Lindungi Bangunan Anda dengan Atap Holodeck

lindungi bangunan anda dengan atap holodeck

Atap merupakan komponen penting dalam suatu bangunan.

Fungsinya sangat krusial, yakni sebagai pelindung komponen dalam bangunan dari pengaruh panas dan hujan. Untuk itulah, perlu kiranya memilih bahan baku atap yang mempunyai ketahanan yang bagus dan tahan lama. Salah satu yang banyak digemari saat ini adalah atap jenis holodeck.

Baca Juga: Jenis Baja Ringan untuk Material Rumah Tahan Gempa

Atap jenis holodeck merupakan salah satu jenis atap berbahan UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride), yakni atap bergelombang dengan rongga yang sifat plastiknya sudah dihilangkan, yang ada hanya sifat kuat, keras, serta tahan lama yang kini digunakan oleh banyak orang. Selain itu, ada beberapa keunggulan yang juga dimiliki oleh atap jenis ini.

Keunggulan Atap Holodeck untuk Bangunan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, atap holodeck memiliki berbagai keunggulan dibandingkan jenis atap lainnya. Tidak diragukan lagi, banyak orang yang memilih jenis atap ini sebagai pelindung bangunannya. Adapun beberapa keunggulan jenis atap ini adalah:

1. Kuat dan Tahan Lama

Berbahan dasar UPVC yang terkenal akan ketahanannya, ditambah dengan desain bergelombang yang besar dan lebih tinggi, membuat atap jenis holodeck menjadi salah satu atap dengan daya kuat yang paling tahan lama.

2. Anti Korosi

Bagi beberapa bangunan yang dekat dengan laut, bangunan seperti pabrik bahan kimia yang kandungan asamnya tinggi, serta bangunan dengan intensitas kerusakan yang tinggi, tidak akan berpengaruh bagi atap jenis ini.

Berbahan baku UPCV, menjadikan atap jenis holodeck mampu menampung 90% berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh asam, basa dan garam. Bahkan atap jenis ini juga anti terhadap korosi yang bisa timbul akibat endapan air.

3. Tahan Bakar

Atap holodeck juga mempunyai ketahanan pada api yang membuatnya tidak mudah terbakar. Adapun ketika terbakar, api pada atap tidak mudah menyebar seperti kebanyakan atap-atap jenis lain pada umumnya. Hal ini sangat melindungi bagian dalam bangunan agar bisa diamankan dengan segera.

4. Fleksibel

Walaupun didesain dengan bentuk yang kokoh dan besar serta terlihat kaku, sebenarnya atap jenis ini sangat mudah diaplikasikan pada beberapa jenis atap, misalnya atap berbentuk kubah. Dengan atap yang sangat fleksibel ini, tidak perlu lagi proses penggulungan pada atap seperti jenis atap pada umumnya.

5. Tetap Sejuk

Tidak seperti jenis atap pada umumnya yang menghantarkan panas ketika siang hari, atap jenis holodeck justru sebaliknya. Karena desainnya yang bergelombang, ditambah dengan bahannya yang terbuat dari UPVC, membuat tidak menghantarkan panas dari luar ke dalam bangunan.

Bahkan, pernah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa atap holodeck mampu mengurangi suhu panas siang hari hingga 5 derajat. Untuk itulah, atap jenis ini sangat cocok digunakan pada bangunan yang berada di lingkungan dengan suhu yang tinggi.

6. Tahan UV dan Jamur

Banyak dari atap jenis holodeck yang kini sudah menggunakan A.S.A pada komponennya. A.S.A (Acrylonitrile Styrene Akrilat) merupakan komponen pelindung tambahan pada atap agar mampu menahan sinar Ultra Violet matahari, tahan terhadap kelunturan warna akibat pengaruh panas dan hujan, serta mengurangi intensitas tumbuhnya jamur pada atap yang mengakibatkan kerusakan dini.

7. Menahan Kebisingan

Keunggulan terakhir dari atap jenis holodeck ini adalah kemampuan insulasi suara yang mampu menahan suara kebisingan lingkungan di luar bangunan, misalnya pengaruh hujan. Untuk itu, atap jenis ini mampu memberikan kesan yang nyaman bagi orang-orang yang menggunakannya.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah Minimalis

Itulah ulasan mengenai atap holodeck dan kegunaannya untuk bangunan Anda. Hal terpenting adalah bagaimana Anda merawat semua komponen bangunan yang ada, karena sekuat dan setahan apapun bagian bangunan, jika tidak dirawat, pastinya akan mengalami kerusakan juga.

Jika Anda memerlukan atap holodeck, jangan segan untuk menghubungi KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu