Tabel Ukuran Kawat Bendrat Beserta Fungsinya

ukuran-kawat-bendrat-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Sudahkah Anda mengenal berbagai ukuran kawat bendrat yang sering digunakan untuk konstruksi bangunan? Rupanya terdapat berbagai macam variasi ukuran dan fungsinya sebagai sarana pendukung konstruksi hunian. Bendrat merupakan jenis kawat yang biasanya dimanfaatkan untuk mengikat rangka tulang. Kawat juga sering digunakan untuk menyambung tulangan satu dengan yang lainnya agar tersambung dengan sempurna.

Tidak hanya itu saja pemakaiannya juga digunakan pada tulangan kolom, sloof maupun balok, sehingga hasil akhirnya membentuk rangkaian rangka struktur bangunan yang siap untuk dicor. Sebelum menggunakannya Anda perlu memastikan jenis kawat yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini lantaran di pasaran terdapat berbagai macam ukuran dan diameter yang diproduksi untuk konstruksi bangunan. Memastikan kualitas kawat juga merupakan hal yang penting dikarenakan perannya untuk memperkuat konstruksi bangunan.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Kawat Bangunan dan Kelebihannya

Terlebih kawat yang berkualitas membuat struktur bangunan lebih kokoh dan tidak mudah goyah.

Ragam Ukuran Kawat Bendrat

Ukuran bendrat terdiri dari enam macam diantaranya BWG 6, 7, 10, 12, 14, dan 16. Bendrat tipe BWG 6 diproduksi dengan lingkaran diameter mencapai 6,20 mm. Tipe pertama tersebut menjadi salah satu variasi yang paling tebal diantaranya yang lainnya. Pada tipe kedua atau BWG 7 ukurannya lebih rendah dibandingkan dengan jenis kesatu. Jenis kedua cenderung mempunyai lingkaran kawat sebesar 4,20 mm. Berbeda dengan tipe ketiga yang dikenal dengan istilah BWG 10 dengan tingkat ketebalan mencapai 3,40 mm.

Ukuran kawat bendrat keempat dikenal sebagai tipe BWG 12 yang sering digunakan untuk mengikat konstruksi bangunan. Ketebalannya memang lebih kecil daripada tipe kedua yaitu berkisar di angka 2,85 mm. Menempati urutan kelima dikenal dengan nama bendrat BWG 14 dengan angka ketebalan hingga 2,10 mm. Berdasarkan angka tersebut tentunya penggunaanya lebih sering digunakan sebagai pengikat besi.

Terakhir yaitu keenam dikenal sebagai bendrat BWG 16 yang mempunyai diameter lebih tipis. Ketebalannya hanya berkisar 1, 60 mm cocok untuk mengikat besi yang berukuran kecil dan papan struktur bangunan.

Fungsi Kawat Bendrat untuk Konstruksi Bangunan

Seperti apa fungsi penggunaan alat pengikat konstruksi bangunan yang satu ini? Berikut adalah deretan peran pengikat jenis bendrat yang umumnya digunakan pada struktur gedung dan hunian.

1. Sebagai tali untuk mengikat struktur bangunan

Salah satu peran kawat ialah sebagai tali untuk mengikat struktur bangunan. Bendrat mampu mengikat besi dengan berbagai ukuran sehingga struktur tidak mudah lepas dan roboh saat sedang dibangun.

2. Sebagai alat penahan kerangka besi

Struktur bangunan tidak hanya terdiri dari atap, dinding dan lantai melainkan beberapa bagian yang memerlukan ikatan kuat. Kerangka besi tersebut perlu diikat menggunakan tali yang tepat. Bayangkan jika Anda mengikat besi-besi menggunakan tali rafia. Tentu saja besi-besi yang berukuran besar akan mudah lepas saat pengerjaan proyek sehingga bangunan bisa saja roboh.

3. Mendukung susunan sistem linking

Tahukah Anda ada berbagai fungsi kawat bendrat yang ada dipasaran. Salah satunya ukurannya yang kecil dapat dimanfaatkan untuk mendukung susunan sistem linking atau jaringan kabel.

Baca Juga: Fungsi Kawat Bendrat Pada Konstruksi Bangunan serta Harganya

4. Sebagai sarana tambahan konstruksi bangunan

Kawat yang satu ini juga berperan untuk mendukung jalannya aktivitas saat membangun bangunan. Seperti misalnya untuk mengikat alat-alat bangunan yang digunakan layaknya ember dan beberapa jenis peralatan lainnya. Pada dasarnya bendrat terlihat sepele namun mempunyai peran yang sangat untuk pembangunan hunian. Hubungi KPS Steel untuk mendapatkan berbagai ukuran kawat bendrat sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :
Menu