Sentuhan Rumah Bergaya Industrial dengan Railing Wiremesh

tambah sentuhan rumah gaya industrial dengan railing wiremesh

Manfaatkan Wiremesh Sebagai Railing Untuk Menambah Kesan Rumah Gaya Industrial 

Pagar kawat anyaman atau sering disebut railing wiremesh umumnya digunakan untuk menambah nuansa industrial dalam desain interior rumah. Fungsinya tidak terbatas pada konstruksi pagar rumah saja, tetapi juga konstruksi pengaman tangga dan pengaman balkon misalnya. Lebih diminati karena dinilai praktis, murah, kuat, serta anti rayap dan anti karat, juga tahan lama.

Baca Juga: Mari Kenali Hal-Hal Detail Mengenai Besi Wiremesh

Jika Anda berencana merenovasi rumah atau ingin membangun rumah baru dan menghadirkan nuansa industrial dengan menggunakan railing wiremesh, berikut beberapa penjelasan terkait spesifikasi railing wire mesh yang perlu Anda ketahui.

Spesifikasi Railing Wiremesh

Wiremesh (kawat anyaman) pada railing (pagar pembatas) adalah rangkaian kawat atau besi yang berbentuk jaring-jaring dengan ukuran spasi tertentu. Setiap perpotongan kawat atau besi dihubungkan dengan las listrik sehingga kawat dapat merekat sempurna.

Wiremesh bisa dibuat dari berbagai macam batang metal seperti kawat, besi, baja ataupun aluminium. Batang metal tersebut kemudian dianyam atau dirangkai membentuk grid atau sebuah jala dengan pola persegi panjang atau belah ketupat sampai membentuk sebuah lembaran dengan ukuran yang dibutuhkan.

Diameter batang metal yang biasa digunakan berukuran 4-10 milimeter, semakin tebal ukuran diameternya, semakin kuat kekuatan dari wiremesh yang dihasilkan. Wiremesh dengan diameter 4 milimeter biasa disebut dengan tipe M4, diameter 5 milimeter biasa disebut dengan M5, dan seterusnya. Ukuran standar dari wiremesh adalah 2,1X5,4 meter. Sedangkan yang bisa digulung biasanya memiliki ukuran lebar 2,1 meter dan panjang mencapai 54 meter.

Produksi wiremesh kini telah menggunakan mesin, sehingga hasilnya lebih cepat dan ukuran dimensinya pun konsisten. Untuk penggunaan railing, biasanya wiremesh dikombinasikan dengan pegangan railing berbahan besi atau kayu.

Keunggulan Penggunaan Railing Wiremesh

Terdapat beberapa keunggulan menggunakan railing wiremesh, yaitu:

  1. Material railing wiremesh cenderung lebih mudah dipindahkan atau memudahkan proses pengiriman dari penjual ke lokasi konstruksi.
  2. Railing wiremesh lebih mudah dan cepat untuk dipasang dibandingkan jenis pagar lainnya.
  3. Menggunakan railing wiremesh dalam konstruksi cenderung lebih hemat karena bisa menekan biaya dari segi bahan, waktu, dan tenaga.
  4. Terbuat dari metal sehingga kuat, serta anti rayap dan anti karat, juga tahan lama.
  5. Railing wiremesh terlihat unik dan modern, berbeda dengan desain pagar lainnya, sehingga tidak membosankan mata.
  6. Penggunaan railing wiremesh ini dijamin aman bahkan jika ada anak-anak di dalam rumah anda.

Kegunaan dan Manfaat Lain Wire Mesh

Anak Tangga

Penggunaan wiremesh sebagai anak tangga di dalam rumah akan memunculkan nuansa industrial yang sangat kental. Tangga yang biasa dibangun dengan bata dan semen, jika digantikan dengan wiremesh yang memiliki rongga akan memberikan keunikan tersendiri.

Rak

Salah satu taktik yang bisa dicoba ketika ingin membuat rumah bergaya industrial adalah dengan membuat rak dari wiremesh. Rak-rak yang ada di rumah yang biasanya terbuat dari kayu, kaca, maupun bahan yang lainnya bisa digantikan dengan wiremesh dengan warna silver atau hitam.

Lapisan Beton

Penggunaan lembaran wiremesh pada lapisan beton dapat memperkuat daya tarik beton menjadi lebih kokoh. Wiremesh akan diaplikasikan di atas bondek yang berupa plat baja. Dengan bentuk konstruksi semacam ini, pembangunan bisa lebih cepat dan juga lebih efisien waktunya

Baca Juga: Penggunaan Wire Mesh Dalam Dunia Konstruksi

Tertarik untuk memanfaatkan wiremesh sebagai material untuk konstruksi bangunan maupun dekorasi rumah Anda? Anda bisa mendapatkan wiremesh yang dijual oleh KPS Steel, untuk informasi lengkap Anda bisa lihat di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu