Besi Baja, Solusi Pengganti Plafon Rumah Anda

Besi Baja dikenal akan ketangguhan dan umur yang tahan lama.

Jika berbicara mengenai konstruksi bangunan, maka sudah pasti akan membahas pula mengenai besi baja. Sebab bahan ini menjadi salah satu material di dalam konstruksi yang cukup sering digunakan. Secara umum, jenis besi ini digunakan untuk pembuatan kanopi, pintu pagar, teralis, dan termasuk untuk plafon atau lebih tepatnya kerangka plafon. 

Baca Juga: Beragam Peralatan di Dalam Pabrik Pipa Besi

Penggunaan material besi memang menarik karena memiliki sejumlah keunggulan. Memilihnya untuk menyempurnakan plafon di dalam rumah juga bisa dipertimbangkan. Mengapa? Simak pembahasannya berikut ini!

Besi Baja untuk Plafon Rumah 

Plafon disebut juga sebagai langit-langit rumah yang menjadi batas antara ruangan bawah dengan bagian atap. Fungsi dari plafon ini beragam dimulai dari keamanan, kenyamanan, sampai pada fungsi estetika atau keindahan. Sebab perlu diakui, sebuah rumah tanpa plafon akan memperlihatkan kerangka atap rumah yang terkesan tidak rapi. 

Selain itu, minusnya plafon juga membuat udara bisa dengan mudah masuk ke dalam ruangan. Saat cuaca terik maka ruangan pun ikut panas, dan sebaliknya. Itulah mengapa pembuatan plafon di rumah maupun bangunan lain cukup penting. Anda bisa mempertimbangkan besi baja untuk pembuatan plafon tersebut. 

Dulunya plafon dibuat dari material kayu untuk kerangka, baik itu plafon dari triplek, gypsum, dan sebagainya. Namun seiring berjalannya waktu material kayu semakin mahal dan susah dicari. Belum lagi dengan umurnya yang terbatas, terutama jika sudah diserang rayap dan terkena kebocoran air hujan. 

Sebagai solusi untuk menyempurnakan segala kekurangan kerangka plafon kayu maka bisa menggunakan besi-baja. Selain tidak memiliki kekurangan material kayu, juga terlihat lebih baik dari segi estetika. Plafon menjadi lebih rapi dan juga lebih indah, sangat cocok untuk Anda yang memperhatikan keindahan ruangan. 

Berbagai Keunggulan yang Ditawarkan 

Menggunakan material besi untuk kerangka plafon memberi banyak keuntungan, sebab material ini punya keunggulan menarik berikut ini: 

  1. Pemasangan Mudah dan Ringan 

Dibanding plafon dari kayu, penggunaan besi lebih menguntungkan karena mudah dipasang. Pasalnya besi ini biasanya sudah dalam bentuk potongan dengan ukuran dan ketebalan tertentu. Pemasangannya menjadi praktis dan juga mudah untuk disesuaikan dengan desain plafon yang diinginkan. 

  1. Tahan Lama dan Kuat 

Material besi baja termasuk ke dalam jenis logam yang memiliki kekuatan tinggi, sehingga kuat dan juga tahan lama. Menggunakannya sebagai penopang plafon akan membuatnya tidak mudah rapuh apalagi roboh. Jenis material yang tepat untuk Anda yang tidak ingin bekerja dua kali dalam membuat plafon. 

  1. Mudah Dibentuk 

Meskipun kuat namun material besi dari toko bahan bangunan biasanya sudah dipotong dalam bagian-bagian tertentu dengan ukuran yang disesuaikan kebutuhan dan fungsi. Model seperti ini membuatnya mudah untuk dipasang sekaligus dibentuk, sehingga nilai estetika dari plafon lebih maksimal dan sesuai dengan keinginan. 

  1. Aman dari Korosi 

Besi biasa mungkin kurang cocok untuk dijadikan sebagai kerangka plafon, namun jika sudah bercampur dengan material baja. Maka sifatnya menjadi anti karat atau anti korosi yang membuatnya cocok dijadikan kerangka plafon. Sebab aman dari kelembaban yang timbul karena air hujan yang merembes dari atap. Selain itu aman dari faktor udara yang bisa membuat besi biasa berkarat. 

  1. Bisa Didaur Ulang 

Material besi juga menjadi material konstruksi bangunan yang sangat mungkin untuk didaur ulang, yakni dipakai kembali. Jadi, semisal Anda melakukan renovasi maka kerangka dari besi pada plafon jangan dibuang. Nantinya bisa digunakan kembali untuk kerangka atap, kanopi, atau untuk plafon kembali. 

Pemilihan material besi baja untuk bahan pembuatan plafon bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain kuat, penggunaan material ini juga bertujuan supaya hemat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Distributor Besi Beton

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai Schedule Pipa, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu