Ragam Ukuran, Jenis dan Berat Wiremesh untuk Konstruksi

harga-besi-wiremesh-kps-steel-distributor-besi-jakarta-besi-wiremesh-berat-wiremesh-fungsi-wiremesh

Kali ini kami ingin mengulas tentang ukuran, jenis dan berat wiremesh yang biasanya dibutuhkan dalam konstruksi. Sebelum itu, apakah Anda sudah mengenal tentang wiremesh itu sendiri?

Wiremesh adalah sejenis besi yang diperlukan dalam proyek konstruksi atau pembangunan. Materialnya terbuat dari bahan wire rod dengan bentuk lembaran atau gulungan.

Ukuran, jenis dan berat wiremesh ada beberapa macam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan informasi selengkapnya tentang besi wiremesh.

Mengenal Besi Wiremesh dan Kegunaannya

Wiremesh merupakan rangkaian baja tulangan berulir yang bentuknya dibuat kotak sama sisi. Biasanya digunakan untuk pengecoran lantai bangunan agar lebih mudah dan presisi.

Untuk jenis beton tidak perlu dianyam lagi karena sudah berupa rangkaian batangan yang saling terhubung satu sama lain. Sehingga dalam pemasangannya juga lebih mudah serta dapat menghemat biaya dibandingkan yang harus dianyam manual.

Sebenarnya memang bukan material utama dalam konstruksi bangunan, tapi biasanya dibutuhkan agar tulangan lebih kuat dan kokoh. Misalnya pada konstruksi beton seperti pondasi shear wall, dak beton dan jalan raya.

Keunggulan besi wiremesh dibandingkan material lain yakni praktis disimpan, tidak makan tempat serta mudah dalam pengirimannya karena memiliki ukuran ideal, tidak terlalu panjang.

Selain itu, besi ini juga mempunyai ukuran presisi sehingga dalam instalasi pemasangannya akan lebih cepat dan praktis. Baca lebih lanjut untuk mengetahui jenis, ukuran dan berat wiremesh yang tersedia.

Baca Juga: Tips Memilih Besi Wiremesh

Fungsi Besi Wiremesh dalam Konstruksi

Dengan beberapa kelebihannya, berikut beberapa contoh fungsi penggunaan besi wire mesh dalam konstruksi bangunan:

  1. Digunakan sebagai besi tulangan pada saluran drainase beton precast, misalnya culvert box hingga tutup buis beton.
  2. Dimanfaatkan untuk penguat dak beton bangunan dan plat lantai, terutama pada bangunan bertingkat karena punya ketahanan yang bagus untuk menopang beban berat
  3. Bisa mengeraskan struktur tanah serta menopang berbagai beban berat, sehingga dimanfaatkan sebagai pelat beton yang ada di tanah.
  4. Banyak digunakan dalam proses konstruksi jalan raya hingga tol karena kemampuannya dalam menahan beban sangat kuat dan baik
  5. Untuk membuat plat beton menggantung yang biasanya digunakan pada konstruksi bangunan tingkat, saluran buangan air hujan dan lainnya

Selain fungsi-fungsi tersebut, besi ini juga banyak dimanfaatkan pada kebutuhan lainnya. Namun memang lebih cenderung digunakan pada bidang konstruksi bangunan atau pembuatan jalan raya.

Jenis-jenis Besi Wiremesh dan Ukurannya

Harga biasanya ditentukan berdasarkan ukuran dan berat wiremesh. Namun sebelum membahas beratnya, ketahui dulu jenis dan spesifikasinya agar lebih mudah untuk menentukan mana yang paling cocok sesuai kebutuhan Anda.

Jenis wiremesh yang dipilih menentukan daya tahan bangunan yang akan dikonstruksi, berikut jenis-jenisnya:

  1. Lembaran: memiliki bentuk lembaran yang biasanya punya ukuran standar 210 cm x 540 cm.
  2. Gulungan: bentuknya gulungan dengan ukuran panjang beberapa meter serta lebar 210 cm.

Sebelum melakukan pembelian, Anda harus memastikan tidak ada batang yang hilang karena bisa menyebabkan overhang. Idealnya dalam setiap lembar besi mempunyai 15 batang dengan panjang 5,4 meter serta 36 batang besi sepanjang 2,1 m.

Maka dari itu wajib memastikan wiremesh yang dibeli mempunyai jumlah batang sesuai standar, tidak ada satupun yang hilang. Sementara untuk jarak tiap batang pada tipe M standarnya 15 cm x 15 cm.

Jika dilas dengan mesin khusus maka tingkat presisinya lebih baik. Namun perlu diketahui bahwa ukuran lembarannya sebenarnya tidak selalu sama.

Diameternya bervariasi yang biasanya disebut dengan M5, M6, M7, M8 serta M10. Memang ada tipe ukuran lainnya, tapi kelima ukuran ini yang paling banyak digunakan.

Menghitung Berat Wiremesh untuk Menentukan Harga

Dalam menentukan harga beli memang biasanya berpatokan dari berat wiremesh. Lalu bagaimana cara perhitungannya?

Sebagai contoh, jika akan digunakan untuk dak cor lantai dua bangunan rumah M8 dengan diameter sket 7,7 mm, maka perhitungan berat wire mesh dihitung dengan rumus:

Sket x sket x 0,965439 = 7,7 x 7,7 x 0,965439 = 57,24 kg per lembar (berat wiremesh)

Jadi dari hasil pengukuran tersebut menunjukkan wiremesh M8 berukuran 7,7 mm mempunyai berat 58,24 kilogram untuk setiap lembarnya. Setelah diketahui berat per lembar besi tersebut Maka dapat ditentukan berapa harganya dimana dihitung per kg oleh penjual.

Sehingga mahal atau tidaknya harga besi tergantung dari tarif setiap kilogram. Jangan khawatir, Anda bisa membeli melalui KPS Steel sebagai merupakan distributor dan supplier wiremesh terpercaya serta menyediakan barang ke seluruh Indonesia.

Ada banyak ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan tentunya dengan harga bersaing. Selain wire mesh, tersedia juga beragam besi baja lainnya. Anda bisa cek di website official KPS Steel untuk informasi selengkapnya. Kami juga menyediakan aneka produk lainnya seperti pipa, dan lainnya. Mudah sekali bukan cara menghitung berat wiremesh?

Baca Juga: Sentuhan Rumah Bergaya Industrial dengan Railing Wiremesh

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami yang menyediakan beragam jenis besi termasuk wiremesh.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu