Mengenal Ragam Ukuran Wiremesh, Jenis dan Fungsinya

ukuran wiremesh KPS Steel Distributor Besi Jakarta

Pelaku konstruksi harus mengetahui berbagai bahan bangunan termasuk ukuran wiremesh. Dalam pekerjaan konstruksi bangunan, penggunaan material besi hampir selalu menjadi elemen utama. Baik itu untuk pondasi, struktur tiang bangunan, dan sebagainya.

Material besi sendiri ada banyak macamnya, salah satunya adalah wiremesh atau biasa dikenal pula dengan istilah kawat anyam. Penyebutan ini memiliki kaitan dengan bentuknya yang menyerupai anyaman kawat.

Jika Anda sedang mencari tentang apa itu kawat anyam, jenis-jenisnya, ragam ukuran, hingga fungsi kegunaannya dalam dunia konstruksi, maka ini adalah artikel yang tepat. Karena kami akan menjelaskannya secara lengkap pada ulasan berikut.

Apa Itu Besi Wiremesh

Sebelum membahas lebih jauh tentang ukuran wiremesh, ada baiknya Anda mengenal material tersebut lebih dekat terlebih dulu. Ini adalah salah satu produk besi baja lembaran dengan bentuk saling berpotongan menyerupai anyaman.

Pola anyaman pada besi tersebut berbentuk kotak atau jajaran genjang yang ukurannya sama dan presisi. Karakteristik yang mencolok pada material ini yaitu kokoh serta ulet sehingga memiliki kekuatan tarik dan juga fleksibilitas tinggi.

Kegunaan anyaman besi pada pekerjaan konstruksi bangunan maupun infrastruktur sangat luas. Anda mungkin pernah menjumpai pengerjaan pengecoran jalan ketika melintasi suatu daerah. Anyaman besi ini digunakan sebagai tulang atau penguat pada pengecoran jalan.

Selain pada pekerjaan konstruksi jalan, beragam ukuran wiremesh juga dipakai untuk menguatkan struktur konstruksi lantai bangunan, dak agar kuat dan kokoh. Material kawat anyam umumnya dijual dalam gulungan dan lembaran.

Anyaman besi lembaran memiliki satndar dimensi 2,1 m x 5,4 m. Sementara anyaman besi gulungan biasanya panjangnya 54 m dan lebarnya 2,1 m.

Jenis-Jenis Besi Wiremesh

Sebelum membeli material ini di toko bangunan, sebaiknya pahami dulu jenis dan ukuran wiremesh agar tidak salah beli. Pilihlah satu di antara dua jenis berikut yang sesuai berdasarkan kebutuhan konstruksi Anda.

1. Wiremesh Lembaran

Sesuai namanya, material anyaman besi jenis lembaran memiliki bentuk layaknya lembaran. Dimensi panjang dan lebarnya secara berturut-turut yaitu 5,4 meter dan 2,1 meter.

Jika dihitung jumlahnya, terdapat 15 buah besi yang memanjang dan 36 buah besi yang dipasang melintang atau melebar. Besi memanjang dan melebar tersebut saling berpotongan dan membentuk pola persegi berukuran 15 x 15 cm2.

2. Wiremesh Roll

Anyaman besi roll atau gulungan pada dasaranya berasal dari anyaman besi lembaran yang dibuat dalam bentuk gulungan. Ukuran wiremesh roll memiliki lebar 2,1 m serta panjang 54 m.  

Kawat anyam jenis gulungan ini cocok dipilih jika Anda membutuhkan material dalam jumlah banyak sehingga tidak perlu bolak-balik membelinya.

Baca Juga: Mengganti Besi Tulangan dengan Besi Wiremesh

Ragam Ukuran Wiremesh

Selain jenisnya, kawat anyam ini juga memiliki ukuran yang beragam. Yaitu mulai dari M4 sampai M12. Berikut akan kami jelaskan masing-masing ukurannya.

1. Wiremesh M4

Wire mesh berukuran M4 artinya tulangan besi pada anyaman memiliki diameter berukuran 4 mm. Sedangkan bobot materialnya yaitu 15,45 gr/mm.

2. Wiremesh M5

Ukuran wiremesh M5 terdiri dari dua diameter yaitu 4,5 mm dan 4,7 mm. Wire mesh M5 berdiameter 4,5 mm memiliki bobot 19,55 gr/mm. Adapun wire mesh M5 diameter 4,7 mm beratnya 21,33 gr/mm.

3. Wiremesh M6

Wire mesh M6 juga terdiri dari dua diameter berbeda, yaitu 5,5 mm dan 5,7 mm. Anyaman besi M6 berdiameter 5,5 mm memiliki berat 29,2 gr/mm. Sedangkan diameter 5,7 mm memiliki bobot 31,37 gr/mm.

4. Wiremesh M7

Terdapat dua pilihan diameter pada wire mesh M7 yaitu 6,5 mm dan 6,7 mm. Bobot wire mesh M7 dengan diameter 6,5 mm adalah 40,78 gr/mm. Sementara diameter 6,7 mm beratnya 43,34 gr/mm.

5. Wiremesh M8

Ukuran wiremesh M8 juga terdapat dua opsi diameter yaitu 7,5 dan 7,7 mm. Diameter 7,5 mm memiliki berat 54,31 gr/mm. Diameter 7,7 mm memiliki bobot 57,24 gr/mm.

6. Wiremesh M9

Wire mesh M9 terdiri dari dua pilihan diameter. Diameter pertama berukuran 8,5 mm dengan bobot 69,75 gr/mm. Diameter kedua berukuran 8,7 mm dengan bobot 73,07 gr/mm.

7. Wiremesh M10

Wire mesh M10 juga ada dua pilihan diameternya. Pertama, diameter 9,5 mm dengan berat 87,13 gr/mm. Kedua, diameter 9,7 mm dengan bobot 90,84 gr/mm.

8. Wiremesh M11

Ukuran wiremesh M11 terdiri dari dua diameter. Pertama, diameter 10,5 mm dengan berat 106,44 gr/mm. Kedua, diameter 10,7 mm dengan bobot 110,53 gr/mm.

9. Wiremesh M12

Wire meshterdiri dari dua diameter. Pertama, diameter 11,5 mm dengan berat 127,68 gr/mm. Kedua, diameter 11,7 mm dengan bobot 132,16 gr/mm.

Ragam Fungsi Wiremesh

Adapun kegunaan material anyaman besi untuk kebutuhan konstruksi antara lain:

  1. Pembuatan anak tangga dan balustrade
  2. Pembuatan pagar pembatas
  3. Wire mesh dengan lubang berukuran kecil digunakan sebagai pengayak
  4. Untuk menguatkan talud
  5. Pembuatan partisi ruangan
  6. Material konstruksi bangunan

Kami menyediakan material wiremesh berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Pastikan memilih ukuran wiremesh yang sesuai dan kualitas produk terbaik dari kami.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru.

Baca Juga: Mari Kenali Hal-Hal Detail Besi Wiremesh

Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi lengkap mengenai ragam jenis di KPS Steel, termasuk besi wiremesh. Sebagai distributor besi Jakarta terpercaya, Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu