Struktur dan Jarak Kuda – Kuda Baja Untuk Bangun Rumah

jarak-kuda-baja-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Apabila Anda sudah ada keinginan membangun rumah, harus mulai mempertimbangkan dan mengenal tentang jarak kuda – kuda baja ringannya. Karena ia merupakan salah satu dari tiga bagian terpenting dari sebuah rumah, yaitu pondasi, tembok, dan atap. Secara umum struktur atap memiliki beberapa jenis, pertama adalah reng, kaso, dan kanal, ketiga hal tersebut membentuk kuda – kuda untuk menampung beban di atasnya serta meneruskan tekanan ke berbagai struktur lainnya. Jarak antara kuda – kudanya berpengaruh besar terhadap keseimbangan, kestabilan, dan kekuatan konstruksinya.

Baca Juga: Cara Memasang Kuda-Kuda Baja

Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap besar atau kecilnya jarak, seperti beban yang akan ditampung serta penggunaan baja ringannya.

Menghitung Jarak Kuda – Kuda Baja untuk Desain Atap Rumah Anda

Proses perhitungan dan pemasangan kuda – kudanya ini biasanya sudah diperhitungkan oleh tukang atau pekerjanya, mengingat mereka sudah berpengalaman dan ahli dalam pemasangannya. Tetapi tidak ada salahnya apabila Anda ingin mencoba mengukur sendiri.

1. Metode Berdasarkan Ketebalan Bajanya

Untuk kebutuhan atap memiliki beberapa jenis ketebalan besi yang digunakan, mulai dari 0,75mm hingga 1mm. Berbeda ketebalan, maka berbeda juga kekuatan atau daya tahannya, sehingga biasanya teknisi mempertimbangkan jarak juga berdasarkan tebal bajanya.  Untuk baja dengan ketebalan sekitar 0,75mm jarak kuda – kudanya sekitar 80 cm sampai dengan 1,2 meter. Sedangkan baja dengan ketebalan sekitar 1mm, maka jarak kuda – kudanya bisa lebih jauh, yaitu 1 meter – 1,6 meter.

2. Jenis Genting yang Digunakan

Semakin modern teknologi perumahan, semakin banyak juga jenis atapnya, mulai dari atap tradisional seperti genting tanah liat, atau atap yang lebih ringan. Contohnya galvalum, spandek, atau carbonate fiber, masing – masing bahan memiliki ukuran kuda – kuda berbeda. Untuk genting berbahan keramik, idealnya jaraknya sebesar 1,2m saja, dengan jarak antar reng sekitar 260mm. Sedangkan untuk genting beton, jaraknya tetap 1,2m tetapi jarak antar rengnya cukup lebar, yaitu 250 – 340mm. Sedangkan genting metal cukup lebar, 1,6m – 1,8m.

3. Beban Mati dan Beban Hidup

Selain menghitung berdasarkan jenis bahan dan gentingnya, alternatif berikutnya adalah menghitung kapasitas beban mati dan hidupnya. Beban mati sifatnya tetap, contohnya struktural dan perlengkapan tak bergerak. Sedangkan beban mati sifatnya sementara, seperti air hujan.

Faktor Penentu yang Mempengaruhi Jarak Kuda – Kuda Besi Rumah Anda

Cara perhitungannya biasanya didasarkan atas tiga informasi tadi, yaitu ketebalan bahannya, beban atapnya, serta beban mati dan hidupnya. Namun sebagai informasi, terdapat beberapa pertimbangan lainnya yang berpengaruh pada besar jarak kuda – kudanya.

1. Letak Geografis Rumah

Letak geografis akan mempengaruhi pada berbagai hal di rumah, mulai dari bentuk hingga strukturnya. Pada kondisi geografis berangin contohnya, harus memiliki struktur yang lebih rapat, sehingga material – materialnya bisa terikat kuat dan tidak cepat rusak. Pada kondisi yang memiliki tingkat atau curah hujan tinggi juga biasanya memiliki desain lebih rapat, mengingat beban hidupnya cukup tinggi. Karenanya sebelum membangun rumah, harus dipastikan telah mempertimbangkan kondisi geografisnya.

2. Luas Bangunan

Luas bangunan akan sejajar dengan luas atapnya, sehingga semakin luas bangunannya maka semakin lebar atapnya nanti. Atap lebar akan menopang lebih banyak beban, karenanya nanti jarak kuda-kudanya menjadi lebih rapat dibandingkan ukuran standarnya.

3. Kualitas Bahannya

Selain kedua hal tersebut kualitas bahan juga mempengaruhi jaraknya, mengingat apabila bahannya berkualitas baik, maka mampu menopang beban lebih besar, sehingga jaraknya juga renggang. Bahan berkualitas bisa Anda dapatkan di tempat kami. Kami menyediakan berbagai produk besi pilihan yang berkualitas tinggi dengan harga yang tetap bersahabat. Dengan demikian jarak kuda – kuda baja untuk atap rumah Anda bisa sedikit lebih lebar, yuk cek segera bahan bajanya di tempat kami.

Baca Juga: Besi Hollow Efektif Menopang Bangunan dan Berbobot Ringan

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu