Teknik dan Cara Mengelas Besi yang Perlu Diketahui

teknik dan cara mengelas besi yang perlu diketahui

Mengelas besi ternyata dapat dilakukan menggunakan berbagai macam teknik.

Teknik dan cara mengelas besi yang paling sering digunakan adalah shielded metal arc welding. Selain praktis, biaya yang diperlukan untuk melakukan shielded metal arc welding juga lebih murah. Namun, ada beberapa teknik lain yang tak kalah praktis, mulai dari solid state welding hingga thermochemical welding.

Berbagai teknik dan cara mengelas besi bertujuan untuk mempermudah proses pembangunan infrastruktur. Material logam yang semula kaku menjadi lebih lentur, sehingga mampu disesuaikan dengan kebutuhan desain arsitektur.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karat Besi

Teknik dan Cara Mengelas Besi

Jika Anda masih awam dalam bidang ini, Anda perlu mengetahui beberapa teknik ini untuk mengelas besi.

1. Shielded Metal Arc Welding

Ketika hendak mengaplikasikan teknik ini, Anda dapat menggunakan mesin LAS AC, DC, ataupun AC/DC. Ketiga mesin tersebut memiliki kelebihan masing-masing, namun yang paling banyak digunakan ialah mesin AC/DC karena daya eksplorasinya lebih luas.

Proses pengelasan besi dengan teknik shielded metal arc welding bekerja ketika energi panas dari lompatan ion listrik mulai mencairkan logam. Untuk menjaga logam pada saat proses pencairan berlangsung, diperlukan selaput flux pada elektroda. Nantinya, setelah memadat, flux tersebut akan menjadi slag dan hasilnya lebih kukuh.

Kelebihan penggunaan teknik ini selain murah, ternyata bisa diaplikasikan pada semua posisi. Perlatannya juga bersifat portable sehingga bisa dibawa ke mana-mana.

2. Solid State Welding

Berbeda dengan shielded metal arc welding, teknik ini sama sekali tidak melibatkan proses pencairan logam. Teknik ini sepenuhnya bergantung pada tekanan, waktu, serta temperatur, dan menggunakan energi mekanik.

Alhasil, berapapun suhu di sekitar, penggunaan teknik ini tetap bisa dilakukan dan hasilnya tetap konsisten.

3. Flux Core Arc Welding

Flux Core Arc Welding adalah teknik dan cara mengelas besi yang memanfaatkan sumber panas pada energi listrik. Sumber panas yang ada pada busur listrik digunakan untuk mencairkan logam. Untuk melindungi logam pada saat pencairan, tetap dibutuhkan flux serta gas pelindung agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Proses pengelasan menggunakan teknik ini melibatkan mesin wire feeder, work lead, welding gun, ampere & volt control, serta tabung gas. Dengan peralatan tersebut, proses pengelasan dapat dilakukan secara otomatis maupun semi-otomatis. Kelebihan flux core arc welding adalah durasi yang diperlukan untuk melakukan teknik ini lebih pendek dibanding teknik shielded metal arc welding.

4. Submerged Arc Welding

Dapat dikatakan bahwa submerged arc welding merupakan teknik dan cara mengelas besi pertama yang prosesnya dilakukan secara otomatis. Praktiknya sendiri sudah dikenal lama, yakni sejak tahun 1935.

Proses pengelasan besi dimulai pada saat arus listrik dari trafo las mulai menyalakan busur listrik sehingga bisa menghasilkan sumber panas. Flux-nya sendiri menggunakan bahan dari pasir silika. Teknik ini membutuhkan beberapa peralatan khusus seperti voltage & current control hingga electrode wire reel.

Karena proses pengelasan dilakukan secara otomatis, juru las atau operator las tidak lagi dibutuhkan. Teknik yang sudah tersistemasi seperti submerged arc welding memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan pengelasan manual. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari kemungkinan cacat las ataupun pembengkakan biaya operasi.

5. Termochemical Welding

Thermochemical welding adalah teknik dan cara mengelas besi yang menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan sumber panas. Sumber panas didapat dari proses pembakaran gas asetilen yang memiliki tekanan tinggi. Berkat reaksi kimia ini, panas yang dihasilkan bahkan bisa mencapai suhu 2.800 derajat Celsius.

Peralatan yang diperlukan cukup mudah untuk dibawa sehingga dapat digunakan di mana saja. Thermochemical welding sangat berguna untuk pengelasan di kawasan yang jauh dari sumber listrik, misalnya untuk penyambungan rel kereta api.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Rumah Konstruksi Baja

Berbagai teknik dan cara mengelas besi yang telah diuraikan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Adanya pengelasan otomatis juga mampu mempermudah proses produksi olahan besi dalam jumlah besar. Jika Anda membutuhkan besi untuk keperluan industri Anda, jangan ragu untuk menghubungi KPS Steel.

Bagikan Artikel :
Menu