Simak Tips Memilih Besi Wiremesh Sesuai Fungsinya

Besi Wiremesh dikenal akan kekuatan dan daya tahan yang lama dalam menahan beban berat.

Jenis besi konstruksi memang sangat beragam, pemilihan jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter bangunan. Sehingga beda desain dan jenis  bangunan maka beda pula jenis besi konstruksi yang digunakan. Salah satu jenis besi konstruksi yang juga banyak dipakai adalah besi wiremesh. Berikut informasi detail mengenai besi konstruksi satu ini. 

Baca Juga: Cara Menentukan Besi yang Cocok Untuk Pondasi Bangunan

Mengenal Besi Wiremesh 

Besi wiremesh dikenal juga dengan sebutan besi anyam, sebab merupakan besi yang bentuknya seperti dianyam. Berhubung bentuknya seperti dianyam maka bentuk keseluruhan dari besi konstruksi jenis ini adalah lembaran. Pilihan jenisnya secara garis besar ada dua jenis, pertama berbentuk lembaran dan yang kedua berbentuk gulungan. 

Bentuk atau motif dari besi anyam ini sendiri ada yang kotak atau persegi dan ada pula yang bentuknya jajaran genjang. Ukuran panjang, lebar, maupun diameter besi yang ada di pasaran sangat beragam. Ukuran diameternya sendiri dimulai dari 4 dan yang paling besar adalah 10. 

Semakin besar ukuran diameternya maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam menahan beban. Penggunaannya sendiri lebih sering dijadikan sebagai pagar, penguat beton, penguat tiang bangunan, saringan, grill, dan lain sebagainya. Melihat pilihan dan kegunaan yang beragam, maka pada saat membutuhkannya perlu memilih dengan tepat yakni disesuaikan kebutuhan. 

Tips Memilih Sesuai Fungsi

Pemilihan besi wiremesh bisa disesuaikan dengan kebutuhan, jika ingin menjadikannya sebagai penguat lantai pada bangunan bertingkat. Maka membutuhkan diameter yang besar, yakni bisa memakai diameter 10. Namun jika digunakan untuk menguatkan tiang bangunan rumah maka bisa memakai diameter terkecil, yakni 4. 

Supaya lebih mudah dalam menentukan pilihan, maka perlu mengenal fungsinya. Sehingga bisa memilih sesuai kebutuhan, berikut detailnya: 

  1. Sebagai Tulangan Beton di Tanah 

Besi anyam bisa digunakan untuk tulangan beton di tanah, misalnya untuk menguatkan tulangan pada pembangunan jalan, jembatan, dan sejenisnya. Biasanya besi anyam ini akan diletakan tepat di permukaan tanah. Selanjutnya akan ditutup dengan material dasar, misalnya untuk jalan maka ditutup dengan batu dan aspal sesuai standar pembangunan jalan. 

  1. Sebagai Tulangan Beton Pracetak 

Besi anyam atau besi wiremesh juga bisa digunakan sebagai tulangan beton pracetak. Beton pracetak sendiri merupakan jenis beton yang dibuat atau diproduksi secara khusus menggunakan material beton dan cetakan pres beton yang ukurannya sudah ditentukan sejak awal. Adapun contohnya adalah tutupan besi beton, culvert box, dan lain-lain. 

  1. Digunakan untuk Tulangan Beton Menggantung 

Besi anyam juga sangat cocok untuk tulangan beton menggantung, seperti pada pembangunan gedung atau rumah bertingkat. Penggunaannya bisa menguatkan konstruksi sekaligus menjaga bentuk beton sesuai dengan keinginan atau desain bangunan. Selain itu, beton menggantung juga ditemukan pada pembuatan saluran pembuangan air. 

  1. Instalasi Jaring Besi

Fungsi berikutnya adalah untuk dijadikan instalasi jaring besi, misalnya untuk dijadikan gantungan pot di dinding, pembuatan vertical garden, media tanam untuk tanaman yang merambat, dijadikan sebagai rak bumbu di dapur, dan lain sebagainya. Sehingga instalasi dari besi untuk tujuan apapun bisa mengandalkan besi anyam. 

  1. Digunakan sebagai Tulangan Beton On Site 

Penggunaan atau fungsi berikutnya dari besi anyam adalah untuk tulangan beton on site. Misalnya pada pembangunan lantai sebuah rumah atau bangunan jenis apapun. Pemakaiannya bisa membantu menguatkan tanah agar keramik yang dipasang tidak mudah bergelombang atau retak. Selain itu juga menjadikan lantai lebih awet, sehingga tidak mudah retak karena faktor usia. 

Fungsi dari besi anyam sendiri memang sangat beragam, maka pemilihan perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, penting untuk memilih besi wiremesh yang bersih dan bebas karat. Sebab jika sudah berkarat ketika dibeli maka ada kemungkinan mudah rusak karena kekuatannya sudah menurun.

Baca Juga: Besi Baja, Solusi Pengganti Plafon Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu