Inilah Perbedaan Antara Baja dan Besi

inilah-perbedaan-antara-baja-dan-besi-kps-steel-jakarta-indonesia

Banyak orang yang belum mengetahui perbedaan baja dan besi.

Mungkin sebagian dari Anda masih sulit untuk membedakan antara baja dan besi karena bentuknya yang hampir mirip. Namun, apabila Anda perhatikan dengan seksama, sebenarnya terdapat berbagai perbedaan antara baja dan besi berdasarkan bahan material, sifat dan karakternya.

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Besi Cepat Karatan, Waspadalah!

Inilah 6 hal yang membedakan antara baja dan besi yang wajib Anda ketahui:

1. Pembentukan

Berdasarkan pembentukan besi, besi berasal dari unsur murni yang berdiri sendiri. Sedangkan logam berasal dari berbagai campuran unsur-unsur kimia. Misalnya saja besi, karbon, nikel, mangan, kromium, dan lainnya.

2. Jenis-Jenisnya

Secara umum, terdapat dua jenis besi yaitu besi cor dan besi tempa. Jenis besi pertama yaitu besi cor, besi ini berasal dari campuran besi dan karbon. Sementara jenis besi kedua yaitu besi tempa, besi ini dibuat dengan campuran silikat.

Sedangkan baja sendiri mempunyai dua jenis yaitu baja karbon metalik dan baja logam campuran.

3. Ketahanan Terhadap Karat

Berdasarkan ketahanan terhadap karat, besi cenderung lebih mudah teroksidasi. Selain itu, besi juga sangat mudah berkarat di akhir pemrosesannya. Sebaliknya, baja cenderung lebih tahan terhadap karat.

4. Permukaan

Berdasarkan bentuk permukaan, besi biasanya mempunyai permukaan yang berkarat. Sedangkan baja bentuk permukaannya mengkilap.

5. Kegunaan

Sebenarnya antara besi dan baja keduanya mempunyai kegunaan yang hampir sama. Hanya saja, biasanya besi digunakan sebagai bahan rangka konstruksi bangunan, bahan baku peralatan dan perangkat kendaraan.

Sementara kegunaan baja hampir sama dengan besi, baja juga biasanya digunakan sebagai bahan pembangunan konstruksi jalan dan jembatan, mobil, kereta api dan lainnya.

Contoh konstruksi bangunan yang berasal dari baja adalah jembatan London dan menara Eiffel.

6. Keberadaan

Keberadaan besi dapat ditemukan di alam bebas yang unsurnya terbentuk secara alami. Sedangkan untuk memperoleh baja harus dilakukan proses pengolahan baja terlebih dahulu.

Namun, agar besi dan baja tersebut bisa digunakan di berbagai industri secara tepat guna,  keduanya harus sama-sama diproses dan diolah terlebih dahulu dan dicampur dengan bahan lainnya sesuai kebutuhan masing-masing jenis besi dan baja.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang membedakan antara besi dan baja, mulai dari asal pembentukan, jenis, ketahanan terhadap karat, bentuk permukaan, hingga kegunaan keduanya.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan besi berasal dari campuran unsur besi itu sendiri yang mempunyai bentuk permukaan yang mudah berkarat. Sedangkan baja berasal dari campuran besi, logam dan bahan kimia lainnya, yang mempunyai permukaan yang mengkilap.

Baca Juga: Merawat Besi? Berikut Cara Mencegah Besi Berkarat

Anda pasti tidak mengalami kesulitan saat ingin membeli besi dan baja setelah mengetahui cara membedakan keduanya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai ragam jenis besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu