Pengertian Bekisting, Fungsi dan Jenis-jenisnya

bekisting KPS Steel distributor besi jakarta

Dalam membuat suatu bangunan, pondasi merupakan hal yang sangat penting sehingga pembuatan bekisting atau cetakan untuk pondasi menjadi hal utama sebelum memulai pekerjaan pondasi.

Pondasi yang kuat akan bisa menahan suatu bangunan sehingga dapat berdiri kokoh. Tidak sedikit bangunan tinggi yang goyang, runtuh, maupun hancur karena tidak kuatnya pondasi. Jadi, pastikan membangun pondasi sebuah bangunan dengan kokoh.

Salah satu caranya adalah dengan mempergunakan cetakan pondasi. Agar lebih paham mengenai penggunaannya, sebaiknya simak informasi berikut ini.

Apa itu Bekisting dalam Bangunan

Apa itu bekisting? Beikisting adalah cetakan pondasi yang dibuat untuk mempertahankan bentuk bangunan. Keberadaannya membantu memastikan dasar bangunan rapi. Sebagai contoh adalah pembangunan tiang bangunan seperti masjid.

Biasanya tiang penyangga pada masjid dibuat menggunakan cetakan agar dapat berbentuk sesuai keinginan. Fungsinya memastikan bahwa bagian yang dibangun akan sesuai dengan rancangan, rapi, dan juga kokoh.

Biasanya cetakan akan dipasang setelah rangka bangunan berbahan kawat besi selesai dipasang. Kemudian dilanjutkan dengan pengecoran menggunakan semen, pasir, dan kerikil (adonan disesuaikan dengan komposisi yang diinginkan).

Setelah pengecoran selesai dan adonan mengering serta kokoh berpresisi, maka material untuk mencetak dapat dibongkar. Selanjutnya, hanya perlu melakukan kegiatan pembangunan lanjutan sesuai rancangan.

Fungsi Bekisting

Cetakan untuk pondasi ini menjadi bagian penting dan tidak boleh dilupakan, sebab fungsinya sangat banyak, yaitu sebagai berikut.

  1. Memastikan bentuk pondasi bangunan rapi, sesuai dengan rencana, dan memiliki kekuatan serta bentuk kokoh sehingga mampu menopang keseluruhan bangunan.
  2. Fungsi berikutnya sebagai pembantu dalam membuat tiang maupun pilar bangunan, seperti masjid maupun bangunan lain yang membutuhkan pilar besar. Jadi, bisa dibuat panjang maupun tinggi sesuai kebutuhan.
  3. Selain itu, juga dapat dijadikan pijakan sementara ketika melakukan pembangunan, terutama jika bangunan yang dibangun tinggi. Jadi, setelah bagian yang membutuhkan cetakan selesai, lanjut bisa dipergunakan sebagai pijakan mencapai tempat tinggi.

Baca Juga: Mutu Beton untuk Rumah 2 Lantai yang Ideal

Jenis-jenis Bekisting

Membuat cetakan bisa dilakukan menggunakan berbagai jenis bahan, di antaranya adalah beberapa jenis berikut ini:

1. Bekisting Kayu (Tradisional)

 

Jenis ini paling banyak digunakan, baik di desa maupun kota. Kebanyakan dipergunakan pada pembangunan rumah tinggal atau bangunan yang tidak terlalu besar.

Pemilihan cetakan berbahan kayu ini juga lebih ekonomis, sebab kayu lebih mudah ditemukan dan harga relative lebih murah. Biasanya kayu segon dipilih untuk pembuatan cetakan pondasi ini.

2. Bekisting Knockdown (Plat Besi)

Bahan besi baja atau knockdown sebagai dasar pembuatan cetakan akan memerlukan biaya lebih mahal. Akan tetapi, dari segi keawetan akan lebih bagus daya tahannya.

Para pemborong biasanyan menggunakan bahan knockdown, sebab awet dan dapat digunakan berulang-ulang. Hanya saja bentuk dan ukurannya tidak dapat diubah sehingga biasanya pemborong punya beberapa ukuran agar lebih mudah dipakai.

3. Bekisting Kaca Fiber

Perbandingan bahan ini adalah dengan kayu, karena dalam beberapa hal keduanya cukup mirip misalnya dari cara penggunaannya. Akan tetapi, bahan kaca fiber lebih mahal jika dibandingkan dengan kayu.

Keunggulan microfiber adalah tidak mudah berkarat, tahan terhadap air dan mudah dilepas pasang serta cocok digunakan pada konstruksi bawah tanah.

4. Alumunium

Bahan utamanya adalah aluminium yang dibuat untuk mendapatkan cetakan dengan harga lebih bersahabat, Sebab lembaran aluminium lebih murah dibandingkan dengan lembaran baja. Namun, juga lebih mahal daripada harga kayu.

Tips Pembuatan Bekisting

Pemasangan cetakan pondasi juga tidak boleh sembarangan. Bukan hanya memerhatikan pemasangannya, tapi juga memilih bahan bakunya harus diperhatikan dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan:

  1. Bahan yang digunakan harus kuat dank eras dalam menahan beban.
  2. Pilih bahan sesuai anggaran.
  3. Pilih bahan dengan keamanan baik, tapi mudah diaplikasikan pekerja.
  4. Pastikan proses pembuatannya tidak memakan waktu lama sehingga menghemat biaya.
  5. Jika memilih bahan kayu sebaiknya pilih material kayu berkualitas sehingga hasilnya bagus.
  6. Pilih tukang profesional untuk mengerjakan pekerjaan pembuatan dan pemasangan.
  7. Rangkaian harus presisi, kedap air, dan tidak mudah bocor sebab akan berpengaruh pada hasil konstruksi.

Jadi, dalam hal pemasangan juga tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan dengan baik segala aspeknya. Dengan demikian, fungsi dari cetakan pondasi benar-benar dapat bermanfaat dalam konstruksi bangunan Anda.

Cara Perawatan Bekisting

Cetakan pondasi berbahan kayu mungkin tidak dapat dipakai berulang kali karena setelah pengaplikasian cor akan dibongkar, kemudian tidak dapat digunakan kembali. Namun, bahan material lainnya memungkinkan penggunaan ulang.

Karena bisa dipakai lagi, maka harus dirawat dengan baik sehingga kualitasnya terjaga. Anda bisa melakukan perawatan sebelum dan sesudah cetakan dipergunakan.

Beberapa bahan yang dapat digunakan dalam perawatan adalah oli sika, oli bekas, atau solar. Selain itu, perhatikan kapan waktu cetakan pondasi dibuka agar kualitas tetap bagus dan bahan materialnya juga tetap terjaga kondisinya.

Biasanya cetakan sudah bisa dibongkar setelah beton matang kering dan membentuk sempurna, kurun waktu 3-4 hari. Sebelum dan sesudah penggunaan pastikan untuk melumuri material cetakan menggunakan oli dan solar.

Pembangunan sebuah bangunan, baik hunian, perkantoran, maupun bangunan komersial lainnya harus diperhatikan dengan baik. Terutama masalah pondasi sebab akan sangat berpengaruh pada kekuatan konstruksi.

Pastikan memilih menggunakan cetakan pondasi agar hasilnya presisi, kuat, serta kokoh. Jika Anda tertarik menggunakan bekisting dari material besi, hubungi KPS Steel untuk mendapatkan bekisting berkualitas.

Baca Juga: Inspirasi Model Rumah Minimalis Atap Dak Cor Terbaru

Kunjungi laman produk kami untuk info mengenai ragam produk yang tersedia di KPS Steel. Untuk pemesanan, silahkan mengunjungi laman hubungi kami dan klik nomer yang tersedia. Anda juga dapat mempelajari info terbaru terkait dunia konstruksi melalui laman blog kami.

Bagikan Artikel :
Menu