Pilih Kanopi Rangka Besi CNP atau Besi Hollow?

kanopi rangka besi cnp kps steel distributor besi jakarta

Kanopi merupakan bagian eksterior rumah yang bisa melindungi carport dan area depan hunian Anda. Bahan pembuatan strukturnya dapat menggunakan besi, agar lebih kokoh. Anda dapat membuat  kanopi rangka besi CNP atau besi hollow. Kedua jenis besi tersebut cocok dan kuat untuk dibuat menjadi struktur atap kanopi.

Namun sebelum Anda memutuskan akan menggunakan jenis besi apa, sebaiknya Anda melakukan perbandingan dulu. Bandingkan antara rangka besi CNP dan besi Hollow, mana yang dirasa sesuai dengan kebutuhan Anda untuk membangun kanopi rumah.

Karena struktur kanopi harus dibuat kokoh agar lebih tahan lama. Ketika ada kerusakan pada kanopi, Anda hanya perlu mengganti material atap. Sedangkan rangka kanopi bisa dicat ulang untuk mengembalikan lagi tampilan rangka dan menjaga dari efek korosi.

Perbandingan Kanopi Rangka Besi CNP dengan Besi Hollow

Atap kanopi bisa menggunakan bahan apa saja, bisa polycarbonate, uPVC, fiber, atau spandek. Tapi sebelum mempertimbangkan bahan atap yang akan dipasang, tentukan dulu struktur kanopi rumah Anda, akan menggunakan bahan apa. 

Anda bisa memakai rangka besi CNP atau disebut juga besi kanal atau profil C. Disebut demikian karena besi ini memiliki bentuk seperti huruf C. Dengan rongga terbuka di salah satu sisinya.

Selain menggunakan besi CNP, Anda juga bisa  menggunakan besi hollow, yang berbentuk kotak atau  bisa juga persegi panjang. Besi hollow juga memiliki rongga di bagian tengah besi, tapi sisinya tidak terbuka. Besi hollow tersedia dalam berbagai ukuran. 

Sebagian orang memilih besi hollow untuk dijadikan rangka kanopi, sebagian yang lain memilih kanopi rangka besi CNP. Jadi mana material besi yang lebih baik? Untuk mencari tahu lebih dalam, simak perbandingan antara kanopi dengan material besi CNP dan besi Hollow, di bawah ini:

1. Efisiensi Waktu Pengerjaan

Waktu pengerjaan untuk membuat rangka dan atap kanopi akan berbeda jika Anda memilih bahan yang berbeda pula. Proses pengerjaan rangka kanopi dengan besi CNP cenderung lebih cepat selesai. Materialnya yang lebih ringan juga memudahkan proses pembuatan kanopi.

Sedangkan pembuatan kanopi dengan besi hollow bisa menghabiskan waktu yang lebih lama. Karena proses yang dilakukan tukang lebih panjang dibanding membuat kanopi dengan besi kanal C. Mulai dari pemotongan, pengelasan dan juga pemasangannya. 

2. Efisiensi Dana

Dari segi efisiensi dana sebenarnya harga kanopi rangka besi CNP dan besi hollow berbeda-beda tergantung ukuran. Semakin besar dimensi plat besi yang diperlukan, harga akan lebih tinggi. 

Kedua jenis besi tersedia dalam berbagai macam ukuran. Terutama besi hollow yang memiliki variasi ukuran yang lebih banyak. Seperti 15 x 15 mm, 20 x 20 mm, sampai ukuran 300 x 300 mm. Sedangkan besi CNP memiliki ukuran 60 x 30 x 10 x 1,6 mm sampai 75 x 45 x 15 x 1,6 mm. 

Namun bila dikomparasikan dalam ukuran yang sama besi CNP lebih ekonomis. Pilihan variasi ukurannya juga tidak terlalu banyak jadi tidak akan membuat Anda bingung. 

Selain itu untuk membuat kanopi besi hollow, Anda membutuhkan besi hollow yang berukuran cukup besar agar strukturnya lebih kuat, sehingga harganya bisa lebih tinggi. Serta pilihan ukuran yang terlalu banyak mungkin akan membuat Anda bingung untuk memutuskan. 

3. Tahan Karat

Besi merupakan material yang mudah mengalami korosi yang akhirnya memunculkan karat. Namun jika Anda memilih besi yang sudah dilapisi (coating) anti karat, maka struktur besi tidak akan mudah berkarat. 

Baik besi CNP maupun besi hollow memiliki varian produk yang sudah dilapisi galvanis sehingga lebih tahan karat. Namun lebih baik Anda tetap melapisi besi dengan cat untuk perlindungan tambahan. 

Poin lain yang bisa menjadi pertimbangan yaitu kemungkinan mengendapnya air di dalam rongga besi. Pada besi hollow air yang masuk dari celah baut bisa mengendap di dalam dan lama kelamaan menyebabkan korosi. Berbeda dengan kanopi rangka besi CNP yang tidak ada rongga tertutup, jadi air tidak mungkin mengendap lama.

Namun keunggulan dari besi hollow ialah material ini tahan panas dan api. Ketika sinar matahari di luar rumah cukup terik, Anda tidak akan merasa kegerahan saat berdiam di bawah kanopi dengan besi hollow. 

4. Usia Material

Besi CNP banyak dipilih karena memiliki sifat tahan lama. Meskipun bobotnya ringan dan mempunyai kelenturan yang cukup tinggi, besi ini punya daya tahan yang kuat. 

Bahkan jika Anda membongkar rangka besi CNP, material bekas atau sisa bisa digunakan untuk keperluan lain dalam konstruksi bangunan. Besi hollow juga punya usia material yang cukup panjang. Asalkan Anda memastikan besi tidak berkarat. 

Dengan cara rutin melakukan perawatan, seperti mengecat rangka besi. Selain memperlambat proses oksidasi, warna cat juga membuat rangka kanopi terlihat lebih menarik 

5. Contoh Model pada Kanopi Teras Rumah

Dari segi model, besi hollow mampu memberikan tampilan akhir yang sederhana, minimalis dan elegan. Struktur dan bentuknya juga lebih mudah bila ingin dibuat variasi tambahan. Rangka kanopi dari besi hollow bisa dipasangkan dengan berbagai macam material atap kanopi

Sedangkan tampilan kanopi rangka besi CNP kurang estetik bila dibandingkan dengan besi hollow. Anda perlu mencari cara atau trik agar kanopi besi CNP tetap terlihat sedap dipandang.

Setelah membandingkan antara besi CNP dan besi hollow Anda pasti sudah mendapatkan gambaran. Jenis besi mana yang cocok untuk membuat kanopi rumah Anda. Bila Anda menginginkan proses pembuatan yang lebih efisien, hemat budget, dan tahan lama, Anda bisa memilih besi CNP. 

Namun jika Anda mencari material yang memberikan tampilan minimalis pada hunian Anda bisa memilih besi hollow. Strukturnya bisa dibuat lebih variatif. Pilih besi hollow yang sudah dilapisi zat anti karat agar usia pemakaiannya bisa lebih panjang. 

Pilihan tetap dikembalikan lagi pada keputusan Anda. Di samping keunggulan dan karakteristiknya yang berbeda, kedua material besi tersebut cocok untuk digunakan sebagai rangka kanopi rumah. 

Banyak orang yang menggunakan besi CNP atau besi hollow untuk struktur atap kanopi. Proses pengerjaanya kurang lebih memakan waktu 1-3 hari. Tergantung kesanggupan tukang dan kondisi cuaca saat pemasangan. 

Pastikan Anda mengukur area rumah yang akan dipasang kanopi dengan tepat. Supaya Anda bisa membeli bahan sesuai kebutuhan. Konsultasikan juga kebutuhan Anda dengan tukang dan supplier besi kanopi, agar Anda mendapatkan material yang berkualitas.

Bahan kanopi rangka besi CNP maupun besi Hollow bisa Anda dapatkan di KPS Steel, distributor besi terpercaya. Tersedia berbagai ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan pembangunan kanopi. Karena setiap hunian tentu membutuhkan kanopi dengan ukuran yang berbeda-beda. 

Kunjungi halaman produk KPS Steel  untuk informasi produk yang lebih lengkap. Anda juga menghubungi KPS steel melalui kontak yang tersedia. Dapatkan material besi berkualitas untuk bangun rangka kanopi hunian Anda. 

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait