H-Beam Ciptakan Jembatan Kokoh

h beam ciptakan jembatan kokoh

Secara umum pembangunan jembatan menggunakan penyangga baja H-Beam karena dianggap menjadi pilihan terbaik dibanding penyangga jenis lainnya.

Bagi Anda yang memang berencana membangun jembatan maka bisa mempertimbangkan penyangga dari material baja H-Beam berikut. Supaya lebih yakin untuk menggunakannya, maka kenali dulu material ini lebih dalam.

Baca Juga: Manfaat Besi Untuk Bangunan dan Konstruksi

Penggunaan Baja H-Beam untuk Konstruksi Jembatan

Baja penyangga satu ini merupakan balok baja yang sering pula disebut dengan istilah hot rolled. Nama H dari baja penyangga ini diberikan karena melihat bentuknya yang mirip seperti huruf H ketika dilihat dari samping. Baja ini sendiri memang diciptakan untuk dijadikan penyangga bangunan. Mulai dari bangunan rumah sampai konstruksi rel kereta api maupun jembatan.

Bentuk fisik baja penyangga ini terdiri dari susunan baja tipis yang ditempatkan secara vertikal kemudian diapit dua baja horizontal. Baja yang dalam posisi vertikal disebut dengan istilah “wide” sedangkan baja di posisi horizontal dikenal dengan istilah “flange”. Tidak perlu heran jika menjumpai beberapa orang menyebut baja penyangga ini dengan istilah wide flange.

Fungsi dasar dari baja penyangga ini adalah untuk menyangga konstruksi bangunan, yang memang nantinya akan menopang beban berat. Salah satunya adalah jembatan yang ketika proses pembangunannya selesai akan menopang bobot kendaraan lengkap dengan muatannya. Jembatan diwajibkan atau perlu dipastikan memiliki struktur yang kokoh karena akan dilewati oleh banyak kendaraan dengan bobot berbeda-beda.

Melihat beban berat yang akan ditopang oleh jembatan setiap harinya dan setiap jamnya. Maka saat proses pembangunan perlu menggunakan material pilihan, dan salah satu material ideal untuk digunakan adalah baja H-Beam. Baja penyangga satu ini dikenal kokoh dan memang memenuhi syarat untuk dijadikan penyangga konstruksi jembatan.

Seiring berjalannya waktu, teknologi pembuatan baja penyangga ini terus berkembang. Salah satunya adalah teknologi yang memastikan material ini anti korosi, sehingga resiko penyangga termakan karat bisa ditekan atau dihapus sama sekali. Tidak tertutup kemungkinan baja penyangga ini akan tampil lebih baik di beberapa tahun mendatang.

Keunggulan Baja H-Beam

Ada banyak alasan yang membuat baja H-Beam digunakan sebagai penyangga konstruksi jembatan. Yakni dilihat dari keunggulannya berikut ini:

1. Memang Dirancang Menyangga Konstruksi Berat

Sejak awal pembuatan baja penyangga satu ini memang ditujukan untuk menyangga konstruksi berat. Karakternya yang kuat memastikan jembatan yang ditopangnya mampu menahan beban berat secara maksimal. Penggunaannya pun mampu menekan resiko jembatan roboh atau bahkan retak.

2. Panjangnya Bisa Dimaksimalkan

Panjang ukuran dari baja penyangga ini bisa dikatakan fleksibel, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan penyangga konstruksi jembatan yang besar kemungkinan dibuat cukup panjang. Diketahui pula jika baja penyangga ini bisa memiliki panjang sampai 100 meter, dan tidak menutup kemungkinan bisa lebih.

3. Ramah Budget 

Jika ingin membangun jembatan dengan budget yang tidak terlalu besar, maka cocok menggunakan baja penyangga berbentuk huruf H ini. Sebab dengan daya topangnya yang maksimal terhadap beban berat. Maka saat membangun jembatan secara keseluruhan tidak perlu penyangga berlebihan.

Proses pembangunan pun menjadi lebih singkat karena tidak perlu menambah banyak penyangga selama konstruksi berlangsung. Berkurangnya kebutuhan penyangga dan waktu pembuatan memberikan solusi untuk menekan anggaran secara maksimal.

Membangun jembatan memang wajib fokus pada penyangganya, sebab dengan penyangga yang handal maka jembatan akan berumur lebih panjang. Meminimalkan pula resiko runtuh dan membuat kendaraan yang melintasinya terancam keselamatannya. Setelah membaca penjelasan mengenai baja H-Beam di atas, tentunya bisa ditarik kesimpulan jika baja satu ini memang cocok dijadikan penyangga konstruksi jembatan. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakannya agar jembatan kokoh dan tahan lama.

Baca Juga: Seluk Beluk H Beam, Balok Baja Yang Kokoh Untuk Bangunan Anda

Untuk menemukan material baja H-Beam terbaik, KPS Steel selaku distributor menyediakan baja berkualitas. Anda dapat melihat-lihat produknya di sini. 

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu