Ingin Hadirkan Nuansa Industrial? Coba Tambahkan Besi Baja pada 5 Elemen Ini!

ingin-hadirkan-nuansa-industrial-coba-tambahkan-besi-baja-pada-5-elemen-ini

Konsep industrial sangat erat dengan penggunaan material logam seperti besi baja.

Ingin mengubah nuansa di interior rumah? Mungkin Anda bisa melakukan sedikit perubahan pada sisi-sisi tertentu di satu ruangan. Sehingga bisa memperbaharui suasana namun tanpa perlu keluar modal besar dan tenaga ekstra. Ada banyak konsep interior bisa dipilih, namun bisa mempertimbangkan konsep industrial yang erat dengan penggunaan material logam seperti besi baja.

Baca Juga: Mari Cari Tahu Jenis-Jenis Besi Baja dan Kegunaannya!

Tips Menghadirkan Nuansa Industrial di Ruangan

Nuansa atau konsep industrial umumnya dijumpai di kafe-kafe atau restoran yang mencoba tampil Instagramable. Menariknya, konsep ini ternyata cocok-cocok saja untuk diaplikasikan di rumah pribadi agar lebih terlihat cantik dan menarik. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghadirkan nuansa industrial tersebut:

  • Membuat dinding batu bata ekspos, sehingga sengaja memperlihatkan susunan batu bata pada dinding tanpa perlu diplester semen. Langkah ini efektif mempercantik ruangan dan menyuguhkan nuansa industrial.
  • Menambahkan elemen besi baja dan kayu, karena keduanya identik dengan konsep industrial.
  • Hadirkan warna monokrom sebab menjadi ciri khas dari interior bergaya industrial.
  • Hadirkan ciri khas industrial lain dengan menambahkan lantai kayu atau polished concrete.
  • Biarkan plafon terbuka dengan menampilkan instalasi lampu dan sebagainya, namun tetap terlihat rapi.

Aplikasikan Besi Baja untuk Nuansa Industrial

Melalui tips-tips di atas juga bisa diketahui bahwa salah satu cara menampilkan nuansa industrial di ruangan adalah menggunakan besi dan kayu. Pertimbangkan memakai besi baja yang ringan dan kuat untuk beberapa elemen penting, seperti:

1. Meja dan Kursi Makan

Elemen pertama di ruangan yang bisa dibuat dengan material besi adalah meja dan kursi makan. Hal serupa dilakukan oleh pemilik kafe dan restoran yang mengusung konsep industrial pada interiornya. Jadikan materia besi ini sebagai kerangka, lalu padukan dengan material kayu yang diplitur agar motif alaminya keluar.

2. Meja Kerja

Sering membawa pekerjaan dari kantor ke rumah? Atau mungkin masih tetap menjalani work from home karena pandemi? Maka bisa menambahkan meja kerja dengan material besi sebagai kerangkanya. Kombinasikan dengan kaca bening atau kayu alami, maka elemen ini sukses menampilkan suasana industrial di rumah.

3. Meja Kopi

Punya rumah minimali membuat perabot dengan ukuran mungil namun multifungsi perlu diaplikasikan. salah satunya adalah meja kopi untuk menggantikan meja sofa yang dirasa kelewat bongsor. Supaya kesan industrial didapatkan, gunakan besi baja untuk rangka meja kopi tersebut.

4. Rak Dinding

Hiasan dinding berupa rak dinding tengah menjadi tren sejak tahun lalu. Diprediksi akan tetap diminati untuk beberapa tahun mendatang. Silahkan menambahkannya, dan untuk nuansa industrial gunakan rak dinding dari material besi. Beri cat warna gelap dan berpadu dengan dinding warna putih atau abu-abu. Sehingga ruangan tampil monokrom dan punya kesa industrial yang kuat.

5. Rak Buku

Elemen berikutnya yang bisa dibuat dari material besi agar mampu menghadirkan nuansa industrial adalah rak buku. Rak buku ini bisa ditaruh bersebelahan dengan meja kerja dari besi juga. Anda bisa menaruh dokumen pekerjaan, buku-buku kerja atau buku bacaan terkait bidang pekerjaan yang ditekuni di dalamnya. Sehingga bisa dengan mudah menjangkau dokumen dan buku yang dibutuhkan di sela-sela aktivitas kerja di rumah.

Bisa juga difungsikan sebagai sekat untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang lain. Tambahkan beberapa hiasan meja seperti pigura, vas bunga mungil, beberapa buku tebal, lilin aromaterapi, dan sebagainya. Sehingga rak tersebut tampil estetik sekaligus tetap menguatkan nuansa industrial.

Baca Juga: Besi Baja, Solusi Pengganti Plafon Rumah Anda

Elemen di atas sangat cocok dibuat memakai material besi bajayang kemudian dipadukan dengan kayu maupun kaca. Ketika diletakkan di dalam ruangan, maka akan memunculkan nuansa industrial. Jadi, silakan Anda terapkan pada hunian Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu