Tabel Ukuran Pipa Schedule dan Ragam Fungsinya

Tabel Ukuran Pipa Schedule dan Fungsinya Pada Beragam Ukuran

Bagi siapa saja yang berkecimpung di dunia konstruksi bangunan tentu mengenal betul apa itu pipa schedule dan detail tabel ukuran pipa schedule. Pada dasarnya istilah pipa schedule digunakan untuk menyebutkan ukuran atau diameter dari pipa. Yakni pipa yang terbuat dari logam campuran antara material besi dengan karbon. Jika tertarik untuk mengenal pipa schedule maka berikut informasinya.

Baca Juga: 7 Jenis Atap Spandek Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ukuran Pipa Schedule

Jika membahas mengenai pipa schedule maka akan membahas ukuran pipa itu sendiri, karena istilah schedule yang disingkat menjadi “sch” memang mengarah pada ukuran pipa. Melihat tabel ukuran pipa schedule dari berbagai sumber memang untuk ukuran yang tersedia sangat beragam. Paling sering dipakai adalah ukuran 40 sch dan 80 sch. Meskipun pipa schedule umumnya terbuat dari pipa logam campuran, ada juga yang murni menggunakan material karbon maupun stainles steel.

Jenis material yang berbeda membuat pilihan ukuran pipanya juga berbeda satu sama lain. Berikut detailnya:

1. Pipa Carbon Steel

Pada pipa carbon steel ukuran yang dimiliki dalam satuan sch dimulai dari ukuran 5, 10, 20. 30, 40. Kemudian tersedia pula ukuran dengan satuan STD yang dimulai dari ukuran 60 sampai ukuran 80. Terakhir juga ada yang memakai ukuran XS yaitu di ukuran 100, 120, 140, dan juga 160.

2. Pipa Stainless Steel

Sedangkan untuk pipa stainless steel memiliki ukuran schedule yang berbeda dengan pipa carbon steel. Melihat tabel ukuran pipa schedule, ukuran yang tersedia di pasaran adalah dimulai dari 5S, 10S, 20S, 40S, dan yang terbesar adalah 80S. Huruf “S” yang ditempatkan di belakang angka menunjukan kode khusus bahwa pipa tersebut terbuat dari material stainless steel.

Perbedaan ukuran pada pipa schedule kemudian membuat perbedaan yang khas, berikut perbedaan yang dimaksudkan: 

  • Tekanan Udara

Pipa schedule dengan ukuran lebih kecil menunjukan kekuatan tekanan yang diberikan, yakni lebih kecil dibanding pipa dengan ukuran lebih besar. Misalnya pada pipa schedule ukuran 40, maka tekanan yang dimiliki maksimal adalah 40 bar untuk memastikan suatu pekerjaan dengan pipa ini berjalan maksimal. Sementara jika dibandingkan dengan pipa schedule ukuran 80, maka tekanan yang diberikan lebih besar yakni 80 bar.

Semakin tinggi tekanan pipa semakin mendukung untuk kebutuhan konstruksi bertekanan tinggi. Sehingga penggunaannya disesuaikan dengan karakter pekerjaan atau tujuan pipa tersebut digunakan.

  • Ukuran dan Diameter

Perbedaan berikutnya terlihat dari ukuran dan diameter, yang tentu terlihat dengan sangat jelas. Semakin kecil ukuran schedule sebuah pipa maka ukuran diameternya juga semakin kecil. Pada pipa schedule 40 memiliki diameter lebih kecil dibandingkan dengan pipa schedule 80. Selain dilihat dari segi diameter, ketebalan pipa juga berbeda.

Pada pipa 40 ketebalan pipanya lebih tipis dibandingkan dengan pipa schedule 80. Pemilihannya tentu sekali lagi disesuaikan dengan kebutuhan. Jika konstruksinya berat maka pipa dengan diameter lebih besar dan ketebalannya lebih tinggi perlu diutamakan.

  • Kegunaan

Perbedaan terakhir adalah dari segi kegunaan, pipa schedule dengan ukuran lebih kecil cocok untuk konstruksi bangunan dengan tekanan rendah. Bisa untuk bangunan industri dan juga gedung. Sementara untuk pipa schedule yang lebih besar bisa digunakan pada konstruksi industri kimia.

Kegunaan Pipa Schedule

Jika membahas mengenai kegunaan dari pipa schedule pada tabel ukuran pipa schedule, maka kembali ke pembahasan sebelumnya. Dimana beda ukurannya maka akan beda juga fungsi atau kegunaannya. Pada pipa schedule 40 atau yang ukurannya lebih kecil bisa digunakan untuk konstruksi bangunan gedung maupun industri. Sedangkan untuk pipa dengan diameter lebih besar bisa digunakan untuk konstruksi industri kimia yang memang identik dengan kegiatan bertekanan tinggi.

Baca Juga: Ukuran Besi CNP dan Harganya untuk Atap Rumah

Umumnya digunakan sebagai tiang, rangka, dan sebagai tempat aliran cairan kimia. Kedua jenis pipa schedule, yakni yang ukuran 40 dan 80 bisa dipesan di KPS Steel yang merupakan distributor besi di Indonesia. Menyediakan aneka jenis pipa berkualitas dan untuk berbagai keperluan konstruksi. Detail tabel ukuran pipa schedule bisa mengunjungi website resmi kami.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu