5 Kriteria Besi Baja Sesuai Dengan SNI

5 kriteria SNI baja besi

Jangan Asal Membeli Besi atau Baja, Untuk Alasan Keamanan Anda Wajib Membeli Besi dan Baja ber-SNI

Standar Nasional Indonesia (SNI) yang diberlakukan pada barang produksi bukanlah tanpa alasan. Diharapkan setiap barang produksi yang termasuk dalam kategori SNI, dapat memiliki jaminan kualitas dan kelayakan sesuai dengan standar yang diterapkan. Hal ini berlaku juga pada produk bangunan seperti besi dan baja. Untuk alasan keamanan dan terhindar dari kerugian, Anda wajib memperhatikan SNI baja atau besi.

Baca Juga: Karakteristik Dan Kegunaan Pipa Hitam Yang Perlu Anda Ketahui!

Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah memberlakukan SNI untuk produk besi baja dimana SNI besi baja ini menggunakan referensi besi Standar Jepang yang disebut juga Japan International Standards (JSI). Untuk itulah, spesifikasi besi baja yang beredar di Indonesia haruslah sesuai dengan SNI tersebut. Apabila ada besi baja yang kualitasnya berada di bawah SNI dan tidak memenuhi kriteria biasanya disebut dengan besi baja banci.

Apa itu Besi Baja Banci?

Besi baja banci dapat dikelompokkan ke dalam dua kriteria yaitu, besi baja kelas A dan B. Dimana kelas A kualitasnya masih lebih baik dibandingkan dengan kelas B.

Dibandingkan dengan besi baja SNI, harga besi baja banci jelas lebih murah. Meski lebih murah, penggunaan besi baja banci seharusnya dihindari. Sebab, tidak sesuai SNI sehingga sulit untuk mengukur ketahanan bangunan yang konstruksinya menggunakan besi baja banci. Namun, pada kenyataannya di lapangan masih banyak besi baja banci dijual, terutama di toko besi yang skalanya kecil. Umumnya, besi baja banci tersebut digunakan pada konstruksi bangunan pribadi.

Kriteria Besi Baja Sesuai SNI

Agar terhindar dari penggunaan besi baja banci, maka Anda harus bisa membedakannya dengan besi baja SNI yang memiliki kriteria sebagai berikut.

Label

Pemberian label atau disebut marking merupakan hal yang wajib ada pada setiap produk besi baja. Umumnya, label berupa huruf atau gambar timbul yang menandakan nama perusahaan produsen serta profil diameter produk.

Penempatan label diletakkan pada bagian ujung penampang besi baja dengan menggunakan warna permanen yang sulit terhapus dan sesuai dengan kode warna setiap kelas serta jenis besi baja. Label juga memuat informasi seperti tanggal produksi, nomor seri produksi, dan nomor heat.

Kekuatan

Setiap jenis dan kelas besi baja  SNI memiliki standar kekuatan masing-masing. Misalnya, SNI baja polos atau besi BJTP biasanya berkekuatan BJTP 24. Berbeda signifikan dengan besi baja berulir yang kekuatannya bertingkat, yaitu BJTS 30, BJTS 35, hingga BJTS 40.

Warna

Menurut standar SNI baja atau besi harus diberi label warna sesuai dengan kelasnya. Namun, kebijakan ini masih diserahkan ke perusahaan masing-masing sehingga penggunaannya terkadang ada yang berbeda walau pada umumnya sama.

Untuk besi baja kelas BJTP 24 misalnya, kode warna yang digunakan adalah hitam. Sedangkan untuk besi baja kelas 30 menggunakan label warna biru. Label merah untuk besi baja kelas BJTP 35 dan kuning untuk kelas BJTP 40.

Dimensi

Standar dimensi yang ditetapkan oleh SNI sudah diperhitungkan sedemikian rupa agar konstruksi dan bangunan berkualitas baik. Jika terdapat ukuran dimensi yang tidak sama, BSN telah memberi batas toleransi maksimal yaitu, kurang lebih 1% dari ukuran asli

Harga

Di pasaran, SNI baja atau besi umumnya sudah memiliki kisaran harga tertentu. Namun, harga juga masih dipengaruhi oleh letak toko besi karena proses distribusi yang berbeda-beda.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika membeli besi baja SNI, jangan sampai harganya terlalu jauh berada di bawah harga pasar karena kemungkinan produk tersebut besi baja banci. Cek kembali kriteria besi baja agar sesuai dengan standar SNI.

Baca Juga: Tips Memilih Besi Beton Untuk Konstruksi Bangunan

Tentunya penerapan SNI untuk besi dan baja ini diberikan agar bangunan yang akan dibangun nanti memiliki kondisi kelayakan yang bagus dan memiliki kualitas yang baik. Sehingga bisa diukur kekuatannya agar terhindar dari risiko bahaya roboh atau kerusakan.

Untuk mendapatkan besi dan baja yang sesuai dengan SNI, Anda bisa menemukan di KPS Steel. Anda bisa mencari berbagai material besi dan baja disini. 

Bagikan Artikel :
Menu