Tips Memilih Atap Rumah yang Ideal dan Bagus

Setiap bagian dari bangunan rumah tentu memiliki fungsinya sendiri-sendiri, dan beberapa bagian memiliki fungsi yang terbilang sangat vital.

Perlu diperhatikan saat proses pembuatannya, dan ketika ada kerusakan maka perlu segera diperbaiki. Salah satu bagian rumah yang memiliki karakter seperti ini adalah atap rumah. 

Atap pada konstruksi bangunan rumah bisa dianalogikan sebagai helm yang melindungi kepala. Sehingga bagian ini memberi perlindungan terhadap rumah yang ditempati. Fungsinya yang sangat vital, membuat setiap pemilik rumah harus teliti pada saat memilih atap. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Baca Juga : Kegunaan Wiremesh Pada Konstruksi Bangunan

Pentingnya Memilih Atap Rumah yang Tepat

Melalui analogi di atas, maka bisa diketahui bahwa atap suatu bangunan rumah memiliki fungsi sebagai pelindung. Detail dari fungsi bagian rumah ini adalah: 

  • Membantu melindungi bangunan rumah secara keseluruhan beserta penghuninya dari perubahan cuaca, baik itu cuaca terik maupun saat hujan turun. 
  • Membantu mengurangi radiasi panas berlebihan, sehingga hunian tetap aman dan sehat. 
  • Menghambat pergerakan angin yang bisa membuat rumah kotor penuh dengan debu dan juga cenderung terasa dingin. 

Fungsi dari atap rumah di atas kemudian membuat desainnya dibuat lebih lebar dibanding luas bangunan rumah. Pada bagian teras biasanya pemilik rumah akan melebarkan bagian atap sampai beberapa meter ke depan. Tujuannya tentu saja untuk melindungi teras dari paparan sinar matahari dan tampias air hujan. 

Tips Memilih Atap yang Ideal

Usai memahami fungsi penting dari atap, maka pastikan memilihnya dengan baik dan benar agar fungsi tersebut bisa terpenuhi dengan baik. Berikut adalah sejumlah tips yang bisa digunakan untuk memilih atap: 

1. Memilih Jenis Material yang Tepat

Jika dulu hanya ada atap dari material tanah liat, maka di zaman modern seperti sekarang jenis materialnya hadir dalam banyak pilihan. Mulai dari atap beton, atap beton cor, atap genteng keramik, atap metal, atap kaca, dan lain sebagainya. Setiap jenis material ini memiliki sifat khas, dan sebaiknya memilih yang kuat dan tahan lama. Supaya menghemat biaya renovasi yang mungkin akan dilakukan di kemudian hari. 

2. Teliti saat Memilih Kerangka Atap 

Usai memilih material atap rumah yang dirasa paling sesuai, maka bisa beralih ke pemilihan kerangka atau rangka atap. Sama halnya seperti atap, pada bagian rangka ini juga akan dijumpai beberapa pilihan material. Ada besi baja ringan, ada dari material aluminium, ada juga dari material kayu. Masing-masing punya kekurangan dan kelebihan, silahkan dipilih yang dirasa kekurangannya paling bisa ditoleransi. 

3. Memilih Produk Atap yang Bergaransi 

Jika memilih atap sebaiknya memilih yang kualitasnya sudah terjamin, misalnya memilih yang banyak direkomendasikan orang. Namun, bagaimana jika susah mencari rekomendasi dari orang terdekat? Cara termudahnya adalah dengan memilih atap yang bergaransi, karena garansi sendiri adalah jaminan kualitas. 

4. Sesuaikan dengan Kondisi Lingkungan

Tips berikutnya dalam memilih  atap rumah yang terbaik adalah dengan memperhatikan kondisi lingkungan. Jika tinggal di lingkungan yang tidak bersentuhan atau dekat dengan bahan-bahan kimia. Maka jenis atap apapun tidak masalah untuk dipilih.

Namun jika sebaliknya, maka utamakan atap yang materialnya tahan terhadap bahan kimia. Misalnya material UPVC, yang memiliki sifat tahan terhadap efek bahan kimia di sekitarnya. 

5. Perawatannya Mudah 

Meminimalisir kesalahan dalam memilih atap, maka utamakan yang perawatannya mudah. Sebab atap juga sama seperti bagian rumah lainnya perlu dirawat dengan baik agar tahan lama. Jadi, pilih material atap yang memang tergolong mudah untuk dirawat. 

Sebagai pelindung dari bangunan rumah dan juga penghuninya, maka tidak salah jika sangat teliti dalam memilih atap. Oleh sebab itu pertimbangkan beberapa tips di atas agar atap rumah yang dipilih benar-benar ideal. 

Baca Juga : Kenali Yuk, Perbedaan Besi Wiremesh Dengan Besi H Beam

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai atap kunjungi website KPS Steel di sini, atau hubungi kami melalui Whatsapp di sini.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu