Mana yang Pas? Kenali 11 Jenis Pipa Air dan Kegunaannya

Terdapat beragam jenis pipa air yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan maupun kegunaannya. Sebuah hunian atau bangunan apa saja tentunya memerlukan saluran untuk mengalirkan air sehingga wajib dilakukan instalasi saluran pipa. Saluran tersebut mendistribusikan air bersih untuk keperluan mandi, cuci, hingga memasak sekaligus menyalurkan limbah rumah tangga. Maka dari itu, instalasi tersebut memiliki fungsi yang sangat mendasar bagi hunian maupun bangunan gedung lainnya.

Baca Juga: Karakteristik dan Kegunaan Pipa Hitam yang Wajib Dipahami

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beragam jenis pipa air dan kegunaannya yang wajib dipahami.

Jenis Pipa Air dan Kegunaannya

Di pasaran, ada banyak sekali pilihan saluran air yang dijual. Masing-masing jenis memiliki kegunaan dan fungsinya tersendiri. Agar tidak salah pilih, Anda sebaiknya mengetahui jenisnya beserta kegunaannya. Berikut ini adalah tipe pipa yang dapat Anda pilih. Pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Pipa PVC

Polivinil klorida atau yang lebih familiar disebut PVC merupakan salah satu tipe saluran paling populer dan banyak digunakan. Hal tersebut karena harganya di pasaran cukup terjangkau dengan proses instalasi yang terbilang mudah. Tipe saluran PVC tidak mengandung bahan berbahaya sehingga aman untuk menyalurkan kebutuhan air bersih. Pada hunian, PVC juga banyak digunakan sebagai penyalur limbah atau buangan.

2. Pipa PVC-O

Jika Anda menginginkan instalasi saluran yang lebih kuat namun efisien, maka jenis PVC-O patut dijadikan pilihan. PVC-O sendiri merupakan pengembangan dari PVC yang menerapkan metode bi-axial sehingga ikatan antar molekulnya sangat kuat.

3. Pipa CPVC

CPVC juga merupakan pengembangan dari material PVC. Jenis CPVC memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu hingga lebih dari 180 derajat celcius. Jenis pipa air ini cocok jika ingin digunakan sebagai saluran air panas.

4. Pipa Tembaga

Instalasi saluran tembaga biasanya digunakan untuk kebutuhan refrigerant berkat sifatnya yang tahan terhadap suhu tinggi maupun rendah. Material tersebut bisa dipasang untuk instalasi permukaan maupun bawah tanah.

5. PEX

PEX atau cross-linked polyethylene adalah material yang baik dalam mengalirkan cairan bersuhu tinggi maupun rendah. PEX memiliki ketahanan tersendiri terhadap suhu ekstrem sehingga cocok untuk water heater di hunian Anda.

6. Pipa HDPE

High Density Polyethylene alias HDPE adalah jenis saluran yang memiliki sifat elastis tinggi. Terbuat dari plastic non-toxic, HDPE adalah pilihan yang baik untuk menyalurkan air demi kebutuhan konsumsi rumah tangga.

7. Pipa PP-R

Jenis yang satu ini terbuat dari material polypropylene random. Karakteristiknya lentur, ringan, antiabrasi, anti gempa, serta tahan terhadap suhu dan tekanan tinggi. Hadir dalam warna hijau, ini adalah pilihan yang baik untuk hunian Anda.

8. Pipa AW

AW merupakan salah satu kelas dari jenis pipa air PVC. Material tersebut digunakan untuk mendistribusikan cairan dengan tekanan 10 kg/cm2. Ciri khas jenis saluran ini adalah memiliki strip berwarna biru.

9. Pipa D

Ini juga merupakan salah satu kelas PVC, hanya saja kegunaannya adalah untuk distribusi cairan pembuangan atau limbah rumah tangga. Misalnya pembuangan dari kitchen sink atau closet. Ciri khasnya memiliki strip merah memanjang.

10. Pipa SDR-41

Jenis satu ini cukup berbeda karena memiliki fungsi mengalirkan pembuangan limbah. Ketebalannya juga optimal sehingga baik untuk pembuangan fluorida. SDR-41 memiliki warna cokelat sehingga memudahkan dalam mengenali saluran limbah.

11. Pipa Galvanis

Galvanis adalah jenis material besi seng berlapis baja. Material jenis ini juga sangat baik untuk kebutuhan instalasi saluran air baik di permukaan maupun bawah tanah. Besi galvanis juga memiliki struktur anti karat, sehingga cocok digunakan sebagai saluran air.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Pipa Schedule

Jika Anda membutuhkan pipa galvanis untuk membuat saluran air, KPS Steel menyediakannya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai pipa galvanis di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu