Rumah Kontainer: Rumah Estetik Anti Gempa

rumah kontainer rumah estetik anti gempa

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai cafe, kontainer juga bisa dijadikan hunian anti gempa

Rumah kontainer belakangan menjadi tren dan hits untuk diterapkan karena harganya yang murah.  rumah bentuk kontainer terkenal tahan terhadap gempa karena struktur penopangnya yang sengaja  dirancang kuat. Rumah model ini bisa dipindah-pindah ataupun dibongkar-pasang karena bersifat portable. Pembangunannya sendiri hanya memakan waktu sekitar 2 pekan. 

Baca Juga: Mengenal Genteng Metal, Material Atap Rumah Modern

Mengenal Rumah Kontainer dan Kelebihannya

Rumah kontainer adalah bangunan yang strukturnya sendiri menggunakan model kontainer atau peti kemas. Biasanya, kontainer digunakan untuk mengangkut barang karena berkapasitas besar. Bobotnya bisa mencapai 24 ton sampai 30 ton per kontainer. Berhubung kontainer saat ini sudah mulai dikomersialkan, maka ukuran dan bobotnya bisa variatif.

Rumah ini memiliki keunggulan dalam hal ketahanan fisik serta minim limbah konstruksi. Dalam waktu lama, struktur rumah kontainer tahan rayap, jamur, atau bahkan api. Ketahanan terhadap gempa pun sudah lulus uji karena bersifat dinamis dan tidak kaku seperti rumah-rumah biasanya.

Anda bisa memanfaatkan kontainer bekas untuk menghemat bujet ataupun mempercepat proses pembangunan hunian Anda. Meskipun dari kontainer bekas, kontainer tetap bisa dimodifikasi agar terlihat lebih unik dan estetis. 

Ide Desain Rumah Kontainer yang Estetik dan Minimalis

Meskipun rata-rata rumah kontainer materialnya besi, Anda tetap bisa membuat rumah kontainer yang unik, berikut gaya arsitektur yang bisa Anda terapkan : 

  • Desain Rumah Futuristik

Desain rumah yang futuristik selalu melibatkan kreativitas tingkat tinggi. Ada beberapa cara untuk mengaplikasikan desain futuristik bermodal kontainer bekas. Salah satunya dengan menumpuk kontainer hingga terkesan mencuat dari berbagai sisi.

Kontainer-kontainer tersebut sekilas tampak saling memotong dan tak beraturan. Tapi, sebetulnya memiliki ruang yang cukup luas karena masing-masing sudutnya bisa digabungkan. Penempatan rumah futuristik ini akan jauh lebih estetis jika berada di kawasan tinggi. 

  • Desain Rumah Kontainer Model Hanggar Pesawat

Pernah tinggal di dalam hanggar pesawat? Bagaimana rasanya hidup di tengah-tengah pesawat yang berukuran besar itu? Pasti sangat menakjubkan. Ketika diaplikasikan dengan memanfaatkan kontainer, memang tidak akan bisa sebesar hanggar pesawat asli. Setidaknya masih bisa merasakan versi mininya.

Untuk membuat desain rumah ini, cukup menempatkan satu kontainer berukuran besar di tengah. Kemudian tempatkan lagi 2 kontainer pendukung di sebelah kanan dan kiri. Desain rumah seperti ini sudah lebih dari cukup untuk membuat ruang-ruang khusus seperti kamar mandi, kamar tidur, ruang keluarga, serta tempat penyimpanan.

  • Desain Rumah Kontainer Dipadukan dengan Kayu

Bentuk kontainer yang persegi panjang itu rupanya masih bisa dimaksimalkan lagi agar terkesan lebih lega dan luas. Caranya dengan memanfaatkan kayu-kayu sebagai lantai beranda, tiang, dan atap tambahan.

Untuk menutupi kesan sebagai “rumah besi”, bisa menggunakan panel-panel kayu pada sebagian dinding eksteriornya. Alhasil, dari kejauhan akan terkesan seperti rumah biasa dan tetap hangat. Anda bisa menempatkan pohon besar seperti beringin, mahoni yang berdaun rimbun, dan sebagainya di area halaman. 

Baca Juga: Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Rumah Konstruksi Baja

Jika Anda memerlukan berbagai material besi untuk konstruksi bangunan rumah, Anda bisa mendapatkan berbagai produk material besi di KPS Steel.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu