Pengertian dan kegunaan Tie Rod Bekisting pada Bangunan

tie-rod-bekisting-kps-steel-distributor-besi-jakarta

Dalam pekerjaan konstruksi, ada banyak sekali jenis peralatan yang digunakan salah satunya adalah tie rod bekisting. Bekisting sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai cetakan. Cetakan ini dipakai dalam pembuatan pondasi bangunan. Bekisting dibuat untuk membuat struktur bangunan memiliki bentuk rapi serta kuat.

Pengaplikasiannya bisa pada pembuatan kolom, bukan hanya untuk pondasi akan tetapi juga tiang bangunan. Bagian ini memiliki peran sangat penting pada sebuat bangunan. Itulah mengapa pembuatannya tidak boleh sembarangan. Nah, salah satu alat yang sangat diperlukan dalam pembuatan bekisting yaitu tie rod. Kali ini kami akan menjelaskan tentang alat tersebut supaya Anda mengenal fungsi dan kegunaannya.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Kolom Praktis dan Cara Membuatnya

Mengenal Tie Rod Bekisting

Tie rod adalah suatu alat bantu yang digunakan untuk mengamankan bekisting pada kolom suatu bangunan. Selain sebagai alat bantu pengamanan, ini juga berguna untuk menetralkan tekanan pada kolom atau rangka beton. Rangka beton yang tengah dibuat tentu saja tidak bisa langsung mengeras, sehingga harus dicetak dulu menggunakan bekisting. Untuk menetralkan tekanan sebelum rangka beton tersebut mengeras, diperlukan alat bantu khusus yaitu tie rod.

Alat ini berupa besi yang dipasang mengelilingi kolom atau rangka beton pada semua sisinya. Sehingga tie rod juga dinamakan dengan sabuk bekisting. Sabuk ini biasanya dibuat dari besi beton. Kemudian disambungkan ke plat besi serta as drat. Ukuran diameter sabuk bekisting pada umumnya sekitar 10 mm. Sementara panjangnya dibuat menyesuaikan dengan ukuran struktur kolom bangunan. Pengukuran harus pas dan akurat.

Manfaat Penggunaan Tie Rod Bekisting

Alat satu ini memiliki peran yang sangat penting pada pembuatan bekisting. Lantas seberapa besar manfaat alat tersebut? Berikut ini penjelasannya agar Anda mengetahui lebih dalam. Bekisting atau cetakan kolom biasanya terbuat dari bahan kayu untuk membuat bentuk struktur kolom sempurna. Tie rod adalah bagian terpenting yang tidak dapat diabaikan.

Karena alat ini berperan mempertahankan bentuk rangka atau kolom pada saat proses pengecoran (bunting). Penggunaan sabuk cetakan ini harus terlebih dahulu diukur seakurat mungkin. Ukuran terlalu kecil maupun besar dapat menyebabkan beton berubah bentuk.

Cara Membuat Sabuk Bekisting dan Pemasangannya

Alat untuk mempertahankan bentuk kolom tersebut biasanya tersedia di toko bangunan. Akan tetapi, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Cara membuat sabuk cetakan struktur kolom ini cukup sederhana. Material yang Anda butuhkan antara lain as drat dengan ukuran 10 mm, plat besi yang ketebalannya berkisar 3-5 m, serta besi ulir berdiameter 10 mm. Pastikan Anda mengukurnya secara tepat dan akurat.

Kemudian, cara pemasangan alat tersebut juga cukup mudah. Tie rod cetakan sebenarnya adalah peralatan yang ukurannya terbilang kecil namun perannya tidak dapat disepelekan. Pemasangannya perlu memperhatikan tinggi kolom. Apabila struktur kolom beton tingginya sekitar 3-4 meter, maka jumlah tie rod bekisting yang diperlukan adalah 4 buah. Sementara pemasangannya dibagi dengan jarak yang sama rata.

Sedangkan apabila tinggi struktur kolom beton lebih dari 4 meter, maka pemasangannya harus disesuaikan berdasarkan prinsip konstruksi. Sabuk pada bagian bawah dipasang dengan jarak pendek untuk menahan beban lebih besar.

Kenali Spesifikasi yang Tepat

Spesifikasi alat juga menjadi aspek penting yang harus diperhatikan. Pada pembahasan sebelumnya, kami telah menjelaskan bahan untuk pembuatan tie rod cetakan beserta ukurannya. Adapun panjang besi ulir yang digunakan sebagai penahan pada umumnya dijual dengan ukuran 1, 1.5, 2, serta 3 m. Akan tetapi, pada proyek tertentu yang lebih besar, ukurannya dapat dikustomisasi hingga panjang 6 m.

Baca Juga: Fungsi, Jenis dan Ukuran Besi Kolom

Agar hasil pekerjaan memuaskan dan aman, pastikan Anda membelinya di toko terpercaya. Jika Anda membutuhkan beragam untuk kebutuhan konsttruksi, KPS Steel menyediakannya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi blog kami untuk info terbaru. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai ragam jenis besi di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.

Bagikan Artikel :

Artikel Terkait

Menu