Pemanfaatan Besi Assental dalam Konstruksi

pemanfaatan-besi-assental-dalam-konstruksi

Besi assental sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan trolly.

Pada kegiatan konstruksi, material yang digunakan terdiri dari berbagai macam. Salah satu material yang menjadi poin penting dalam kegiatan konstruksi adalah besi. Namun, tak hanya satu jenis besi saja yang digunakan, melainkan terdapat beraneka macam besi. Salah satu jenis besi yang digunakan adalah besi assental.

Sudahkah Anda mengetahui tentang besi ini? Besi assental merupakan besi dengan bentuk bulat yang biasa disebut dengan round bar, dan juga bentuk segi empat alias kotak yang disebut dengan namala lain square bar. Nah, kira-kira apa manfaatnya dalam konstruksi? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Ragam Besi Assental dan Kegunaannya

Daftar Manfaat Besi Assental Sesuai Jenisnya

Bagi yang belum mengetahui atau belum memiliki bayangan tentang jenis besi satu ini, Anda dapat menemukannya pada trolly. Pasalnya, besi satu ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan trolly. Ukuran besi ini juga beragam, mulai dari ukuran terkecil maupun terbesar. Nah, berikut ini merupakan manfaat besi jenis assental:

1. Beton

Jenis besi yang pertama adalah assental beton, yang berfungsi sebagai penulangan pada konstruksi beton. Jenis besi ini juga sering disebut sebagai beton bertulang. Selain itu, besi beton memiliki dua desain, yakni desain ulir dan juga polos. Besi beton ulir merupakan besi yang memiliki bentuk permukaan sirip melintang, rusuk memanjang, atau bentuk lainnya.

2. Siku

Seperti namanya, besi assental jenis ini memiliki sudut 90 derajat, sedangkan panjangnya sekitar 6 meter. Nah, manfaat dari besi jenis ini cukup banyak, yakni sebagai tower air, rak, konstruksi tangga, maupun konstruksi besi lainnya. Tak heran jika dapat dimanfaatkan di berbagai konstruksi, karena besi jenis ini tergolong besi yang awet, kokoh, dan bertahan dalam kondisi apapun.

3. Wide Flange

Di urutan ketiga ada assental jenis wide flange, yang biasanya digunakan untuk konstruksi baja. Besi wide flange merupakan besi yang memiliki kepadatan dengan tingkatan tinggi dan jua memiliki energi tinggi terhadap gaya tekan. Dengan demikian, besi ini dapat membuat konstruksi yang diteapkan semakin efisien.

4. H-Beam

Besi H-Beam merupakan besi yang memiliki bentuk balok baja dan memiliki sebutan dalam bahasa Inggris, yakni hot rolled. Besi assental jenis ini biasanya digunakan untuk membangun jembatan, gedung, dan pembangunan lainnya. Jadi, dapat dipastikan besi jenis ini memiliki kekuatan dan kekokohan yang luar biasa.

5. Hollow

Jenis besi selanjutnya adalah besi hollow, yang memiliki beberapa tipe yakni galvanis, galvanil, dan hitam. Besi ini pada dasarnya memiliki elemen coating zinc sebanyak 97 persen, yang kemudian dikombinasikan dengan bahan coating alumunium dan bahan pendukung lainnya. Sedangkan untuk manfaatnya, besi ini biasanya digunakan sebagai material dalam konstruksi pembangunan.

6. Steel Grating

Berikutnya ada steel grating, yang merupakan jenis assental dengan bentuk silang dan kotak-kotak kecil, yang kemudian terhubung satu sama lain karena adanya metode pengelasan ataupun penguncian besi. Anda bisa menggunakan besi jenis ini untuk konstruksi pembangunan, seperti pembangunan tutup selokan, tangga, dan lainnya.

7. UNP dan UNC

Jenis yang terakhir ini pastinya banyak diketahui oleh khalayak ramai, karena memang sudah sangat populer di dunia perbesian. Nah, besi UNP dan UNC merupakan besi dengan bentuk cukup unik, yakni berbentuk C.

Baca Juga: Kegunaan Besi Assental untuk Furnitur

Itulah beberapa informasi terkait manfaat besi assental yang bisa disampaikan kepada Anda. Jika Anda membutuhkannya maka bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai dengan pemanfaatnya. Pastikan membeli yang berkualitas, agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis besi, Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat juga langsung menghubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu