Gunakan Besi Wiremesh sebagai Dak Beton, Begini Caranya

Dak beton dengan menggunakan besi wiremesh dapat bertahan lebih lama dan kokoh.

Dewasa ini, bangunan bertingkat merupakan suatu hal yang umum ditemukan pada wilayah perkotaan. Hal ini dikarenakan bangunan bertingkat cenderung lebih hemat tempat, karena tidak memerlukan lahan untuk membangun sebuah ruangan. Dalam proses pembuatan bangunan bertingkat, dak sangatlah dibutuhkan.

Baca Juga: Intip Jenis Besi yang Tepat untuk Kreasi Interior Rumah Anda

Dak merupakan istilah lain untuk pembatas antara suatu lantai dengan lantai yang lain dalam sebuah bangunan bertingkat. Dengan kata lain, dak berperan penting dalam proses pembuatan bangunan bertingkat, sehingga pemilihan bahan yang tepat untuk membuat sebuah dak sangat penting untuk diperhatikan, agar bangunan tetap kokoh.

Cara Menggunakan Besi Wiremesh Sebagai Dak Beton

Besi Wiremesh merupakan rangkaian besi berbentuk layaknya kawat yang saling berpotongan, membentuk sebuah anyaman berpola kotak-kotak. Besi wiremesh ini umum digunakan untuk memperkuat dak beton, Namun sebenarnya masih banyak lagi kegunaan dari besi wiremesh ini diantaranya yaitu sebagai anak tangga, pengayak pasir, dan sebagai pembatas atau pagar.

besi wiremesh memiliki kelebihan dibandingkan besi konvensional, diantaranya yaitu lebih menghemat pengeluaran dan waktu pengerjaan proses pembangunan, mudah ditemukan karena terdapat di hampir semua toko bangunan. Selain itu, besi wiremesh memiliki ukuran 2,1 m x 5,4 m dan beratnya pun tergolong ringan, sehingga lebih mudah dibawa dibandingkan besi konvensional.

Setelah melihat kelebihan dari besi wiremesh dibandingkan dengan besi konvensional. Apabila anda tertarik menggunakan besi wiremesh sebagai dak beton, Berikut ini merupakan langkah-langkah pemasangannya.

  1. Melakukan pemasangan bondek.

Sebelum melakukan pemasangan wiremesh sebagai dak beton. Hendaknya melakukan pemasangan bondek terlebih dahulu. Bondek merupakan bahan galvanis yang digunakan sebagai material pelapis bawah cor lantai beton. Bondek umum digunakan sebagai penganti bekisting kayu (triplek). Desainnya yang bergelombang, mempunyai fungsi untuk memperkuat struktur cor beton plat lantai. Adapun pemasangan bondek sendiri dilakukan setelah penyangga di cor.

  1. Memperhatikan diameter besi wiremesh yang akan digunakan

Dalam pemasangan besi wiremesh, memperhatikan diameter wiremesh yang akan digunakan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, apabila diameter wiremesh tersebut tidak sesuai walaupun hanya sekitar 1 mm, maka tingkat kekuatan wiremesh sendiri akan menurun.

  1. Membentangkan wiremesh diatas bondek

Langkah selanjutnya adalah membentangkan besi wiremesh diatas bondek yang beralaskan scaffolding dibawahnya. Besi wiremesh ini mempunyai fungsi sebagai tulangan lantai dak beton. Sesuaikan ukuran panjang besi wiremesh, dengan panjang bidang yang akan di cor. Apabila besi wiremesh terlalu panjang atau berlebih, potong besi tersebut dengan gerinda pemotong besi, atau  gunting besi. Setelah ukurannya sesuai, kaitkan besi wiremesh pada besi kolom atau tiang penyangga secara teliti, karena hal ini akan mempengaruhi kekuatan dari dak itu sendiri. Kemudian, ikatlah besi wiremesh dan besi kolom dengan kawat bendrat. 

  1. Melakukan Pengecoran

Setelah proses pemasangan besi wiremesh pada bondek telah dilakukan, langkah akhir adalah melakukan pengecoran. Pengecoran beton dilakukan tepat diatas bondek dan besi wiremesh yang telah terpasang. Agar hasil pengecoran lebih maksimal, setelah proses pengecoran, usahakan untuk memperlambat proses pengerasan beton dengan cara menyiramkan air atau manaruh kain basah pada permukaan beton. Hal ini bertujuan agar beton tidak mengalami keretakan ketika proses pengerasan.

Demikianlah beberapa langkah dalam proses penggunaan besi wiremesh sebagai dak beton. Penggunaan besi wiremesh sudah banyak digunakan dan umumnya para pekerja bangunan sudah mengetahui proses pemasangan besi wiremesh, sehingga anda tidak perlu khawatir apabila anda masih kebingungan dalam proses pemasangan besi wiremesh. Namun, yang paling penting adalah menjaga agar dak tetap utuh, merupakan suatu keharusan agar bangunan tetap kokoh dan bertahan lama. Maka dari itu, hindarilah menaruh muatan yang berlebihan pada kontuksi beton. 

Baca Juga: Simak Manfaat Besi untuk Dekorasi Rumah Anda

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai material besi, kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu