Jarak Kuda-Kuda Baja Ringan yang Ideal untuk Bangunan

jarak-kuda-kuda-baja-ringan-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Penentuan jarak kuda-kuda baja ringan pada dasarnya butuh perhatian lebih. Hal tersebut berkaitan dengan tingkat kekokohan atap bangunan. Selain itu, ini juga merupakan faktor efektivitas saat pemasangan baja ringan. Perlu diketahui bahwa kuda-kuda merupakan komponen atau aspek yang bertujuan untuk menahan beban bagian atap.

Biasanya, penopang ini bisa menggunakan kayu, baja konvensional, hingga baja ringan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangannya. Anda tidak bisa asal menentukan jaraknya karena bisa berakibat fatal. Salah satu masalah yang bisa terjadi adalah robohnya bagian atap.

Baca Juga: Struktur dan Jarak Kuda-Kuda Baja Ringan untuk Rumah

Faktor yang Mempengaruhi Jarak Kuda-Kuda Baja Ringan

Ada beberapa faktor penentu yang harus Anda perhatikan. Sisi antar penopang tidak boleh dibuat dengan asal-asalan. Oleh sebab itu, berikut beberapa faktor penting dalam menentukan posisi penopang.

1. Ketebalan baja

Hal pertama dalam penentuan posisi terhadap penopang adalah ketebalan baja. Perlu dipahami bahwa ketebalan baja yang sering digunakan dalam konstruksi atap baja adalah 0,75 mm hingga 1,00 mm. Secara teknis, semakin tebal ukuran reng, maka posisi antara penopang juga semakin renggang. Namun, jika ketebalan reng tipis maka posisi antara penopang juga akan semakin dekat.

2. Bobot atap

Bagian atap memberikan faktor penentu dalam penentuan posisi. Selain itu, hal tersebut juga dikarenakan perbedaan jenis atap. Atap genteng dengan jenis atap lain jelas memiliki bobot berbeda. Jika bobot atap semakin tinggi, maka jarak antar penopang harus dibuat lebih rapat. Jika bobot atap semakin rendah, maka jaraknya juga bisa dibuat lebih renggang.

3. Luas bangunan

Luas bangunan tentu akan berdampak besar pada penentuan jarak. Secara teori, semakin luas atap maka jarak kuda-kuda baja ringan harus dekat. Ini supaya bagian atap tidak mudah roboh. Anda bisa melihat bahwa bangunan yang besar selalu menggunakan banyak penopang. Meskipun begitu, banyaknya batang baja ringan tidak berpengaruh terhadap bobot konstruksi bangunan secara keseluruhan.

4. Letak geografis

Letak dari bangunan juga bisa menjadi penyebab banyaknya batang baja yang digunakan. Misalnya, bangunan di dekat pantai jelas membutuhkan rangka baja lebih banyak dari pada standar. Hal tersebut karena letak geografis memberikan efek kecepatan angin berbeda-beda. Jika kuda-kudanya terlalu renggang, maka akan cukup berbahaya. Bisa saja bagian atapnya terbawa oleh angin.

Jarak Kuda-kuda Baja Ringan yang Ideal

Jika melihat dari ukuran dan ketebalan setiap material baja ringan, maka ada pedoman dalam penentuan posisi terhadap penopang. Secara teori, panduan ini bisa dipakai sehingga bangunan bisa memiliki konstruksi bangunan.

1. Berdasarkan ukuran dan ketebalan

Jika didasarkan pada ukuran dan ketebalan, maka bisa didapatkan 2 panduan utama. Jika menggunakan ketebalan baja 0,75 mm, maka jarak kuda-kuda baja ringan yang direkomendasikan adalah antara 80 cm hingga 120 cm. Jika Anda menggunakan ketebalan baja sekitar 1,00 mm, maka jarak antar kuda-kuda harus di atas 100 cm. Anda bisa menggunakan jarak hingga 160 cm pada ketebalan tersebut.

2. Berdasarkan jenis genteng

Penggunaan jenis genteng berbeda maka menghasilkan jarak berbeda juga. Penggunaan genteng keramik dengan kemiringan 30 derajat maka jaraknya tidak boleh lebih dari 120 cm dengan jarak reng sebesar 265 mm. Genteng beton dengan kemiringan 30 derajat maka harus menggunakan jarak tidak lebih dari 120 cm. sedangkan untuk jarak reng bisa menggunakan 250 mm hingga 340 mm.

Genteng metal dengan kemiringan 15 sampai 30 derajat harus menggunakan jarak antara 160 cm sampai 180 cm. Sedangkan untuk jarak reng adalah sebesar 600 mm. Kuda-kuda baja ringan sangat diperlukan untuk menopang rumah agar tetap kokoh.

Baca Juga: Jenis-Jenis Baja Ringan Beserta Fungsi dan Contohnya

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu