Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Wiremesh untuk Dak?

bagaimana cara menentukan ukuran wiremesh untuk dak

Selain dak beton, wiremesh juga dapat digunakan untuk bagian dak.

Baik rumah maupun jenis bangunan lain wajib memiliki lantai, dinding, pondasi juga atap sebagai elemen dasar konstruksi. Kokohnya sebuah bangunan sangat bergantung pada pemilihan bahan bangunan juga struktur konstruksinya, salah satunya adalah bagian dak (pembatas lantai/atap). Selain dak beton, wiremesh juga dapat digunakan untuk bagian dak. Artikel ini akan membahas cara menentukan ukuran wiremesh untuk dak.

Baca Juga: Mengenal Istilah dan Cara Merakit Besi Dak

Ada beberapa bahan pembuat dak seperti kayu, tanah liat, maupun beton. Dak beton adalah pilihan yang paling banyak untuk berbagai konstruksi bangunan di Indonesia. Selain harga yang ekonomis, dak beton juga dianggap lebih solid dibanding bahan lain.

Selain dak beton, ada juga elemen lain yang banyak dijadikan pilihan untuk konstruksi bangunan, yakni wiremesh. Wiremesh merupakan sekumpulan besi yang dirangkai saling berpotongan hingga membentuk kolom kawat dengan baris paralel, yang berbentuk layaknya anyaman.

Spesifikasi Ukuran Wiremesh untuk Dak

Wiremesh dikenal sebagai salah satu produk industri yang serba guna sebab memiliki peranan besar untuk pekerjaan bidang industri serta konstruksi. Salah satu fungsi wiremesh yaitu agar plat lantai atau dak beton pada rumah bertingkat menjadi semakin kuat/kokoh.

Umumnya wiremesh yang diperdagangkan memiliki 2 bentuk yakni :

  1. Gulungan (roll), ukuran panjang 54 meter dan lebar 2,1 meter
  2. Lembaran, ukurannya 2,1 x 5,4 meter

Anyaman besi pada wiremesh memiliki ukuran yang berbeda-beda. Bila dipakai untuk kontruksi sederhana maka bisa menggunakan wiremesh diameter kecil dan sebaliknya wiremesh diameter besar digunakan untuk kontruksi besar seperti pembuatan trotoar atau jembatan.

Agar hasil konstruksi bagunan lebih baik, maka ukuran wiremesh untuk dak harus diperhatikan dengan teliti. Pembuatan bondek dak beton yang memakai ukuran standar, maka spesifikasi wiremesh yang dibutuhkan yaitu :

  • Panjang wiremesh kira-kira 5 meter
  • Lebar wiremesh kira-kira 2 meter
  • Diameter wiremesh terdiri dari 3 pilihan (6 mm, 8 mm, 10 mm)

Sedangkan untuk mengetahui total wiremesh yang dibutuhkan secara keseluruhan, maka sebelumnya hitunglah: panjang area dikali lebar area kemudian dibagi  8.

Ahli konstruksi profesional tentunya dapat menentukan ukuran wiremesh untuk dak pada konstruksi bangunan Anda dengan tepat. Untuk itu Anda tidak perlu ragu menggunakan jasa ahli konstruksi, karena selain menghindari kerugian bila memilih ukuran dan bahan yang salah, hasil bangunan yang dikerjakan oleh ahli tentu lebih rapi dan kokoh.

Pertimbangan Lain untuk Penggunaan Wiremesh

Dalam prakteknya penggunaan wiremesh tidak hanya berfokus pada ukuran wiremesh untuk dak saja, melainkan ada beberapa pertimbangan seperti :

  1. Pilihlah wiremesh yang memakai sistem las otomatis, supaya jarak antar anyaman sama dan penggabungan bahan (kawat/besi/baja) lebih rapi.
  2. Besi yang mudah korosi (karat) akan menyebabkan kerusakan hingga mudah patah, maka pilih wiremesh dengan kualitas yang baik dan tidak berkarat.
  3. Sebaiknya sesuaikan pemilihan wiremesh dengan budget yang ada miliki. Pertimbangan ini perlu bagi Anda khususnya yang baru pertama kali melakukan konstruksi, agar Anda tidak salah memikih dan membeli jenis dan ukuran wiremesh yang dibutuhkan.

Ukuran wiremesh untuk dak memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget, tetapi ada beberapa keuntungan bila Anda menggunakan wiremesh pada dak beton Anda. Di antaranya hasil pengerjaannya akan lebih awet dan tahan lama serta pengerjaannya pun tidak membutuhkan tenaga (tukang) yang terlalu banyak.

Kesimpulannya, sebelum memulai pengerjaan dak beton maka perhatikan hal-hal penting seperti ukuran wiremesh untuk dak, kebutuhan total wiremesh, pilih wiremesh dengan las otomatis, kondisi besi/baja pembuat wiremesh, dan terakhir tentukan budget Anda sebelum menggunakan jasa ahli konstruksi dan membeli wiremesh yang tepat.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Besi Wiremesh dan Tips Pemilihannya!

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu