Ini Tips dan Trik Mengelas Besi yang Perlu Anda Ketahui

Ini Tips dan Trik Mengelas besi yang Perlu Anda Ketahui

Kenali teknik-teknik, persiapan alat dan tips mengelas yang baik dan benar di artikel ini.

Teknik mengelas besi yang baik dan benar tentu saja harus dipahami bagi welder pemula yang akan masuk ke dalam dunia pengelasan. Jika teknik pengelasan yang dilakukan tidak tepat, tentu saja ini akan membuat persambungan antar besi material menjadi tidak kuat. Bagi Anda yang belum paham, pengelasan atau welding merupakan salah satu teknik yang digunakan menyambungkan dua atau lebih logam.

Baca Juga: Perlu Ketelitian, Ini dia Cara Mengelas Plat Tipis

Pengaplikasian teknik pengelasan di sini juga sangat luas, bisa digunakan untuk bidang perkapalan, rangka baja, jembatan, pipa pesat, bejana tekan, pipa saluran, serta masih banyak lainnya. Sebenarnya pengelasan sangat mudah dilakukan jika Anda bisa memahami bagaimana trik dan tipsnya seperti dibawah ini.

Pelajari Teknik Mengelas Besi yang Mudah

Sebelum Anda mempelajari bagaimana tips dan trik pengelasan yang baik dan benar. Maka hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu disini adalah teknik apa saja yang bisa digunakan untuk pengelasan. Sebenarnya ada banyak teknik yang dapat dipelajari, namun teknik-teknik dibawah ini yang banyak digunakan.

1. Shielded Metal Arc Welding

Teknik ini merupakan yang paling umum dan sering digunakan untuk mengelas besi. Terkait teknik ini, umumnya pengelas lebih sering menggunakan mesin las AC DC, DC, dan juga AC.

Beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan teknik adalah harga terjangkau, praktis dalam pengaplikasian, dan dapat diaplikasikan untuk semua posisi. Peralatannya juga portable sehingga memudahkannya untuk dibawa ke mana-mana.

2. Solid State Welding

Selanjutnya adalah solid state welding, dimana teknik yang sangat bergantung sepenuhnya pada waktu, tekanan, dan temperatur serta menggunakan energi mekanik. Kelebihannya juga tak kalah fleksible, yakni bisa dilakukan dalam kondisi apapun.

3. Thermochemical Welding

Teknik yang ketiga ini tidak kalah menarik, namun lebih berbahaya karena dalam pengaplikasiannya mengunakan bahan kimia sebagai cara untuk mengelas besi. Adanya reaksi kimia di sini membuat panas yang yang dihasilkan dapat mencapai 2.800 derajat celcius. Selain itu alat-alat yang digunakan pun cukup memudahkan untuk dibawa ke mana saja. Sehingga teknik ini sangat bermanfaat jika diaplikasikan di daerah yang jauh dari sumber listrik.

Siapkan Alat-Alat yang Digunakan

Setelah Anda mempelajari teknik manakah yang akan digunakan untuk mengelas, maka kini langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat-alat yang digunakan. Dimulai dari peralatan utama yang digunakan adalah mesin las, arus listrik, electrode holder, dan kabel las.

Jangan lupa pula menyiapkan alat-alat yang mendukung keselamatan kerja, seperti masker las, topeng las, apron, sepatu pelindung dan sarung tangan welding. Dan yang terakhir adalah alat-alat bantu lainnya seperti meja las, sikat baja, tang, palu kerak, dan mesin gerinda.

Tips Mengelas untuk Hasil yang Sempurna

Setelah semua alat-alat yang dibutuhkan sudah Anda siapkan, maka kini selanjutnya Anda bisa mulai mengelas besi:

  • Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu bahan yang akan dilas. Anda bisa menggunakan palu untuk membersihkan kerak di bagian permukaan. Untuk hasil maksimal bisa dengan menggunakan sikat baja.
  • Setelah bersih, tempatkan bahan atau material tersebut di tempat yang tersedia, bisa juga di meja kerja. Atur kerapatan bahan, jika perlu Anda bisa menggunakan klem.
  • Letakkan satu bagian bahan di mesin las. Kemudian masukkan elektroda di panel penjepit elektroda. Untuk kemiringan elektroda bisa disesuaikan posisi bahan. Namun biasanya ada tempat khusus untuk mengatur kemiringan elektroda yang ada di tang penjepit elektroda.
  • Jika bahan sudah siap di las, perlahan Anda bisa mendekatkan bagian ujung elektroda pada material yang ingin di las.
  • Jarak ujung elektroda dengan material yang ingin di las akan berpengaruh pada kualitas pengelasan. Jika jarak keduanya terlalu jauh maka akan menyebabkan percikan seperti bintik api yang akan membuat pengelasan besi tidak sempurna. Namun jika terlalu dekat, maka api pun tidak bisa menyala sempurna. Jarak yang terbaik adalah ⅛ dari tebal elektroda.
  • Perhatikan bagian elektroda yang telah mencair, pastikan jika Anda sudah menggunakan alat pelindung. Dengan perlahan Anda bisa menggerakkan elektroda di sepanjang permukaan yang di las.
  • Untuk hasil yang baik bisa dilihat ketika permukaan bahan terlihat seperti gelombang yang teratur dan rapat yang menutup sempurna.
  • Setelah proses selesai, Anda bisa membersihkan kerak menggunakan palu pada bagian yang di las. Dan jangan lupa periksa kembali apakah ada bagian yang masih kurang atau tidak.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait tips dan trik mengelas besi yang sebenarnya cukup sederhana untuk dipelajari seorang pemula. Dengan latihan yang rutin, maka hasil pengelasan besi akan lebih baik lagi dan sempurna.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Mata Bor Nachi

Untuk menemukan bahan besi plat terbaik, KPS Steel selaku distributor besi dan baja menyediakan besi plat berkualitas. Anda dapat menemukannya dan melihat-lihat produk KPS Steel di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu