab Anda harus memastikan memiliki dana yang cukup agar proses pembangunan rumah bisa dilakukan hingga selesai, sehingga Anda perlu mengetahui cara menghitung biaya konstruksi rumah jika menggunakan baja ringan.

Tenang saja jika Anda belum pernah memahaminya karena kami akan memberikan caranya. Sebagai simulasi, kami akan mengambil kasus perhitungan biaya pembuatan rangka atap, sehingga Anda bisa lebih memahami cara perhitungannya dan bisa menerapkan dalam pembangunan rumah Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghitung luas atap rumah. Caranya adalah dengan menghitung panjang dan lebar rumah serta tingkat kemiringan konstruksi baja ringan sebesar 30 derajat.

Selain itu perhitungkan juga overstack di sekeliling rumah. Umumnya overstack adalah 0.5 meter. Dalam kasus ini, diandaikan jika panjang rumah adalah 10 m dan lebar 5 m, sehingga luas atap rumah = panjang rumah x lebar rumah / cosinus derajat kemiringan konstruksi atap. Masukkan angkanya yaitu (10+0.5+0.5) x (5+0.5+0.5) / cos 30°.

Maka didapatkan luas atap rumah adalah 57,156 m2. Selanjutnya Anda tinggal mengalikan luas dengan harga baja ringan per meter persegi untuk mendapatkan kebutuhan biaya anggaran. Contoh jika harga per meter persegi baja ringan adalah Rp 150.000.

Maka didapatkan biaya konstruksi adalah 57,156 x 150.000 = RP. 8.572.400. Tentunya harga baja ringan bisa bervariasi mengikuti pasar.

Baca Juga: Jenis Baja Ringan untuk Material Rumah Tahan Gempa

Melihat dari kelebihan yang dimiliki, Anda tidak perlu ragu untuk membeli baja ringan. Sebab rumah baja ringan sederhana memiliki keamanan tinggi serta biaya yang masih terjangkau.

Sebagai pilihan terbaik, KPS Steel juga menjual besi baja ringan berupa besi hollow dan besi kanal berkualitas untuk segala kebutuhan Anda. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai besi baja ringan berupa besi hollow dan besi kanal. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, klik link ini untuk pemesanaan.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu