Tips dan Cara Pasang Atap Baja Ringan Efektif

cara-pasang-atap-baja-ringan-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Banyak orang ternyata tidak mengetahui cara pasang atap baja ringan hingga saat ini. Padahal, keterampilan ini setidaknya bisa dipahami secara mendasar. Apalagi, jika Anda ingin membangun hunian sendiri. Seperti yang sudah diketahui, baja ringan menjadi salah satu material pengganti kayu. Harga murah dan penggunaan lebih fleksibel merupakan beberapa alasannya.

Anda bisa melihatnya sendiri di beberapa konstruksi. Sebenarnya, pengaplikasiannya bisa dipakai untuk bentang 12 meter. Namun, baja ringan tidak direkomendasikan untuk bentang kuda-kuda besar. Sedangkan untuk kuda-kuda besar biasanya menggunakan weld mild steel atau profil WF.

Baca Juga: Cara Hitung Kebutuhan Rangka Atap Baja Ringan

Tips Memilih Baja Ringan

Setiap produsen memiliki kualifikasi dan spesifikasinya masing-masing. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan cara untuk memilihnya. Setidaknya, cara-cara ini bisa dipakai untuk memilih baja ringan.

1. Tips pertama adalah dengan memperhatikan nilai mutunya. Bahan material dari baja ringan adalah material khusus dengan mutu tinggi. Biasanya, materialnya juga disebut sebagai HI-TEN (high tension steel).

2. Tips kedua adalah memperhatikan ketebalannya. Perlu Anda ketahui, beda ketebalan akan berpengaruh pada daya pemakaiannya. Terlalu tipis akan membuatnya lebih mudah patah saat digunakan sebagai rangka atap.

3. Cara pemasangannya harus dilakukan dengan cara brancing. Meskipun materialnya dibuat dengan sangat kokoh, tapi kekauannya lemah. Hal inilah yang harus Anda perhatikan dengan lebih teliti saat membelinya.

4. Ketebalan berbeda maka juga harus menggunakan baut yang berbeda. Baja profil tipis sangat direkomendasikan untuk menggunakan baut (self drilling screw) jenis khusus dengan alur kasar.

Cara Pasang Atap Baja Ringan

Secara teknis, material ini diproduksi dengan tujuan untuk memudahkan proses pemasangan. Bobotnya memang tidak tinggi dan spesifikasinya cukup tipis. Namun, material ini mampu menahan kekuatan tarik hingga 550 Mpa. Untuk cara pasang atap baja ringan, Anda harus memahami beberapa aspek khusus pada setiap komponen. Perlu diketahui bahwa rangka atap terdiri dari komponen batang luar dan batang dalam.

Dalam pemasangannya, ada beberapa batang untuk menopang beban di atasnya. Konsep ini juga sering disebut sebagai truss. Berbeda dengan baja konvensional yang dibuat dengan sedikit batang penopang. Untuk pemasangan antar kuda-kuda, maka disesuaikan dengan jenis penutup bagian atasnya. Beban di bagian atas kuda-kuda juga menjadi salah satu faktor yang menentukan berapa jauh jarak kuda-kuda.

Jika beban bagian atas semakin berat, maka jarak kuda-kuda juga harus diperpendek. Konsep ini juga berlaku untuk sebaliknya. Semakin ringan bagian atasnya, maka jarak kuda-kuda bisa lebih panjang. Hal penting lainnya adalah mengenai profil. Baja ini memiliki banyak jenis profil seperti profil C, profil A, dan profil UK. Ketiganya juga memiliki ketebalan berbeda-beda.

Kelebihan Menggunakan Baja Ringan

Setiap produk pasti memiliki kelebihan masing-masing, begitu juga dengan baja ringan. Jika Anda perhatikan, ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki produk lainnya. Berikut beberapa kelebihannya.

1. Material ini tidak akan terpengaruh oleh perubahan suhu sehingga sangat sulit untuk memuai.

2. Struktur bawah bangunan tidak mendapatkan beban berlebih karena bobot baja ringan sangat ringan.

3. Karakteristiknya memiliki bobot ringan, tapi sisi kekuatannya sangat tinggi.

4. Tidak terpengaruh oleh pelapukan seperti pada kayu.

5. Baja ringan diproduksi dengan tujuan untuk memudahkan pemasangan dalam beberapa tipe atap sekaligus.

6. Tidak memerlukan adanya finishing.

7. Memiliki structural lifetime lebih baik dari material sejenisnya.

8. Modelnya bisa disesuaikan untuk berbagai tipe atap, mulai tradisional hingga modern.

9. Mutu material tidak akan berubah meskipun digunakan dalam waktu lama.

10. Materialnya tidak mudah terbakar dan bisa didaur ulang.

Baca Juga: Mengenal Atap Avantguart untuk Percantik Hunian

Dengan mengetahui kelebihan tersebut, Anda bisa mendapatkan baja ringan di tempat kami. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu