Tips Memperbarui Perabot Yang Berkarat

Karat merupakan musuh utama dari material berbahan besi. Tidak hanya merusak keindahan material besi, namun juga berbahaya bagi kesehatan.

Karat berwarna cokelat kekuningan dan cenderung bau, sebagai hasil korosi/perkaratan logam. Proses ini disebut oksidasi logam ketika bereaksi dengan oksigen di udara. Furnitur besi yang telah berumur atau berada di area lembap akan mengalami dampak korosi dan tampil kusam dan berkarat. Alih-alih menggunakan material tersebut, ada baiknya Anda perlu menghilangkan karat tersebut. Anda bisa juga memoles ulang logam tersebut supaya furnitur besi terlihat cemerlang kembali.

Jika demikian, simak beberapa tips dari KPS Steel, distributor besi Jakarta, untuk “memperbarui” furnitur di rumah Anda yang terlanjur berkarat.

Baca Juga: Tips Memilih Besi Beton Untuk Konstruksi Bangunan

Periksa Kondisi Perabot

Periksa kondisi perabot di rumah Anda, apakah ada bagian cat yang mengelupas atau kusam akibat karat? Bila karat yang ada masih dapat dibersihkan dan belum menyebabkan keropos, Anda masih bisa menghilangkannya. Namun, jika karat tidak dapat hilang atau perabot terlanjur keropos, lebih baik mengganti perabot tersebut karena kondisinya yang sudah tidak ideal lagi dan dapat memengaruhi kekuatan dari perabot.

Apabila perabot besi dikombinasikan dengan bahan lain, misalnya dudukan dan sandaran kursi dari busa berlapis kain atau kayu, sebaiknya Anda lepas lebih dahulu. Jika memang sudah terlanjur menyatu dan tidak dapat dilepas, tutup dengan pelindung seperti koran atau kain.   

Bersihkan Karat

Bersihkan karat dengan cara yang sesuai serta langkah yang tepat, baik secara mekanik ataupun kimiawi. Gunakan kertas ampelas (untuk besi), ampelas listrik, atau gerinda. Anda juga bisa menggunakan bahan alami bersifat asam, seperti campuran sabun cuci piring dan kentang (diblender), soda kue, dan cuka. Selain itu, bahan kimia komersial penghilang karat sudah banyak dijual di pasaran. Setelah karat terkelupas, bersihkan kotoran dan debu yang tertinggal dengan sikat lembut dan lap bersih.  

Aplikasikan Cat Pelapis

Siapkan cat pelapis yang sesuai untuk perabot besi. Pilihlah jenis cat yang memberi perlindungan optimal, tahan perubahan cuaca (weathershield) terutama untuk berbagai perabot ekterior, tahan gores, dan antikarat. Aplikasikan cat pewarna dengan menggunakan kuas atau teknik semprot sesuai model atau kondisi perabot. Selanjutnya, keringkan lapisan cat secara alami. Setelah kering, pelapisan dapat diulang dan dengan cara yang sama dapat diulang hingga 3-4 kali.

Lakukan Perawatan Lanjutan

Setelah kering sempurna, letakkan perabot sesuai fungsinya. Walaupun posisi perabot di ruang luar (teras, taman, dll.), pertimbangkan untuk meletakkannya di area yang kering dan bersih serta cukup terlindungi. Jadi, furnitur tidak terpapar sinar matahari langsung secara berlebihan dan terkna tempias hujan atau kelembapan tinggi. Selain itu, lakukan pelapisan cat secara periodik.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Besi Tuang Dan Besi Tempa     

Untuk tips lain atau ingin mendapatkan material produk besi atau baja, Anda bisa menghubungi KPS Steel, distributor besi Jakara. Klik link berikut ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjutnya!

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu