5 Perbedaan Besi WF dan H Beam yang Perlu Diketahui

Perbedaan-Besi-WF-dan-H-Beam-KPS-Steel-Distributor-Besi-Jakarta

Perbedaan Besi WF dan H Beam

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ada banyak sekali perbedaan besi WF dan H Beam. Dalam dunia konstruksi, besi jadi salah satu kunci penting. Fungsinya adalah sebagai kerangka. Material ini sendiri harus ada demi menopang konstruksi beton supaya lebih kokoh. Oleh sebab itulah banyak produsen memproduksi berbagai jenis besi. Termasuk tipe WF dan juga H Beam.

Baca Juga: 3 Jenis Besi Siku Serta Keunggulannya dalam Konstruksi

Lalu, apa perbedaannya dari kedua jenis ini? Tentu, bagi Anda yang kurang familiar dengan konstruksi, akan sulit sekali membedakannya. Oleh sebab itulah kami akan memberikan informasi yang bisa Anda pahami.

5 Perbedaan Besi WF dan H Beam

Pada dasarnya, Anda mungkin sudah pernah melihat salah satu dari kedua jenis besi ini. Namun, mungkin Anda tidak tahu apa namanya. Bahkan, bisa saja Anda menyamakan antara kedua jenis ini.

1. WF Beam Lebih Dikenal Masyarakat

Faktanya, saat ini masyarakat lebih mengenal jenis besi WF dari pada H Beam. Artinya, besi WF jauh lebih populer, bukan? Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Sebenarnya, alasan mengapa WF Beam jauh lebih populer adalah karena tingkat penggunaannya jauh lebih luas. Jika Anda melihat konstruksi rumah hingga jembatan, biasanya mereka lebih memilih WF Beam.

Jadi, tidak salah memang jika masyarakat lebih mengenal jenis yang satu ini. Sedangkan jenis H Beam sendiri masih jarang digunakan. Jadi, masyarakat juga masih belum familiar dengan besi tersebut.

2. Fungsinya Juga Berbeda

Pada dasarnya, kualitas dari keduanya hampir sama. Namun, tentu dari sisi penggunaan kedua cukup berbeda. Hal ini terjadi karena memang keduanya diciptakan untuk tujuan tertentu. Besi WF sendiri memiliki fungsi yang lebih fleksibel. Biasanya, jenis WF bisa digunakan di hampir semua konstruksi.

Sebagai contoh, besi ini sering dipakai untuk konstruksi sedang hingga berat, sedangkan jenis H Beam sendiri lebih cocok dipakai untuk konstruksi berat. Konstruksi jembatan, gedung bertingkat, hingga Menara pencakar langit adalah beberapa contoh konstruksi yang sering memanfaatkan H Beam.

3. Bentuknya Sama, Tapi Beda Ukuran

Perbedaan besi WF dan H Beam selanjutnya adalah dari ukurannya. Jika diperhatikan secara sekilas, kedua besi ini memiliki bentuk yang sama. Namun, jika memperhatikannya secara seksama Anda akan mengetahui perbedaannya. H Beam sendiri memiliki bentuk dimensi sayap profil yang terlihat mirip. Hal ini membuatnya terlihat cukup seimbang.

Di sisi lain, bentuknya adalah balok yang biasanya sering disebut sebagai hot rolled, sedangkan untuk WF Beam sendiri memiliki dimensi sayap profil yang lebih kecil. Jika diperhatikan, maka dimensi sayap profil ini hanya setengah dari lebar badan besi secara keseluruhan.

4. Daya Kekuatannya Berbeda

Daya kekuatan dari kedua jenis besi ini juga sangat berbeda. Secara teori dan praktiknya, WF Beam memiliki daya kekuatan yang lebih baik. Hal ini membuatnya digunakan untuk berbagai jenis konstruksi. Di sisi lain, WF Beam juga memiliki kelebihan dari sisi ramah lingkungan. Permukaannya tidak mudah berkarat meskipun sudah digunakan lama. Bahkan, besi ini juga dapat didaur ulang jika memang dibutuhkan.

5. Kualitasnya Juga Beda

Proses produksinya yang berbeda membuat kualitasnya juga berbeda. Besi WF sendiri memiliki proses produksi yang cukup unik. Hal tersebut juga membuatnya cocok untuk bahan konstruksi rumah, sedangkan untuk H Beam, proses produksi yang dihasilkan membuatnya lebih cocok dipakai untuk konstruksi berat. Sebagai contoh, H Beam banyak digunakan untuk konstruksi jembatan, gedung bertingkat, hingga gedung pencakar langit.

Baca Juga: Ampuh! Cara Mudah Hilangkan Karat Pada Besi

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam jenis besi dan informasi lainnya. Anda dapat mengunjungi website KPS Steel di sini, atau dapat langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan melalui Whatsapp di sini. Tentu saja kami juga akan memberikan informasi terkait perbedaan besi WF dan H Beam pada Anda.

Bagikan Artikel :
Menu