Cara Menghitung Ukuran Baja Ringan untuk Kanopi

ukuran-baja-ringan-untuk-kanopi-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Ukuran baja ringan untuk kanopi tidak bisa ditentukan dengan asal-asalan. Anda membutuhkan perhitungan khusus sehingga dalam pembuatan kanopi tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, misalnya mendadak roboh. Sebenarnya, penyelenggara atau aplikator kanopi telah mengetahui cara mengukurnya. Namun, akan lebih baik jika Anda juga mengetahui cara mengukurnya.

Dengan begitu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Setidaknya, dengan mengetahui cara mengukurnya, Anda bisa membuat estimasi sendiri berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan. Ini bisa menekan biasa pembuatan konstruksi ini sekaligus biaya tukangnya.

Baca Juga: Cara Membuat Penyangga Kanopi dan Tiang Lampu Jalan

Cara Menghitung Ukuran Baja Ringan untuk Kanopi 15 m2

Kebanyakan kanopi memiliki ukuran 15 m2 atau panjang 5 meter dengan lebar 3 meter. Supaya lebih mudah untuk membuat ukuran, simulasi ini diperlukan sehingga Anda bisa memahaminya. Dengan lebar 3 meter, maka akan membutuhkan 2 baja ringan dengan jarak 1 meter. Sedangkan untuk panjangnya harus diberikan baja menyilang di tengah atau pada ukuran 2,5 meter.

Setiap sisi membutuhkan reng kecil sebagai penyangga pendukung yang harus memiliki jarak sama. Artinya, jika panjangnya adalah 5 meter, maka jarak antar reng kecil ini adalah 0,70 m. Perlu diperhatikan juga bahwa metode dalam pemasangan ini perlu Anda perhatikan. Salah satu metode paling umum adalah double frame dimana ada 2 kanal C dengan ukuran secara sejajar.

Setiap baja kanal C biasanya memiliki panjang 6 meter. Maka, tepi kanopi memiliki rumus (2 x lebar bangunan) + (4 x panjang bangunan) : 6. Jika mengambil contoh pada ilustrasi sebelumnya, maka rumusnya akan menjadi (2 x 3m) + (4 x 5m) : 6 = 4,33. Hasil ini bisa Anda bulatkan menjadi 5. 

Sedangkan penghitungan untuk tiang sendiri anggap memiliki ketinggian 2,5m dengan metode double frame. Kebutuhan baja ringan kanal C kemudian bisa menggunakan rumus sebagai berikut ini.

Tinggi = (4 x tinggi tiang) : 6 atau (4 x 2,5m) : 6 = 1,667. Hasil tersebut bisa Anda bulatkan menjadi 2 sehingga kebutuhan kanal C adalah 2 batang. Untuk jarak usuk bisa memakai jarak 1 meter karena lebarnya adalah 3 meter. Dengan kebutuhan 1 meter usuk, maka 2 batang kanal C sangat dibutuhkan.

Ukuran Baja Ringan untuk Kanopi Penutup

Kebutuhan penutup juga harus Anda ukur dengan tepat sehingga bisa mendapatkan estimasi biaya yang sesuai. Untuk mengukurnya sendiri dibutuhkan penyesuaian antara jenis penutup serta ukuran dari reng itu sendiri. Anggap saja Anda menggunakan penutup dengan ukuran 750 mm dan panjang menyesuaikan. Maka, rumusnya adalah 

lebar kanopi : lebar efektif material atau 3 : 750mm = 4 lembar 5 meter

Rumus untuk mengukur kebutuhan penutup sebenarnya cukup mudah. Anda hanya membutuhkan pembagian antara lebar kanopi yang Anda rencanakan dengan lebar dari jenis atau lebar efektif material.

Mengukur Kebutuhan Reng dengan Benar

Seperti yang sudah diketahui, jarak antar reng dari simulasi sebelumnya adalah 0,70 meter. Maka kebutuhan reng setidaknya adalah 5 meter. Sedangkan untuk rumusnya bisa menggunakan rumus berikut.

Panjang kanopi : jarak reng = 5 meter : 0,70 meter = 7,14. Maka Anda bisa membulatkannya menjadi 8 buah reng dengan menyesuaikan sebagai berikut.

Panjang baja ringan adalah 6 meter. Maka rumusnya menjadi (lebar kanopi x jumlah potong reng) : 6 = (3 x 8) : 6 = 4 batang reng.

Baca Juga: Pemasangan Sambungan Batu Pada Struktur Baja

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :
Menu